Cara Sukses Bisnis Online dengan Strategi Content Marketing

by -10 views
bisnis online

Apakah anda pernah mendengar istilah content marketing? Ini adalah salah satu cara sukses bisnis online di era sekarang.

Content marketing merupakan sebuah teknik promosi yang mengandalkan pembuatan konten. Bukan hanya konten asal-asalan yang dibuat, melainkan konten tersebut harus relevan, bermanfaat, penting, dan juga dapat menarik audiens dalam jangka waktu yang panjang.

Content Marketing Sebagai Cara Sukses Bisnis Online

Cara Sukses Bisnis Online dengan Strategi Content Marketing

Semakin bermanfaat dan bagus konten yang dibuat, maka akan semakin besar kemungkinan anda untuk mendapatkan calon konsumen melalui platform internet. Dengan cara ini, artinya anda memiliki peluang yang besar untuk memperoleh pundi-pundi rupiah melalui strategi content marketing.

Akan tetapi pastikan terlebih dahulu anda memiliki website atau blog yang menjadi wadah pembuatan konten marketing.

Jangan terjebak hanya membuat konten video atau foto saja. Kedua hal tersebut memang menarik dan telah digunakan oleh banyak orang.

Akan tetapi jangan pernah mengesampingkan traffic yang datang dari Google. Pasalnya, hampir seluruh pengguna internet ketika mencari informasi, mereka akan menggunakan platform pencarian Google.

Ada dua cara untuk menjaring calon konsumen melalui content marketing. Yang pertama anda membuat blok tersendiri yang teRpisah dengan toko online. Buatlah konten yang menarik kemudian arahkan pembaca untuk berkunjung ke toko online milik anda.

Cara kedua adalah dengan memasukkan konten marketing langsung di toko online. Buatlah halaman khusus untuk membuat konten marketing yang sesuai dengan produk anda.

Content Marketing Investasi Jangka Panjang Bisnis Online

Cara Sukses Bisnis Online dengan Strategi Content Marketing

Membuat blog bisnis dengan berbagai artikel atau content marketing, menjadi investasi jangka panjang yang harus dilakukan sebagai cara sukses bisnis online. Melalui blog yang dibangun, anda dapat menunjukkan sisi friendly dari bisnis yang dikelola, membangun relasi dengan calon buyer, meningkatkan reputasi bisnis serta mengumpulkan data.

Secara teknis dengan menggunakan blog anda dapat mengumpulkan berbagai materi promosi. Konten promosi yang dibuat akan lebih mudah diakses oleh calon pelanggan sehingga mereka tidak kerepotan scroll akun Instagram, Facebook Page ataupun Twitter.

Apakah hanya dengan membuat website atau blog itu sudah cukup? Sayangnya, belum.

Anda perlu emperhatikan terkait prinsip-prinsip SEO di dalam blog. SEO merupakan aturan main yang telah ditetapkan oleh Google agar konten yang dibuat dapat dengan mudah ditemukan oleh user.

Jika blog yang dibuat telah memenuhi semua aturan yang dikeluarkan oleh Google, sangat besar kemungkinan blog tersebut menempati posisi pertama dari hasil pencarian.

Hal ini memang membutuhkan keterampilan khusus untuk bisa memenangkan persaingan di pencarian Google.
Bisnis yang memiliki content marketing serta artikel di blog rata-rata pengunjung dapat meningkat hingga 55%.

Selain traffic yang berasal dari mesin pencarian, content marketing yang berada di dalam blog bisnis terbukti dapat membantu strategi email marketing. Jika mengacu pada sebuah studi, ternyata blog dapat membantu traffic dari email hingga 28%.

Dengan melihat statistik di atas, sangat jelas terlihat jika content marketing yang ada di dalam blog merupakan bahan bakar agar anda dapat melakukan email marketing. Hal ini tentu sangat rasional karena konten yang berkualitas menjadikan banyak orang tertarik untuk mengkliknya.

Penutup

Pembahasan kita tentang cara sukses bisnis online dengan content marketing telah sedikit banyaknya dibahas di atas. Semoga hal ini bermanfaat untuk kita semua dan agar bisnis yang dimiliki dapat grow up di era digital seperti sekarang.

Terima kasih telah membaca pembahasan ini dan baca juga artikel lain terkait Sukses Bisnis Online Dengan Mempelajari Data Bisnis