, ,

Cara Ternak Kambing Modal 10 Juta yang Menguntungkan

by -3 views
Usaha Ternak
Cara Ternak Kambing

Kambing adalah salah satu hewan pedaging yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Terlebih pada waktu-waktu tertentu, usaha ternak kambing sangat menguntungkan. Karena itu pada kesempatan ini kita akan membahas terkait cara ternak kambing modal 10 juta.

Keuntungan Ternak Kambing

Cara Ternak Kambing
Cara Ternak Kambing

Ada banyak hal yang yang menjadi faktor mengapa prospek peternakan kambing sangat menjanjikan. Keuntungan tersebut antara lain adalah sebagai berikut;

  • Panen lebih cepat; dibandingkan sapi atau kerbau tentu peternak kambing jauh lebih cepat untuk mendapatkan hasil. Usia kambing yang siap dijual berkisar antara 8 hingga 12 bulan.
  • Pangsa pasar yang luas; bukan hanya pada hari Idul Adha tetapi hampir setiap hari banyak orang mencari daging kambing untuk konsumsi.
  • Biaya pemeliharaan yang murah; kambing tidak memerlukan lahan yang luas dan dapat diberikan pakan rumput hijau yang mudah didapatkan.

Cara Ternak Kambing

Cara Ternak Kambing
Cara Ternak Kambing

Di atas kita telah mengetahui apa saja keuntungan beternak kambing. Berikut adalah cara bagaimana membudidayakan kambing untuk peluang usaha yang menguntungkan;

1. Menyiapkan lahan

Ini adalah hal pertama yang perlu dipersiapkan, pastikan Anda memiliki lahan yang memadai untuk beternak kambing. Sebaiknya untuk mencari lahan yang yang jauh dari pemukiman penduduk.

Hal itu karena memang kambing memiliki bau yang kurang sedap sehingga bisa menimbulkan efek negatif bagi masyarakat yang terganggu. Setidaknya Anda memberikan jarak 10 meter dari tempat pemukiman penduduk.

2. Membuat kandang kambing

Sebenarnya Anda dapat membuat kandang kambing sesuai dengan kebutuhan. Kandang kambing dengan struktur bangunan panggung dianggap lebih modern dan memiliki kelebihan. Kandang panggung tidak menyatu dengan tanah sehingga mudah dibersihkan dari kotoran kambing.

Walaupun memang untuk membuat kandang panggung dibutuhkan modal yang relatif lebih mahal. Ukuran kandang dapat disesuaikan dengan jumlah kambingnya. Untuk kambing dewasa pada umumnya membutuhkan ruang 1,5x 1,5 m.

3. Memilih bibit kambing berkualitas

Setelah menyiapkan kandang tahapan penting selanjutnya adalah memilih bibit kambing yang berkualitas. Karena hal ini berdampak terhadap perkembangan kambing nantinya.

Jika memiliki modal yang cukup banyak Anda dapat membeli bibit kambing etawa atau gibas. Akan tetapi jika terbatas dengan modal Anda dapat membeli bibit kambing kacang atau jawa.

4. Memilih pakan kambing yang baik

Agar kambing tumbuh secara maksimal tentu Anda harus memperhatikan kualitas pakan yang diberikan. Walaupun kambing memang sebenarnya bisa makan tumbuhan apa saja, seperti rumput, daun singkong, sayuran sisa dan lain sebagainya.

Untuk menghindari kemungkinan terdapat racun di dalam pakan, terlebih dahulu rumput atau pakan tersebut dijemur selama 2 jam. Selain itu untuk mempercepat penggemukan kambing juga perlu diberikan konsentrat dan vitamin.

5. Pengembangbiakan

Untuk proses pengembangbiakan idealnya kambing harus berusia 12 bulan. Karena memang di usia tersebut kambing sudah siap kawin.

Anda dapat mengetahui ciri fisik kambing yang sudah siap kawin. Tanda tersebut dapat dilihat dengan gerak-gerik kambing yang suka menggerakkan ekornya, nafsu makan berkurang serta kambing terlihat gelisah.

Jika tanda-tanda tersebut sudah terlihat, maka Anda dapat menggabungkan kambing jantan dan kambing betina di dalam satu kandang.

6. Masa panen kambing

Jika kambing sudah mencapai minimal usia 1 tahun, maka sudah bisa dipotong atau dijual. Harga kambing memang bervariasi tergantung jenisnya.

Pada umumnya harga kambing berkisar 1,2 juta 3 jutaan. Selain itu mempengaruhi faktor harga kambing adalah ukurannya, tentu kambing yang lebih kecil akan lebih murah.

Berapa Modal Usaha Ternak Kambing?

Cara Ternak Kambing
Cara Ternak Kambing

Di atas kita telah membahas secara rinci terkait bagaimana cara ternak kambing, berikut adalah estimasi modal jika Anda memang berniat membudidayakan kambing;

  • Harga bibit kambing usia 3-5 bulan 5 ekor -+Rp 3.000.000
  • Kandang modern ukuran 2×2 meter Rp 3.000.000
  • Obat cacing dan vitamin ternak per bulan Rp 1.000.000
  • Biaya pakan rumput hijau per bulan Rp 1.000.000
  • Biaya pekerja jika dibutuhkan Rp 1.500.000
  • Biaya tambahan Rp 1.000.000

Total Rp 10.500.000

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang cara ternak kambing yang mudah dan menguntungkan. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Cara Ternak Ayam Potong yang Benar dan Menguntungkan