,

Jangan Remehkan, Ini Contoh Usaha Kecil-kecilan yang Menguntungkan

by -2 views
Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa
Contoh Usaha Kecil-kecilan yang Menguntungkan

Pertumbuhan ekonomi yang semakin kompleks membuat orang yang ingin membuka usaha harus berpikir cerdas. Mencari peluang usaha memang cukup susah, akan tetapi banyak yang tidak menyadari usaha kecil-kecilan cukup menjanjikan. Nah berikut ini kita akan membahas contoh usaha kecil-kecilan yang menguntungkan dan bisa dicoba.

Apa Itu Usaha Kecil-kecilan?

Contoh Usaha Kecil-kecilan yang Menguntungkan
Contoh Usaha Kecil-kecilan yang Menguntungkan

Usaha kecil dapat diartikan sebagai bisnis yang bergerak di bidang tertentu yang memiliki jumlah pekerja tidak lebih dari 50 orang. Usaha kecil-kecilan biasanya dimiliki oleh perorangan dan bukan badan usaha atau organisasi tertentu.

Keuntungan yang didapat dari usaha perseorangan tentu untuk pemilik usaha tersebut. Itulah yang menjadi kelebihan ketika memulai usaha perseorangan karena Anda tidak perlu berbagi keuntungan dengan pihak lain.

Contoh Ide Usaha Kecil-kecilan yang Menguntungkan

Contoh Usaha Kecil-kecilan yang Menguntungkan
Contoh Usaha Kecil-kecilan yang Menguntungkan

Setelah mengerti terkait apa itu usaha kecil, berikut ini kita akan membahas terkait beberapa contoh usaha kecil yang bisa Anda kerjakan. Usaha kecil dibawah ini bisa dikerjakan sesuai dengan status atau tempat Anda tinggal. Berikut pembahasannya untuk Anda:

1. Usaha Kecil-kecilan di Kampung

Membuka bisnis bisa dikerjakan dimanapun, baik itu di perkotaan ataupun pedesaan. Ketika membuka usaha di desa pun tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan besar. Nah berikut beberapa usaha yang bisa dibuka di desa:

  • Usaha ternak; pedesaan sangat cocok untuk dijadikan lahan beternak, baik itu hewan unggas ataupun hewan pedaging seperti sapi, kerbau ataupun kambing.
  • Konter HP dan pulsa; perkembangan teknologi komunikasi di pedesaan terus meningkat, bahkan kesempatan ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan yang bisa dicoba.
  • Usaha cetak foto; jasa seperti ini masih sangat dibutuhkan dan dicari oleh orang, hal itu karena memang tidak banyak layanan cetak foto yang ada di desa.

3. Usaha Kecil-kecilan Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga tidak menutup kemungkinan kreativitas dan aktivitas bisnis. Bahkan Anda bisa tetap memenuhi kewajiban sebagai ibu rumah tangga dan membuka usaha. Berikut beberapa peluang usaha kecil-kecilan rumah tangga:

  • Menjual gorengan; di sela-sela waktu luang Anda dapat membuat gorengan yang bias dijual di toko-toko terdekat atau kau bekerja sama dengan pihak lain untuk mengedarkannya berkeliling desa.
  • Usaha warung kopi; Anda dapat memanfaatkan teras rumah yang luas atau membuka kedai khusus yang menyediakan minuman kopi dan menu-menu lain.
  • Usaha laundry; manfaatkan mesin cuci yang dimiliki untuk membuka usaha laundry rumahan, terlebih jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang banyak pegawai kantoran atau mahasiswa.
  • Usaha catering; selain membuka usaha laundry usaha rumahan lain yang menguntungkan adalah membuka catering. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang memang memiliki hobi memasak untuk mendapatkan keuntungan besar.

3. Usaha Kecil-kecilan yang Cocok di Perkotaan

Selain di desa Anda juga bisa membuka usaha kecil-kecilan di daerah perkotaan. Tentu prospek keuntungannya bisa lebih besar dan mudah mendapatkan konsumen. Berikut beberapa rekomendasi usaha kecil-kecilan yang cocok di kota:

  • Agen perjalanan; ada banyak wisatawan yang datang ke kota setiap harinya, manfaatkan kesempatan ini dengan membuka agen perjalanan untuk mengelola pendatang baru atau wisatawan ke kota.
  • Membuka salon keluarga; tidak perlu menyewa ruko atau tempat tertentu untuk membuka salon, buka saja salon keluarga di rumah untuk menghemat biaya operasional.
  • Menjual sayuran; untuk mendapatkan sayuran di kota memang cukup sulit, karena harus mencarinya ke pasar tradisional. Karenanya Anda harus membuka peluang usaha yang menjadi solusi terhadap hal itu, yaitu dengan menjual sayuran di depan rumah.

Apa Keuntungan Usaha Kecil?

Contoh Usaha Kecil-kecilan yang Menguntungkan
Contoh Usaha Kecil-kecilan yang Menguntungkan

Di atas kita telah membahas beberapa rekomendasi usaha kecil, akan tetapi apa keuntungannya? Berikut penjelasannya untuk Anda:

  • Tidak memerlukan modal besar

Ya, jika Anda memiliki modal terbatas ketika ingin membuka usaha, maka mulailah dengan berbisnis usaha kecil-kecilan.

  • Memiliki potensi bertahan

Ketika masa krisis terlebih ketika ada pandemi corona seperti ini, banyak perusahaan-perusahaan tumbang dan tidak mendapatkan keuntungan yang banyak. Akan tetapi hal itu berbeda dengan usaha kecil, bisnis semacam ini cenderung tahan terhadap kondisi ekonomi yang sedang menurun.

  • Mudah untuk memulainya

Ya, karena memang usahanya terbilang kecil dan tidak memerlukan modal besar hal itu menjadikan bisnis kecil-kecilan mudah untuk dimulai.

  • Lebih fleksibel

Anda dapat melakukan inovasi secara fleksibel terhadap kebutuhan pasar yang sedang berlaku. Misalnya bisnis menjual sayur-sayuran, Anda dapat menjual sayuran tertentu sesuai dengan kondisi atau permintaan pasar.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang contoh usaha kecil-kecilan serta apa saja keuntungannya. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait 8 Ide Usaha dengan Modal Dibawah 10 Juta.