, ,

Daftar Peluang Usaha untuk Pelajar Tanpa Modal

by -8 views
Peluang usaha
Peluang usaha

Menjadi pengusaha muda artinya harus pintar melihat sebuah peluang usaha. Tak hanya dilakukan oleh mahasiswa, anak yang masih sekolah juga bisa melakukan berbagai jenis bisnis. Berbagai bidang banyak yang bisa jadi kerja sampingan anak sekolah.

Tak sampai situ saja, bisnis yang cocok untuk pelajar ini juga bisa dilakukan tanpa modal besar. Nah, kamu yang ingin jadi pengusaha muda sejak sekolah bisa melakukan dereta bisnis yang cocok untuk pelajar berikut ini.

Peluang usaha
Peluang usaha untuk pelajar

1.Peluang Usaha Menjadi Guru Les Private

Kamu bisa menjadikan les private sebagai kerja sampingan anak sekolah. Tak perlu sulit, kamu cukup mengajarkan baca tulis kepada anak-anak. Kamu bisa mencari berbagai materi di internet yang disesuaikan dengan usia anak tersebut. Kamu bisa mencari berbagai kegiatan menarik untuk mengisi les privat.

Selain itu, kamu juga bisa mengajarkan sesutau yang kamu bisa lakukan. Misalnya kamu jago bahasa Inggris, maka kamu juga bisa mengajarkan materi tersebut kepada anak-anak. Sekarang tinggal bagaimana kamu mencari murid.

Kamu bisa menawarkan kepada tetangga sekitar. Peluang usaha ini sangat cocok jika kamu tinggal di pemukiman padat penduduk yang isinya keluarga muda. Pastinya masih banyak anak usia antara 3 sampai 6 tahun. Tak hanya sampai situ, bisnis ini juga tidak mengganggu sekolah karena dilakukan sepulang sekolah.

Peluang usaha
Peluang usaha untuk pelajar

2.Peluang Usaha Jualan Kuota

Pemakaian handphone terlebih smartphone semakin berkembang. Artinya setiap orang membutuhkan kuota atau pulsa. Nah, ini bisa menjadi sebuah peluang untuk menjadi agen isi ulang pulsa atau kuota. Apalagi mudah untuk menjadi seorang agen.

Kamu bisa mendaftarkan diri ke salah satu agen pulsa. Setelah itu, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah untuk membeli pulsa. Modal yang dibutuhkan juga sangat kecil. Biaya pendaftarannya sekitar Rp 50.000 sampai Rp 300.000. Harga tersebut menyesuaikan kemampuan dan tipe agen yang diambil.

Tapi jangan khawatir karena kamu pasti akan mendapatkan untung mengingat pulsa dan kuota sudah jadi kebutuhan dasar. Bisnis ini juga minim risiko meskipun akhirnya ada teman yang mengutang. Tapi secara umum kamu bisa melakukan bisnis ini tanpa mengganggu proses belajar di sekolah.

Peluang usaha
Peluang usaha untuk pelajar

3.Menjadi Reseller

Mungkin kamu sangat ingin membuka toko online baik melalui Instagram atau marketplace. Nah, kamu bisa mencobanya dengan menjadi reseller. Kamu cukup mencari supplier barang yang diinginkan.

Misalnya kamu ingin menjual tas, cobalah cari supplier yang punya harga murah tapi modelnya diterima oleh anak seusiamu. Setelah itu kamu bisa mengupload produknya di social media. Kamu tak perlu repot-repot membeli barang di sebuah toko. Kamu tinggal memesannya ke supplier jika ada yang membeli.

Peluang usaha ini juga melatih kamu dalam melakukan transaksi jual beli. Kamu jadi bisa mengetahui bagaimana cara menghandle pelanggan hingga cara memasarkan yang tepat. Selain itu, kamu juga belajar untuk memilih kebutuhan yang sesuai dengan target market.

Peluang usaha
Peluang usaha untuk pelajar

4.Mereview Barang atau Terima Endorse

Peluang usaha ini bukan sesuatu yang tak mungkin. Saat ini sedang berkembang istilah nano influencer. Jadi banyak brand atau produk mencari akun Instagram dengan follower tidak banyak untuk memberikan review tertentu pada sebuah produk.

Kamu cukup membuat feed atau postingan Instagram jadi lebih rapi. Kamu juga bisa mengambil satu keunikan dalam diri kamu. Misalnya kamu suka baca buku. Kamu bisa mengunggah review buku atau hal-hal yang berhubungan dengan buku. Nah, dengan begitu akan ada brand yang tertarik.

Bagaimana caranya agar dapat pekerjaan dari Instagram seperti ini? Kamu bisa bergabung dengan komunitas atau agensi yang mencari nano influencer. Biasanya mereka akan menghubungimu jika ada brand yang sesuai dengan karakteristik Instagram milikmu.

Cobalah untuk membuat konten kreatif. Jangan lupa pelajari skill mengedit foto. Kamu tak perlu kamera bagus cukup memakai handphone saja. Tapi jika skill editingnya tepat maka konten kamu jadi menarik.

Itu dia sederet peluang usaha yang bisa kamu lakukan sejak pelajar. Ternyata banyak ya peluang bisnis yang mudah dilakukan dan tidak membutuhkan modal besar. Selain itu, tidak akan mengganggu belajar di sekolah. Kira-kira mana bisnis yang akan kamu coba?