, ,

Cara Untung Besar dan Berlipat dengan Bisnis Musiman

by -1 views
cara usaha
cara usaha

Cara untung pada saat berbisnis tentunya menjadi hal yang dicari pengusaha. Apalagi ketika kamu sedang menjalankan bisnis musiman. Kamu pastinya mencari tip jualan laris agar berbisnis tidak merugi.

Salah satu yang mungkin dilakukan banyak orang adalah usaha musiman di bulan puasa. Banyak jenis usaha kecil menjanjikan saat puasa misalnya berjualan takjil atau kue kering. Tapi jangan sampai kamu terlena dengan bisnis musiman.

Ingat bahwa banyak orang yang juga menjalankan usaha yang sama. Maka, kamu harus tahu tip jualan laris agar mendapatkan cara untung berlipat ganda. Bukan berarti bisnis musiman tidak bisa dilakukan. Yuk intip tipnya!

cara usaha
cara usaha

1.Cara untung dimulai dari persiapan produk yang akan dijual

Saat mencoba bisnis musiman, cobalah kamu melihat kembali produk yang akan kamu jual. Produk tak hanya seputar barang saja tetapi juga dalam bentuk jasa. Nah, kamu perlu memastikan masa depan produk yang akan kamu jual.

Tak masalah jika kamu ingin memanfaatkan waktu musiman. Hanya saja, kamu bisa memanfaatkan bisnis jangka panjang. Kamu perlu berpikir jangka panjang. Setelah musim puasa berlalu, apa yang akan kamu lakukan?

Dalam hal ini inovasi adalah yang utama. Jangan sampai ketika produk kamu sudah dikenal banyak orang tetapi kamu justru memilih mundur dan tidak berkembang. Kamu bisa merencanakan ide tersebut dari sekarang loh.

cara usaha
cara usaha

2.Cara untung dengan memikirkan pemasaran

Banyak cara  yang sering tidak dilakukan orang salah satunya adalah pemasaran. Mungkin kamu percaya diri akan kualitas produk yang kamu jual. Tapi tanpa strategi pemasaran yang tepat, produkmu tidak akan laku terjual.

Bayangkan saja jika pemasaran salah, kamu tidak akan menemukan target yang diharapkan. Untuk pemasaran, kamu bisa melakukannya secara offfline dan online. Semua itu tergantung model bisnis serta target marketnya.

Misalnya kamu berjualan untuk anak muda pastinya berjualan online bisa jadi cara untung yang tepat. Tetapi bila targetnya orangtua, justru kamu harus mencari channel yang tepat misalnya lewat WhatsApp grup.

cara usaha
cara usaha

3.Proses produksi yang tepat

Salah satu hal yang wajib kamu perhatikan saat usaha musiman di bulan puasa adalah tingkat permintaan yang tinggi. Misalnya saja kamu berjualan baju muslim. Pastinya hampir semua umat muslim membutuhkannya terutama jelang hari Idul Fitri.

Tentu saja kamu harus menyiapkan produksinya. Jangan sampai kamu malah tidak mampu memenuhi pesanan. Kamu juga harus tahu kondisi modal yang kamu miliki. Jika dirasa tak punya modal besar, kamu bisa menggunakan sistem pre-order.

Dengan cara ini kamu akan mengetahui besaran produksi yang dibutuhkan. Kamu bisa berjualan tanpa takut rugi. Namun, cara ini juga berisiko menghilangkan pelanggan karena banyak orang yang butuh cepat barangnya. Jadi memiliki stok juga tetap penting agar menjadi salah satu cara untung.

cara usaha
cara usaha

4.Pikirkan nilai keuntungan

Prinsip bisnis yang perlu diperhatikan pada saat menjalankan bisnis musiman adalah soal keuntungan. Ingat bahwa kamu akan punya banyak saingan karena banyak orang berkecimpung di bisnis yang sama. Maka, jangan tergiur mencari untung berlebihan.

Jika harga terlalu mahal maka kamu akan kesulitan bersaing. Apalagi jika kamu mengambil target market menengah. Tentu saja akan banyak persaingan harga. Memang harga disesuaikan dengan kualitas. Namun jika terlalu mahal tentu tidak ada konsumen yang membeli.

cara usaha
cara usaha

5.Persiapkan produk pengganti

Sesuai namanya, usaha musiman pastinya akan berhenti. Jika sudah tidak bulan puasa, mungkin jualan busana muslim sudah tidak sebanyak sekarang. Tapi jangan berkecil hati. Kamu bisa mencoba berjualan produk lain yang sejenis.

Misalnya kamu bisa mencoba berjualan buku muslim anak. Produk ini termasuk yang akan dicari terus menerus. Kamu harus segera merencanakan produk baru jika penjualan sudah mulai menurun.

Itu dia sederet cara usaha yang bisa kamu coba di tengah usaha musiman bulan puasa. Membuat usaha musiman tak selamanya buruk. Aasal kamu tahu cara yang tepat untuk mengembangkannya pasti tetap dicari banyak orang.

Ingat bahwa prinsip bisnis memang membutuhkan kegigihan dan kesabaran. Apalagi jika kamu mengalami kegagalan pastinya rasanya ingin menyudahi saja. Percaya saja hasil usaha kerasmu kelak akan membuahkan hasil.