,

Cara Sukses Memulai Usaha Dengan Menentukan Harga Jual yang Tepat

by -6 views
Cara Sukses Memulai Usaha Dengan Menentukan Harga Jual Yang Tepat

Cara sukses memulai usaha adalah dengan menentukan harga jual terbaik untuk sebuah produk ataupun jasa. Ini sangat penting diperhatikan agar anda dapat memperoleh margin keuntungan, di sisi lain harga yang ditawarkan masih kompetitif.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menentukan harga jual. Misalnya dengan margin pricing, mark up pricing, keystone pricing, dan lain sebagainya. Untuk penjelasan terkait beberapa hal tersebut anda dapat membaca pembahasannya di bawah ini.

Cara Memilih Harga Jual yang Terbaik

Cara Sukses Memulai Usaha Dengan Menentukan Harga Jual Yang Tepat

1. Memulai Usaha Dengan Menentukan Harga Jual: Margin Pricing

Margin pricing merupakan rumus yang dapat digunakan untuk menentukan seberapa besar profit tiap produk dihitung dari persentase. Biasanya, untuk menggunakan metode perhitungan ini anda sudah mengetahui besaran harga jual yang diinginkan.

Sebagai contoh, anda menjual paket catering premium Rp 55.000 per kotak. Adapun modal yang digunakan adalah sebesar Rp 32.000 per kotak. Maka keuntungan yang diperoleh dalam hitungan persentase adalah 45%.

2. Cara Memulai Usaha Menentukan Harga Jual : Markup Pricing

Markup pricing merupakan rumus yang digunakan untuk dapat menentukan harga jual dengan menambahkan profit dalam bentuk persentase.

Teknik ini paling sering digunakan oleh pelaku bisnis untuk dapat memperoleh harga jual terbaik. Caranya ialah dengan menambahkan nilai persentase seberapa keuntungan dari harga modal awal.

Rumusnya ialah: harga jual = modal + ( modal x persentasi profit)

Contoh perhitungannya adalah; anda mengeluarkan modal Rp20.000 untuk membuat nasi kotak premium. Keuntungan yang ingin anda dapat adalah sebesar 20%. Maka setelah dimasukkan ke dalam rumus diatas maka profit yang diperoleh adalah Rp30.000 per kotak.

3. Cara Sukses Memulai Usaha Menentukan Harga Jual : Keystone Pricing

Teknik ini hampir sama dengan mark up pricing namun yang mebedakan adalah persentase profit yang ingin diambil yakni 100%.

Teknik ini dianggap sudah tidak sesuai dengan zaman sekarang karena sudah ada komputer ataupun alat-alat canggih untuk menghitung dalam skala besar.

Penetapan harga menggunakan teknik ini dihitung dua kali lipat dari harga grosir untuk dapat menutupi berbagai biaya.

Rumusnya adalah: Harga jual = modal x 2

Penggunaan teknik ini biasanya untuk menentukan harga pakaian, sepatu atau produk lainnya yang tidak habis pakai.

4. Cara Sukses Memulai Usaha Dengan Menentukan Harga : MRSP

Manufacture retail price atau yang biasa disingkat dengan MRSP merupakan teknik untuk menentukan harga yang direkomendasikan oleh produsen.

Teknik ini cukup mudah dilakukan karena anda tidak harus susah payah menghitung persentase ataupun margin yang dinginkan. Hanya perlu mengikuti rekomendasi dari produsen.

Tujuan dari teknik penentuan harga ini adalah agar adanya kestabilan harga di pasar, pembeli dapat memperoleh harga wajar, serta menghindari pemasangan harga yang terlalu tinggi.

Pada umumnya teknik MRSP ini digunakan oleh perusahaan yang memproduksi produk dalam skala besar. Misalnya obat-obatan, kendaraan bermotor dan lain sebagainya.

5. Cara Menentukan Harga Jual Terbaik : VBP

Teknik value based pricing merupakan cara untuk menentukan harga dengan berdasarkan nilai yang diperoleh oleh konsumen. Dalam artian nilai produk setara dengan harga yang konsumen bersedia bayar.

Metode ini biasanya digunakan untuk produk yang memiliki kualitas tinggi, limited edition atau yang banyak dicari oleh orang.

Untuk menentukan harga dengan metode ini anda dapat melakukan riset terkait seberapa besar minat orang-orang terhadap produk yang dijual, serta seberapa besar uang yang berani dikeluarkan oleh konsumen untuk membayar produk tersebut?

6. Cara Menentukan Harga Jual Terbaik : Menggunakan Teknik Paket / Bundling

Untuk meningkatkan volume penjualan anda dapat menggunakan strategi penentuan harga dengan metode ini, yaitu teknik paket atau bundling.

Cara yang bisa digunakan adalah dengan menggabungkan beberapa produk untuk dijual dengan harga tertentu.
Misalnya anda menjual pakaian celana panjang dengan harga Rp120.000 per potong. Tapi anda menjual paket 2 celana hanya dengan harga Rp200.000.

Keuntungan diperoleh memang lebih kecil jika anda menjual terpisah. Tetapi cara ini dapat dilakukan untuk anda yang ingin menjual produk dengan harga grosir dan sekala yang lebih banyak.

Penutup

Pembahasan kita terkait cara sukses memulai usaha dengan menentukan harga jual produk yang tepat telah dibahas diatas. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Cara Mengembangkan Ide Saat Memulai Usaha Dengan Teknik SCAMPER