, ,

Daftar Pengusaha Muda Sukses yang Ada di Indonesia

by -31 views
Pengusaha Muda Sukses

Jumlah pengusaha muda sukses di Indonesia sebenernya cukuplah banyak. Hal ini terbukti dengan banyaknya gebrakan baru yang diluncurkan oleh para pebisnis muda di Nusantara.

Sebut saja beberapa e-commerce yang namanya sudah menjulang tinggi seperti Tokopedia dan BukaLapak. Keduanya adalah produk marketplace dalam negeri yang sudah dinobatkan sebagai Unicorn—startup dengan valuasi perusahaan lebih dari USD 1 miliar.

Selain itu, platform lain seperti Traveloka dan Go-Jek juga sudah mencapai titik Unicorn. Mereka semua adalah bukti bahwa pengusaha muda di Indonesia bisa mencapai kesuksesan yang luar biasa.

Tak hanya pebisnis muda dalam startup saja yang dimiliki oleh Indonesia. Para pebisnis muda dari berbagai macam bidang pun juga bermunculan. Seperti deretan anak muda yang sukses sebagai pengusaha pada artikel berikut ini. Penasaran siapa saja, kan?

Daftar Pengusaha Muda Sukses yang Ada di Indonesia

1. Yasa Singgih   Men’s Republic

Yasa Singgih - Pebisnis Muda
Foto: MediaIndonesia

Buat kamu yang sering up to date soal fashion, pasti sudah tak asing lagi dengan nama brand yang satu ini. Yup, Men’s Republic merupakan salah satu brand lokal yang kini namanya sudah mendunia.

Ialah Yasa Singgih, sosok di balik cerita sukses Men’s Republic hingga saat ini. Bermula dari kegelisahannya yang melihat beragam brand fashion memasang harga tinggi membuatnya ingin menciptakan brand-nya tersendiri dengan harga yang lebih terjangkau oleh pasar kelas menengah.

Sebelumnya, Yasa merupakan seorang anak muda yang berasal dari keluarga biasa-biasa saja. Di usianya yang menginjak 15 tahun, Yasa sudah mulai melangkahkan kakinya ke dalam dunia bisnis. Saat itu, kondisi keluargalah yang memaksanya harus bergerak lebih cepat dibandingkan teman sebayanya.

Dimulai dari usahanya menjadi MC atau pembawa acara dalam perayaan ulang tahun dan acara musik. Selanjutnya, di usia 16 tahun, Yasa mulai menjajaki dunia bisnis daring. Produk lampu hias pernah ia coba jual ke pasaran, namun tak berselang lama ia menghentikannya karena terdapat masalah pada supplier.

Kemudian, ia mulai beralih ke bisnis fashion dan mendirikan brand Men’s Republic yang bertahan sampai sekarang. Saat itu, Yasa hanya menjual produk sepatu kasual saja. Namun seiring berkembangnya usaha yang ia jalankan, produk yang dihasilkan oleh brand-nya mulai beragam. Ada sandal, tas ransel, tas selempang, atasan hingga celana.

Bisnis yang ditekuni sejak masa SMA ini pernah mengalami kebangkrutan. Namun, Yasa tak kenal menyerah. Ia terus berjuang membangun brand fashion­-nya hingga mencapai titik yang sekarang. Kesuksesannya membawa Yasa dapat meraup keuntungan ratusan juta tiap bulan. Produknya pun tak hanya dipasarkan di Indonesia, namun juga sudah diekspor ke 12 negara di dunia.

2. Dea Valencia Budiarto – Batik Kultur

Pengusaha Muda Sukses - Dea Valencia
Foto: IDNTimes

Daftar pebisnis muda selanjutnya datang dari seorang Kartini. Adalah Dea Valencia Budiarto, anak muda yang mempelopori terbentuknya brand Batik Kultur. Gadis yang lahir di Semarang pada tanggal 14 Februari 1994 ini sebelumnya memang sangat menyukai batik karena sejak kecil sudah dikenalkan oleh orang tuanya.

Bisnisnya berawal dari Dea yang membantu sang Ibu memasarkan koleksi batik lawasnya. Dari sana ia belajar tentang pemasaran sebuah produk. Selain itu, ia juga mulai memperhatikan minat pasar.

Karena ia menjual produknya di sosial media dan kebanyakan penggunanya adalah anak muda. Maka Dea pun mulai memodifikasi kain batik lawas yang ia miliki menjadi sebuah pakaian yang lebih modern dan dapat diterima oleh pasar millennials.

Tak disangka, bermula dari 1 kain yang iseng ia potong dan jahit menjadi sebuah pakaian. Dari sanalah kesuksesan Batik Kultur dimulai. Tak lupa, ia memanfaatkan sosial media sebagai senjata utama yang digunakan untuk memasarkan produknya.

Penjualan perbulan yang semula hanya mencapai puluhan buah, kini mencapai ratusan setiap bulannya. Selain itu, omzet yang bisa ia raih pun tak main-main hingga mencapai ratusan juta.

Yang tak kalah inspiratifnya dari Dea adalah ia juga mempekerjakan banyak orang-orang difabel. Setidaknya 50% karyawannya adalah orang dengan keterbatasan fisik. Namun meski demikian, produk yang dihasilkan mereka pun tetaplah berkualitas tinggi.

3. James Prananto – Kopi Kenangan

Pebisnis Muda - Kopi Kenangan
Foto: Liputan6

Para penikmat kopi pasti sudah tak asing lagi dengan brand Kopi Kenangan. Gerainya yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia membuat nama Kopi Kenangan terkenal.

Tentu saja pamornya yang melejit beberapa tahun belakangan tak lain dan tak bukan adalah berkat usaha dari James Prananto, selaku pebisnis muda yang mendirikan brand kopi satu ini.

Didirikan pada tahun 2017, James membangun brand kopinya bersama dua sahabatnya yang lain yakni, Edward Tirtanata dan Cynthia Chaerunnisa. Semula Kopi Kenangan hanya ada di Jakarta Selatan. Hingga pada akhir tahun 2019 kemarin, brand kopi kawakan James Cs ini berhasil membuka total ratusan cabang di beberapa kota besar di Indonesia.

4. Hendy Setiono – Kebab Baba Rafi

Hendy Setiono
Foto: Hock.id

Kebab Baba Rafi, pasti sudah seringkan mendengar namanya? Merek produk dagang kebab yang satu ini memang sudah terkenal sejak lama. Bahkan cabangnya bisa kamu temukan di mana saja.

Hendy Setiono merupakan sosok kuat di balik suksesnya Kebab Baba Rafi. Bermula dari usahanya menjual kebab di tahun 2007 bersama sang Istri, Hendy yang saat itu membuat gerobak kebabnya sendiri bermodalkan uang Rp 4 juta. Perlahan mulai mengembangkan bisnis yang tengah ia tekuni.

Selain itu, ia juga mulai membuka kemitraan dengan franchise yang dibandrol mulai dari harga Rp 75 jutaan. Kamu sudah bisa mendapatkan gerobak, bahan baku serta alat-alat dan perlengkapan dalam pembuatan kebab.

Dengan modal harga tersebut, Hendy meyakinkan orang-orang bahwa omzet yang bisa didapat mencapai Rp 800 ribu setiap harinya atau sekitar penjualan 40-an bungkus kebab.

Meski modal yang dipatok cukup tinggi, namun tentu ini tak mengherankan. Sebab merek dagang Kebab Baba Rafi tergolong sudah besar. Ia memiliki 1300 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri. Keren, ya?

Nah, itulah beberapa deretan pengusaha muda sukses yang ada di Indonesia. Kamu tentu bisa menjadi salah satunya jika diimbangi dengan tekat yang kuat serta keinginan yang terus mau belajar.

Beragam ide bisnis saat ini bisa kamu jadikan peluang untuk meraup keuntungan. Tinggal bagaimana kamu mengolah dan mengelolanya saja.

Kira-kira apa nih bisnis yang ingin kamu tekuni dan kembangkan ke depannya? Yang terpenting adalah jangan cepat merasa puas dengan sebuah pencapaian. Teruslah merasa ‘lapar’ dan lampaui batasan yang sudah kamu tentukan.

Yuk, mulai langkahkah kakimu dalam dunia bisnis sekarang juga! Jika kamu masih bingung mencari ide bisnis seperti apa yang potensial untuk ditekuni, pastikan untuk terus mengikuti InfoBiznis agar mendapatkan informasi terbaru tentang ide maupun tips bisnis yang kekinian.