,

Cara Sukses Memulai Usaha Dengan Menghadirkan Produk Jempolan (2)

by -7 views
5 Ide Bisnis Digital Terbaik Untuk Memulai Usaha

Di artikel sebelumnya kita setelah membahas terkait persoalan yang sama, yaitu membuat produk yang jempolan sebagai cara sukses memulai usaha. Silahkan baca artikel tersebut terlebih dahulu disini.

Untuk melengkapi pembahasan tersebut, di artikel ini kami akan menambah beberapa informasi tambahan untuk pebisnis yang ingin memiliki produk unggulan. Selengkapnya silahkan simak dan baca pembahasan di bawah ini hingga selesai.

Rahasia Membuat Produk Baru Sebagai Cara Sukses Memulai Usaha

Cara Sukses Memulai Usaha

6. Cara Sukses Memulai Usaha dengan Merancang Supply Chain

Tahapan pembuatan produk selanjutnya ialah merancang supply chain. Dengan cara ini anda dapat mengetahui banyak hal terkait apa saja yang dibutuhkan, mulai dari bagaimana memproduksinya serta cara distribusi.

Supply chain ini tidak hanya terkait ketersediaan material, tetapi juga bisa terkait rekan kerja atau sumber daya manusia yang dibutuhkan. Misalnya vendor alat, kapasitas gudang, jasa pengiriman, supplier barang, rancangan aktivitas produksi dan lain-lain.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk merancang supply chain ialah melakukan survei. Survei bisa dilakukan secara offline ataupun online. Namun sebaiknya untuk menghemat anggaran anda dapat melakukan survei secara online.

Anda dapat mengunjungi website partner supply chain. Di setiap pilihan supply chain, kumpulkanlah banyak opsi. Contohnya dalah dengan melakukan survei ke 5 supplier bahan. Dengan cara ini, anda dapat menemukan opsi terbaik untuk memilih supplier bahan yang tepat baik dari sisi harga atau kualitasnya.

7. Cara Sukses Memulai Usaha dengan Merancang Anggaran

Menyusun perencanaan anggaran sangatlah penting untuk tujuan bisnis jangka panjang. Menentukan harga untuk setiap produk memang susah susah gampang.

Hal itu karena memang diperlukan kepastian untuk setiap harga produk supaya dapat memberikan keuntungan namun di waktu yang sama tetap kompetitif dengan harga yang ditawarkan oleh kompetitor.

Anda dapat melakukan perencanaan anggaran dengan metode manual maupun menggunakan spreadsheet. Hal itu tergantung dengan skala dan jenis bisnis yang dimiliki.

Pastikan untuk mencantumkan semua biaya terkait material serta opsi pengiriman yang paling murah atau berkualitas. Langkah selanjutnya ialah merencanakan berapa unit produk yang ingin dibuat di tahap awal. Rancangan ini perlu disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

8. Cobalah Untuk Melakukan Uji Pemasaran

Setelah siap dengan produk yang dibuat, walaupun dengan stok terbatas, sekarang saatnya melakukan uji pemasaran. Hal ini bertujuan agar anda dapat mengetahui daya tarik konsumen terhadap produk yang dimiliki sebelum diproduksi dan dipasarkan dengan skala besar.

Langkah yang paling mudah ialah dengan memposting produk baru melalui media sosial. Sebaiknya gunakan platform iklan berbayar untuk menjangkau target audiens yang tepat.

Hitung berapa jumlah interaksi baik itu komen maupun jumlah like. Sebaiknya untuk menyusun dan membagi data tersebut ke dalam beberapa kategori sesuai dengan target iklan yang dijalankan. Misalnya iklan anda dikatagorikan ke dalam jenis kelamin, rentang usia, lokasi dan lain sebagainya.

9. Cara Sukses Memulai Usaha Melaunching Produk

Ini akan menjadi tahap yang sangat penting karena menjadi tahapan akhir dari proses product development.
Pada artikel sebelumnya dan pembahasan di atas, kita telah membahas panjang lebar product development, mengembangkan ide dan konsep, melakukan riset, membuat sketsa, prototipe, merancang supply chain, membuat perencanaan anggaran, uji pemasaran, dan akhirnya kita dapat launching produk.

Ada banyak cara untuk menyelenggarakan event launching produk ini. Mulai dari berkolaborasi dengan brand lain dan membuat kampanye limited edition, hingga bekerja sama dengan influencer promosi untuk menjangkau audience yang lebih luas.

Penutup

Demikian pembahasan tentang cara sukses memulai usaha dengan membuat produk yang jempolan serta dapat diunggulkan. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan silahkan untuk membagikan informasi ini kepada kerabat dan teman-teman anda. Terima kasih.