,

Contoh Proposal Usaha Makanan yang Sangat Mudah Dibuat

by -4 views
cara membuat proposal usaha
Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)

Peluang bisnis di bidang makanan belakangan ini terus mengalami kemajuan. Hal inilah yang menjadikan usaha makanan termasuk dari jenis bisnis yang paling menguntungkan. Nah untuk anda yang tertarik mencoba peluang usaha ini, berikut akan kita bahas contoh proposal usaha makanan yang bisa anda ikuti.

Proposal tentunya sangat berguna untuk anda yang baru pertama kali memulai bisnis, karena ini bisa anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya untuk mencari investor, rekan kerja atau lain sebagainya.

Struktur Pembuatan Proposal Usaha Makanan

contoh proposal usaha makanan
Contoh proposal usaha makanan

Dalam membuat proposal makanan sebenarnya tidaklah sulit, akan tetapi anda perlu memperhatikan beberapa struktur yang harus ada di dalamnya. Struktur atau poin-poin yang harus disebutkan tersebut antar lain adalah sebagai berikut:

  • Nama bisnis makanan
  • Tujuan bisnis
  • Latar belakang pendirian usaha
  • Hasil survey terhadap pasar
  • Peluang usaha
  • Deskripsi usaha
  • Kesimpulan

Nah itu adalah hal-hal penting yang harus ada di dalam proposal makanan. Adapun contoh proposalnya dapat anda simak dalam pembahasan di bawah ini.

Contoh Proposal Usaha Makanan

Contoh proposal usaha makanan
Contoh proposal usaha makanan

Di atas kita telah mengetahui apa saja poin-poin yang harus disebutkan ketika ingin membuat proposal usaha. Nah untuk lebih jelas anda dapat melihat contoh penulisannya di berikut ini:


Nama perusahaan : Resto Nusantara

Tujuan Usaha

Menghidangkan makanan khas Indonesia dengan dipadukan nuansa modern agar bisa diterima oleh semua kalangan. Selain itu juga bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan kuliner Nusantara ke ke generasi milenial. Resto Nusantara bekerja sama dengan nelayan dan para petani lokal untuk mensuplai kebutuhan bahan baku.

Latar Belakang Pendirian Usaha

  • Memperkenalkan kuliner nusantara
  • Makanan khas Indonesia masih sangat digemari oleh masyarakat
  • Mengolah makanan khas agar lebih diminati oleh semua kalangan terkhusus kaum milenial
  • Usaha makanan memiliki potensi keuntungan yang besar serta mudah dalam pemasarannya

Survei Bisnis Makanan

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Nielsen Singapore menemukan fakta ternyata orang Indonesia menyukai kuliner siap santap. Kuliner tersebut bisa dibeli di restoran, tempat makan ataupun melalui pesanan online.

Survei menyebutkan ternyata 95 persen konsumen urban Indonesia dalam kurun waktu 3 bulan menikmati makanan siap santap. Sedangkan 58 persen orang yang terlibat di dalam survey memesan makanan siap santap lewat layanan pesan antar.

Adapun makanan yang paling banyak disukai adalah masakan Indonesia sebanyak 82 persen. Hal itu menunjukkan jika usaha makanan di bidang kuliner nusantara cukup menjanjikan dan menguntungkan.

Peluang Usaha

  • Rumusan Masalah

Perlunya ada tempat yang khusus menjual masakan nusantara dengan kombinasi sentuhan modern agar bisa diterima semua kalangan. Masakan nusantara harus tetap dilestarikan dan dijaga dan dikembangakan.

  • Solusi

Restoran yang khusus dibuat untuk menyediakan menu masakan nusantara akan memberikan dampak positif terhadap perkembangannya kuliner nusantara tersebut. Terlebih dengan adanya sentuhan modern maka bisa menjadi daya tarik tersendiri. Bekerja sama dengan nelayan dan petani lokal juga diharapkan akan membantu perekonomian mereka.

Deskripsi produk

Nama “Resto Nusantara” diambil untuk menggambarkan bahwa bisnis tempat makan ini mengusung tema masakan Indonesia. Indonesia sangat kaya akan warisan kulinernya, sehingga sebagai generasi muda harus mempertahankan dan melestarikan resep dan warisan kuliner tersebut.

Jenis-jenis masakan nusantara yang akan dijual antara lain adalah, rendang, bakso, soto ayam, pempek, nasi kuning, bubur ayam. Dengan banyaknya pilihan tersebut diharapkan mampu menjaring pembeli lebih banyak lagi dan dari semua kalangan.

Keunikan Usaha

  • Semua masakan nusantara akan dikombinasikan dengan nuansa modern sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri
  • Dalam satu tempat menjual berbagai jenis masakan nusantara
  • Konsep yang diusung akan memperhatikan trendy dan elegan

Kesimpulan

Bisnis masakan nusantara yang diberikan sentuhan modern diprediksi akan banyak disukai oleh orang. Terlebih sebagai pebisnis kita juga mengemban kewajiban untuk terus menjaga dan melestarikan warisan kuliner nusantara.

Bekerja sama dengan nelayan dan petani lokal untuk memasok bahan baku diharapkan juga akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian mereka. Resto nusantara diharapkan mampu menyediakan menu makanan yang unik dan disukai.


Penutup

Nah demikianlah informasi tentang contoh proposal usaha makanan yang bisa anda ikuti. Sebagai pebisnis tentunya anda harus membuat proposal semacam ini karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Terima kasih dan baca juga artikel lain terkait 6 Peluang Usaha Makanan Camilan yang Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi