,

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil yang Mudah Dibuat

by -1 views
Contoh Surat Perjanjian Kerjasama
Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

Di dalam melakukan kerjasama untuk membangun sebuah bisnis ataupun usaha tentunya membutuhkan surat perjanjian. Hal itu sangat penting untuk menghindari kemungkinan terburuk di dalam bisnis tersebut. Karena itu pada kesempatan ini kita akan memberikan contoh surat perjanjian kerjasama bagi hasil yang bisa Anda ikuti.

Hal-hal yang Perlu Diketahui ketika Membuat Surat Perjanjian

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama
Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

Sebelum membuat surat perjanjian terlebih dahulu Anda harus memperhatikan syarat-syarat agar surat tersebut sah. Berikut ini beberapa hal penting yang harus Anda ketahui di dalam membuat surat perjanjian:

  • Surat perjanjian harus disusun atau dibuat dengan rasa ikhlas tanpa ada paksaan dari pihak lain.
  • Harus disetujui oleh semua pihak yang terkait, hal itu bisa ditandai dengan adanya tanda tangan diatas materai.
  • Pihak yang terkait harus sudah dewasa dan dalam keadaan sadar ketika melakukan perjanjian.
  • Adapun isi perjanjian tidak boleh melanggar norma-norma yang berlaku serta harus ditulis secara jelas dan detail.

Poin-poin yang Harus Ada di Dalam Surat Perjanjian

Surat Kesepakatan
Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

Selain syarat-syarat yang telah disebutkan diatas masih ada poin-poin lain yang perlu ditambahkan ke dalam surat perjanjian bagi hasil. Berikut ini poin-poin tersebut dan penjelasannya::

  • Identitas Kedua Pihak

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah terkait identitas dari masing-masing pihak. Anda dapat menuliskan data terkait tempat tinggal, tanggal lahir, alamat, dan juga nomor identitas KTP. Data-data harus dipastikan kebenarannya untuk menghindari kemungkinan terburuk di masa depan.

  • Detail Kerjasama yang Disepakati

Selanjutnya adalah terkait detail kerjasama yang disepakati oleh kedua pihak. Anda harus menjelaskan kerjasama apa saja yang disepakati serta hal-hal lain terkait dari kerjasama tersebut.

  • Pasal-Pasal

Bagian penting lain yang harus ada di dalam surat perjanjian kerjasama bagi hasil adalah terkait pasal-pasal. Disini berupa peraturan perjanjian yang disepakati oleh kedua belah pihak. Di bagian ini Anda bisa merinci hal-hal apa saja yang boleh dilakukan ataupun tidak oleh masing-masing pihak.

Selain itu Anda juga dapat menambahkan hal-hal yang dapat membatalkan perjanjian dan juga cara penyelesaian yang dipakai apabila terjadi sengketa atau perselisihan nantinya.

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama
Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

Di atas kita telah membahas apa saja hal-hal penting yang harus ada di dalam surat perjanjian bagi hasil. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak contoh surat perjanjian berikut:



Surat Perjanjian Kerjasama

Pihak yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Pihak Pertama

Nama : Andrian Hartono

Tempat tanggal lahir : Sarolangun, 19 April 1989

Alamat : Desa Karang Mendapo, Pauh, Sarolangun Jambi, 13241

Nomor KTP : 3319453944715

2. Pihak Kedua

Nama : Hadi Mulya

Tempat dan tanggal lahir : Suro Ilir, Kecamatan Kepahiang, Bengkulu

Alamat : Desa Suro Ilir, Kepahiang, Bengkulu 23412

Nomor KTP : 1379459701928

Dengan dibuatnya surat ini menyatakan bahwa kedua belah pihak yang disebutkan di atas melakukan perjanjian kerjasama dengan ketentuan sebagai berikut:

Pasal 1

Di dalam surat perjanjian kerjasama ini, pihak pertama meminjamkan uang sebesar Rp. 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah) kepada pihak kedua untuk membuka usaha peternakan ayam.

Pasal 2

Pihak kedua nantinya akan memberikan keuntungan dari hasil penjualan sebesar 10% hingga akumulasi Rp. 130.000.000 (Seratus Tiga Puluh Juta Rupiah) dalam waktu yang tidak ditentukan.

Pasal 3

Apabila pihak kedua mengalami kebangkrutan ataupun bisnis tidak berkembang, maka keuntungan dan kerugian ditanggung oleh kedua belah pihak secara adil.

Demikian surat perjanjian ini dibuat dan telah disetujui oleh masing-masing pihak terkait serta tidak ada unsur paksaan.

Bengkulu, 19 April 2019

Pilihan pertama

Pihak kedua



Penutup

Demikianlah pembahasan tentang contoh surat perjanjian bagi hasil dan bisa Anda ikuti. Hal yang perlu diingat di dalam membuat surat perjanjian adalah untuk memperhatikan atau saling menguntungkan satu sama lain. Jika Anda adalah pemberi modal dan bekerjasama dengan pihak lain untuk mengerjakan bisnis tertentu, buatlah kesepakatan yang tidak memberatkan pihak peminjam.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan silakan share kepada keluarga atau teman Anda yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca pembahasaan ini dan baca juga artikel lain terkait Cara Membuat dan Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)