Cara Sukses Jualan Online dengan Sosial Media Marketing

by -4 views
Cara Sukses Jualan Online

Sosial media sudah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia sekarang ini. Karena itu anda dapat memanfaatkan sosial media sebagai cara sukses jualan online.

Akan tetapi apakah anda telah melakukannya dengan benar? Atau hanya menggunakan satu platform namun belum juga mendapatkan hasil yang maksimal?

Nah pada artikel ini kita akan membahas terkait beberapa strategi sosial media marketing yang bisa dilakukan:

4 Cara Sukses Jualan Online dengan Social Media Marketing

1. Cara Sukses Jualan Online Menggunakan Instagram Marketing

Sudah tidak diragukan lagi jika Instagram dapat dijadikan sebagai platform promosi produk. Bahkan 80% pengguna mengatakan jika postingan di Instagram ternyata mempengaruhi mereka untuk melakukan buying decision.

Agar sosial media anda khususnya Instagram dapat dimanfaatkan secara maksimal, ada dua strategi penting yang harus digunakan. Pertama adalah segera beralih ke akun profesional atau biasa disebut dengan Instagram bisnis. Kedua adalah optimasi profil bisnis yang dimiliki.

Jika anda telah meyakini bahwa Instagram merupakan platform terbaik untuk melakukan promosi, maka segeralah untuk melakukan tindakan. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan berbagai macam tools yang ada di Instagram.

Melakukan Instagram marketing dengan tools-tools yang tersedia dapat memudahkan anda untuk melakukan promosi, baik itu dari analisa data, pelaksanaan promosi dan juga sisi pembuatan konten.

Beberapa tools yang bisa dimanfaatkan dengan baik adalah snapseed untuk melakukan editing foto serta leter untuk melakukan penjadwalan posting.

2. Cara Sukses Jualan Online dengan Instagram Ads

Untuk dapat memaksimalkan marketing menggunakan platform Instagram, anda dapat menggunakan iklan berbayar atau yang biasa disebut dengan Instagram Ads.

Menggunakan iklan berbayar dengan Instagram sangat terkait dengan penggunaan anggaran, karena itu anda perlu memastikan jika iklan tersebut dapat efektif untuk menjangkau pelanggan. Jika iklan berjalan efektif maka anda akan memperoleh return of investment atau yang biasa disebut dengan balik modal.

Beberapa cara yang perlu dilakukan menggunakan iklan Instagram adalah; pertama menentukan audiensi yang tepat. Kemudian memilih format iklan untuk produk anda. Ketiga adalah membuat teks copywriting yang dapat menarik perhatian calon pembeli.

3. Menggunakan Facebook Marketing Secara Optimal

Di Indonesia ada banyak sekali pengguna Facebook, bahkan hampir semua kalangan menggunakannya. Karena itulah Facebook marketing menjadi salah satu hal yang wajib untuk dik direncanakan agar dapat menunjang bisnis anda.

Jika belum pernah menggunakan Facebook sebagai media marketing, maka cobalah sejak saat ini.
Facebook sangat powerfull untuk digunakan sebagai media promosi karena memiliki database yang begitu luas.

Menggunakan Facebook marketing anda dapat membuat konten yang menarik, menganalisa upaya yang dilakukan serta menentukan budget.

Anda juga dapat menggunakan tools Facebook yang telah disediakan. Misalnya seperti Drumup dan Sosialoomp.

4. Optimalkan Facebook Ads untuk Promosi

Jika anda telah menyiapkan budget khusus untuk beriklan, maka pastikan jika Facebook Ads menjadi salah satu pilihannya. Dengan Facebook anda dapat menarget audience sangat spesifik dan juga cepat.

Facebook memiliki kemampuan untuk mempelajari kebiasaan pengguna, dengan cara demikian hal itu dapat membantu anda untuk membuat program promosi yang sangat tepat.

Cara membuat Facebook Ads terbilang sedikit rumit dan memerlukan waktu untuk belajar. Secara garis besar anda dapat melakukannya dengan cara memilih jenis iklan, menentukan audience serta mengatur penjadwalan kapan iklan ditayangkan.

Penutup

Di atas kita telah membahas terkait cara sukses jualan online dengan social media marketing. Baca juga bagian keduanya di artikel berikut 5 Strategi Marketing agar Konsumen Selalu Membeli Produk Anda