,

Cara Sukses Bisnis Online? 3 Cara Ubah Feedback Negatif Menjadi Profit

by -9 views
Cara Sukses Bisnis Online? Ubah Feedback Negatif Menjadi Profit
Cara Sukses Bisnis Online? Ubah Feedback Negatif Menjadi Profit

Cara sukses bisnis online memang tidaklah mudah. Seringkali sebagai pelaku bisnis kita mendapatkan feedback negatif dari konsumen yang pernah membeli produk.

Tentunya dengan ada feedback negatif semacam ini akan mengurangi kepercayaan calon pelanggan yang ingin membeli atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Hal tersebut mungkin pernah dialami oleh mayoritas pelaku bisnis online. Akan tetapi sebenarnya kita dapat mengubah feedback negatif tersebut menjadi profit untuk bisnis anda.

Jangan berpikir jika ulasan negatif tersebut menjadi akhir dari bisnis. Karena itu belajarlah dari kesalahan serta jadikan hal tersebut menjadi cambuk agar anda dapat memperbaiki produk atau layanan.

3 Cara Menjadikan Feedback Negatif Menjadi Profit

Cara Sukses Bisnis Online? Ubah Feedback Negatif Menjadi Profit
Cara Sukses Bisnis Online? Ubah Feedback Negatif Menjadi Profit

Nah berikut ini kita akan membahas terkait tips ataupun cara bagaimana menjadikan feedback negatif berbuah profit. Lalu bagaimana caranya? simak pembahasan ini hingga selesai;

1. Mencari Kesamaan

Hal pertama yang diperlu untuk menyikapi feedback negatif sebagai cara sukses bisnis online adalah dengan mencari kesamaan. Jangan pernah memaksakan diri untuk selalu memperoleh review positif.

Harus disadari jika anda tidak akan pernah mampu menyenangkan semua orang, dan tidak semua orang menyukai segala aspek bisnis yang Anda kelola.

Mengambil semua review negatif serta mempertimbangkannya secara mendalam akan membahayakan bisnis ataupun perusahaan yang anda miliki. Hal yang perlu dicatat dan digarisbawahi adalah bahwa tidak semua feedback negatif yang diberikan pelanggan akan bermanfaat untuk bisnis.

Ketika anda membaca ulasan, cobalah untuk mencari keluhan atau tema yang berulang-ulang. Hal yang sering ditulis oleh konsumen dalam kolom ulasan adalah kata “kecewa”.

Cobalah untuk mengidentifikasi pola dan carilah layanan atau produk apa yang menyebabkan masalah tersebut.
Setelah melakukan identifikasi maka anda dapat menemukan aspek bisnis yang perlu diperbaiki. Dengan begitu Anda dapat memberikan layanan serta produk yang berkualitas dan terjamin.

Misalnya banyak keluhan terkait layanan customer service. Nah dari hal itu maka anda perlu memperbaiki pekerjaan staff di bidang tersebut.

Apakah mereka memang membutuhkan pelatihan khusus? Atau mereka butuh pelatihan kedisiplinan? Ataupun menghentikan staf yang tidak berkompeten?

Jangan pernah mengambil pusing feedback negatif, hanya jadikan hal itu sebagai pelajaran dan terus memperbaiki bisnis. Terlebih jika anda menganggapnya sebagai masalah pribadi, sebisa mungkin hal itu untuk Anda hindari.

2. Menanggapi keluhan dengan cepat

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk mengubah feedback negatif menjadi profit adalah menanggapi keluhan dari konsumen secara profesional.

Jika pelanggan produk Anda mengalami masalah kemudian mengirimkan feedback, baik melalui media sosial atau platform lainnya, sebenarnya mereka sangat berharap untuk mendapatkan jawaban secara cepat.

Biasanya pelanggan sangat mengharapkan jawaban dari feedback mereka dalam jangka waktu 1 jam. Pastikan jika anda membaca ulasan tersebut secara online kemudian meresponnya dengan baik.

Dalam merespon feedback tersebut Anda juga perlu memberikan jawaban yang bijak dan tidak ambigu.

Sampaikan permohonan maaf kepada konsumen serta katakan jika anda menyesal atas pengalaman mereka. Jelaskan pula bahwa kejadian semacam ini tidak biasa terjadi dalam bisnis yang Anda kelola. Anda pun dapat menawarkan kepada mereka promo khusus ataupun diskon untuk pembelian selanjutnya.

Dengan begitu, besar kemungkinan feedback negatif tersebut akan berbuah profit untuk anda.

Feedback negatif tidak sepenuhnya menghancurkan bisnis anda, malah orang yang tidak puas dapat menjadi target pemasaran selanjutnya. Anda perlu mempresentasikan produk bisnis dengan cara yang baru.

3, Segera ambil tindakan

Cara sukses bisnis online selanjutnya dengan mengubah feedback negatif berbuah profit adalah, mengambil tindakan segera terhadap feedback tersebut.

Setelah anda memperhatikan ulasan dari pelanggan, kemudian ambI saja feedback yang memiliki pola kesamaan. Setelahnya Anda dapat mengambil langkah yang tepat untuk memberikan perubahan positif terhadap bisnis.

Langkah memperbaiki produk dan layanan adalah hal yang harus dilakukan agar bisnis Anda dapat berkembang ke depannya nanti.

Kesimpulan

Cara sukses bisnis online memang tidak mudah seperti yang di pikirkan sebelumnya. Ada banyak komponen dan hal-hal yang harus diperhatikan untuk terhindar dari resiko kerugian.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan terkait bisnis online. Silahkan share artikel ini dan baca juga pembahasan lain terkait Strategi Marketing, 3 Tips Memelihara Loyalitas Konsumen