Cara Sukses Jualan Online dengan Sosial Media Marketing (Part 2)

by -4 views
Sukses Bisnis Digital, Apa Yang Perlu Disiapkan?

Di artikel sebelumnya kita juga membahas terkait cara sukses jualan online dengan sosial media marketing. Nah untuk melengkapi pembahasan tersebut kami menambahkan pembahasan kedua yang akan mengulas beberapa strategi untuk memaksimalkan sosial media.

Kita sudah menyadari bahwa sosial media begitu sangat powerful untuk dijadikan sebagai platform periklanan. Nah untuk lebih jelasnya silahkan baca pembahasan ini hingga selesai.

4 Cara Sukses Jualan Online Social Media Marketing

Cara Sukses Jualan Online

1. Maksimalkan Twitter Marketing

Twitter dapat digunakan sebagai strategi marketing jika brand anda fokus terhadap visibility. Kita dapat melihat fakta bahwa 80% pengguna melakukan mention brand di dalam tweet yang mereka buat. Dan setidaknya 50% brand mention yang dilakukan tersebut berakhir dengan pembelian barang atau produk.

Nah tentu kita dapat menangkap peluang tersebut dengan cara menerapkan strategi Twitter marketing. Pertama yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan profil Twitter bisnis. Kedua selalu sertakan hashtag ketika melakukan promosi barang atau jasa.

2. Cara Sukses Jualan Online Mengoptimalkan User-Generated Content

User-generated content ini merupakan postingan yang dilakukan konsumen untuk merekomendasikan produk atau jasa di akun pribadi milik mereka.

Memanfaatkan user-generated content telah terbukti dapat menggenjot penjualan produk. Karena memang kepercayaan konsumen terhadap rekomendasi dari orang lain ternyata sangat tinggi hingga mencapai 92%.

Untuk dapat meningkatkan user-generated content ini dapat dilakukan dengan membuat kontes atau yang biasa disebut dengan giveaway. Dengan hastag tertentu anda dapat memanfaatkan followers untuk melakukan mention.

3. Cara Sukses Jualan Online dengan Retargeting

Retargeting adalah upaya untuk menawarkan kembali kepada konsumen apa yang pernah mereka beli atau hanya sekedar melihat iklan di sosial media mereka. Hal ini dapat bertujuan untuk menawarkan produk sama sesuai dengan apa yang mereka lihat.

Jika menggunakan Facebook untuk melakukan pemasaran, maka anda dapat menggunakan pixel Facebook untuk melakukan retargeting ini. Anda dapat melihat tutorial bagaimana cara memanfaatkan pixel melalui video-video tutorial di youtube.

Cara menggunakan Facebook pixel memang cukup rumit dan membutuhkan keterampilan khusus. Karena itu pelajarilah secara mendalam agar anda dapat maksimal menggunakan periklanan dari Facebook ini.

4. Gunakanlah Plugin Sosial Media di Website yang Anda Miliki

Jika anda menjalankan website dan sosial media secara teRpisah, cobalah untuk memikirkan hal itu kembali. Karena dengan menggabungkan antara sosial media dan website, hal itu bisa menjadi upaya untuk memaksimalkan social media marketing.

Jika anda menggunakan wordpress, ada begitu banyak plugin yang bisa mengintegrasikan antara sosial media yang anda miliki dengan website.

Ada beberapa plugin yang bisa digunakan, baik itu bertujuan untuk profiling, melakukan auto publish konten ataupun hanya sekedar sharing. Plugin-plugin tersebut antara lain adalah sosial media auto publish, Instagram feed, social warfare, dan masih banyak lagi.

Salah satu plugin yang cukup menarik untuk dipasang di website adalah simple social icons. Dengan plugin ini anda dapat mempromosikan profil media sosial baik itu dari Facebook, Instagram, Twitter, Google plus, Flickr, Linkedin dan masih banyak yang lain.

Penutup

Pastikan anda memaksimalkan seluruh potensi social media marketing sebagai cara sukses jualan online. Karena usaha yang sungguh-sungguh tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Beberapa rekomendasi strategi marketing diatas bisa menjadi pilihan anda untuk bisa bersaing dan selangkah lebih maju dari kompetitor bisnis. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait 7+ Kata-kata Promosi Online yang Ampuh untuk Menarik Pembeli