,

Cara Membuat dan Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

by -39 views
Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan
Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan

Sekarang banyak orang lebih memilih untuk membuka usaha sendiri ketimbang menjadi karyawan ataupun buruh pabrik. Nah agar bisnis atau usaha tersebut bisa berkembang tentunya Anda perlu membuat surat izin usaha. Akan tetapi banyak orang yang tidak tahu cara membuat surat izin tersebut, karena itu pada kesempatan ini kami akan memberikan cara membuat dan contoh surat izin usaha perdagangan SIUP .

Pengertian Surat Izin Usaha Perdagangan

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan
Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan

SIUP adalah singkatan dari surat izin usaha perdagangan dan merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan ketika Anda memulai usaha. Adapun pengertian atau definisi SIUP adalah surat izin yang dibuat oleh pemilik usaha agar bisa melakukan kegiatan usaha perdagangan.

Usaha atau bisnis tersebut merupakan kegiatan transaksi baik berupa jasa ataupun barang. Transaksi disini juga bermakna jual beli, sewa menyewa, sewa beli, ataupun kompensasi.

Jika Anda ingin membuka usaha di sektor perdagangan maka SIUP adalah surat izin yang wajib untuk dibuat.

Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan
Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan

Banyak orang yang menganggap untuk membuat surat izin perdagangan sangat rumit dan sulit. Akan tetapi faktanya untuk membuat SIUP terbilang cukup mudah dan bisa dikerjakan sendiri. Berikut adalah syarat serta cara mengurus SIUP yang bisa Anda lakukan:

A. Syarat Membuat SIUP

  • Memiliki formulir pendaftaran serta mengisi formulir SIUP tersebut kemudian pemilik usaha menandatangani formulir tersebut di atas materai Rp6.000
  • Badan usaha ataupun perusahaan terkait sudah memiliki akta pendirian, memiliki surat domisili usaha, persetujuan dari lembaga yang berwenang, dan juga NPWP badan usaha.
  • Pengurusan surat izin usaha perdagangan ini harus dilakukan oleh pemilik usaha ataupun melalui kuasa yang dikuasakan PTSP.

B. Syarat-syarat Dokumen

Untuk terkait persyaratan dokumen ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum mengajukan permohonan SIUP, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi KTP pemilik usaha
  • Neraca perusahaan
  • Surat izin tempat usaha atau surat keterangan domisili perusahaan
  • Materai Rp6.000
  • Melampirkan foto direktur utama, penanggung jawab ataupun memiliki perusahaan, ukuran foto 4 * 6 sebanyak 2 lembar.
  • Melampirkan surat-surat lain sesuai dengan usaha yang Anda jalankan

Itu adalah beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan ketika ingin mengurus surat izin usaha perdagangan. Akan tetapi barangkali masih ada dokumen-dokumen lain, silahkan Anda hubungi pihak yang berwenang terkait bisnis yang Anda kelola.

Step by Step Mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan
Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan

Jika telah mempersiapkan berbagai dokumen serta persyaratan yang dibutuhkan, sekarang Anda tinggal mengurus surat izin usaha perdagangan. Berikut step by step yang bisa Anda ikuti:

  • Langkah pertama adalah datang ke Kantor Dinas Perdagangan
  • Mengambil formulir permohonan SIUP di Kantor Dinas Perdagangan
  • Pihak terkait kemudian meminta formulir permohonan untuk surat izin usaha perdagangan.
  • Mengisi formulir yang diberikan dengan benar
  • Setelah Anda mendapatkan formulir yang disiapkan di Kantor Dinas Perdagangan, isilah formulir tersebut sesuai dengan data bisnis atau usaha yang Anda jalankan.
  • Isi formulir tersebut dengan cermat agar tidak ada kesalahan, kemudian Anda perlu menandatangani formulir tersebut. Tanda tangan ditulis di atas materai Rp6.000.
  • Adapun tanda tangan tersebut wajib dilakukan oleh direktur utama, orang yang memiliki perusahaan atau penanggung jawab dari perusahaan terkait.
  • Membayar tarif pembuatan SIUP
  • Setelah mengisi serta menandatangani formulir, Anda dapat membayar tarif pembuatan langsung dengan nominal tertentu. Biasanya biaya tersebut tergantung dengan domisili perusahaan yang Anda kelola.
  • Mengambil SIUP yang sudah dibuat

Setelah menjalankan dan menyelesaikan step-step di atas maka surat izin usaha perdagangan bisa Anda ambil. Biasanya pada tahap pembayaran Anda akan diberikan kertas atau bukti pembayaran yang bisa Anda gunakan untuk mengambil surat izin usaha perdagangan.

Jangka waktu pembuatan SIUP tidak terlalu lama. Pada umumnya surat izin usaha perdagangan tersebut selesai dalam jangka waktu 2 minggu saja.

Contoh SIUP

Berikut ini adalah beberapa contoh SIUP yang sudah selesai. Perhatikan beberapa bagian ataupun komponen yang ada di dalam surat-surat di bawah. Anda dapat mencermati komponen-komponennya untuk menghindari terjadi penipuan terkait pembuatan surat izin usaha perdagangan.

Contoh SIUP
From alphapay.id
Contoh SIUP
From alphapay.id
Contoh SIUP
From alphapay.id

Penutup

Demikian pembahasan tentang cara membuat dan contoh surat izin usaha perdagangan SIUP. Semoga bermanfaat dan membantu Anda semua. Terima kasih dan baca juga pembahsan lain Cara Mengururs Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)