,

Cara Sukses Memulai Bisnis Dengan Membuat Produk Baru Jempolan

by -7 views
Cara Sukses Memulai Bisnis

Apakah anda sedang mencari cara sukses memulai bisnis tetapi masih bingung ingin berbisnis atau membuat produk apa? Ataupun takut jika produk yang dibuat tidak laku di pasaran?

Jika iya maka anda perlu belajar terkait product development terlebih dahulu. Product development merupakan serangkaian proses menghadirkan produk yang baru dengan mempertimbangkan konsep serta ide dari selera pasar.

Untuk lebih jelas terkait apa itu product development dan mengapa penting, dapat anda membaca artikel-artikel lainnya.

Cara Sukses Memulai Usaha Dengan Memahami Proses Produk Development

Cara Sukses Memulai Bisnis
Cara Sukses Memulai Bisnis

1. Mengembangkan Konsep Serta Ide

Mungkin anda sering menunggu ide untuk dapat memulai usaha. Akan tetapi sebaiknya jangan menunggu itu datang, cobalah untuk mencari atau menjemput ide tersebut.

Ada satu teknik yang sangat powerful untuk digunakan dalam pengembangan ide dan konsep. Yaitu teknik SCAMPER.

Elemen penting dalam teknik ini meliputi; substitute, combine, adapt, modify, put another use serta eliminate. Untuk lebih jelas terkait pembahasan teknik SCAMPER ini anda dapat membaca artikel berikut: Cara Mengembangkan Ide Saat Memulai Usaha Dengan Teknik SCAMPER

Anda dapat menggunakan seluruh gabungan dari elemen-elemen tersebut atau hanya menggunakan salah satu dari keenam pilihan di atas.

2. Cobalah Untuk Melakukan Riset Agar Dapat Fasilitasi Produk

Jika anda telah berhasil mengembangkan konsep dan ide, sekarang saatnya untuk melakukan riset kecil terhadap pasar agar anda dapat mengetahui produk yang terbaik. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan riset terhadap kompetitor atau anda meminta feedback dari calon konsumen.

Cara ini memungkinkan anda mengetahui daya saing produk serta daya jual agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Beberapa cara riset yang bisa dilakukan antara lain adalah:

  • Gunakanlah forum untuk memperoleh feedback

Cara ini terbilang mudah yaitu menggunakan forum untuk melakukan riset tren produk. Hal itu karena memang banyak konsumen yang membicarakan suatu bisnis atau produk sesuai dengan pengalaman mereka.

  • Gunakan Google trend untuk riset

Untuk melakukan riset dapat menggunakan platform gratis dari Google trend. Dengan platform ini anda bisa memperoleh informasi terkait produk yang diminati oleh target konsumen yang telah ditentukan.

3. Cobalah Untuk Melihat Media Sosial Kompetitor

Melihat apa yang sedang terjadi di media social kompetitor juga dapat dijadikan sebagai sarana riset. Cermati bagaimana orang-orang memberikan komentar terhadap bisnis kompetitor tersebut. Pola pembahasan ataupun topik yang sering muncul, nantinya dapat digunakan sebagai konsep ataupun ide untuk membuat produk baru.

4. Cara Sukses Memulai Bisnis dengan Menyiapkan Sketsa Produk

Sekarang anda telah mengetahui kira-kira produk apa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Langkah selanjutnya adalah membuat sketsa produk secara lengkap dan rinci. Masukkan apa saja material yang ingin digunakan serta fitur-fitur di dalamnya.

Kita ambil contoh, anda ingin membuat produk tas. Maka tulislah material yang dibutuhkan secara lengkap, baik itu material yang bersifat primer atau material yang bersifat sekunder.

5. Cara Sukses Memulai Bisnis dengan Membuat Produk Prototype

Langkah keempat yang perlu dilakukan adalah membuat sebuah prototype produk. Anda tidak perlu membuat prototype ini dengan material utama.

Misalnya bisa menggunakan kertas karton untuk bisa memperoleh gambaran yang jelas terkait awal produk. Membuat prototype memang tidak dapat dilakukan sekali jadi. Nantinya dapat disempurnakan seiring dengan penyesuaian dan perkembangan minat pasar.

Kesimpulan

Membuat produk yang jempol memang dibutuhkan proses yang panjang. Karena itu di artikel selanjutnya pun kami masih ingin membahas terkait cara sukses memulai bisnis dengan membuat produk yang jempolan. Silahkan anda baca artikel berikut: Cara Sukses Memulai Usaha Dengan Menghadirkan Produk Jempolan (2)