,

Fungsi Website Sebagai Rahasia Sukses UMKM Go Online

by -13 views
Rahasia Sukses UMKM go online

Website menjadi sangat penting untuk pelaku UMKM atau siapapun yang ingin berjualan secara online. Ini menjadi salah satu rahasia sukses UMKM untuk dapat merambah pasar baru dengan platform digital.

Saat ini, banyak calon konsumen yang mengunjungi website untuk berbagai keperluan. Begitupun saat mereka ingin berbelanja online, untuk mencari informasi terkait produk tertentu mereka akan mencarinya melalui website.

Tapi tahukah anda, bahwa fungsi website tidak hanya sekedar itu. Dengan website anda dapat melakukan branding, menambah kepercayaan diri tim serta melakukan ekspansi pasar.

3 Fungsi Website Sebagai Rahasia Sukses UMKM di Ranah Online

Rahasia Sukses UMKM go online
Rahasia Sukses UMKM go online

1. Rahasia Sukses UMKM dengan Website: Menjadi Platform Untuk Branding

Salah satu fungsi utama website yang tidak boleh untuk dilupakan adalah untuk kegiatan branding. Dengan website orang akan mendapatkan kesan pertama terkait sebuah bisnis ataupun produk yang mereka inginkan.

Ketika calon pembeli mencari informasi terkait sebuah bisnis, tentu mereka akan mencarinya ke website. Di website tersebut mereka akan memperoleh kesan pertama, apakah mengagumkan atau biasa-biasa saja.

Itu mengapa sangat penting website untuk aktivitas branding. Anda dapat memperkenalkan usaha begitu juga dengan produknya melalui profile website, landing page dan halaman lainnya.

Selain itu dengan domain yang profesional dan mudah diingat, akan menambah kesan dan meningkatkan branding. Domain juga mampu meningkatkan kepercayaan serta kredibilitas usaha anda.

Jika membicarakan teknis pun, ternyata domain dapat mempengaruhi hasil pencarian dari Google.

2. Rahasia Sukses UMKM dengan Website: Sebagai Alat Untuk Ekspansi Pasar

Dengan website pelaku UMKM dapat menjangkau pasar yang sangat luas. Website membantu pelaku bisnis untuk menjual produk tanpa terbatas oleh wilayah.

Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization) yaitu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan potensi website ditemukan oleh mesin pencari. Praktek SEO memang cukup rumit dan dibutuhkan orang yang beRpengalaman terkait hal ini.

Tidak sedikit para pelaku UMKM dapat merambah pasar internasional hanya menggunakan teknik SEO.
Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan platform iklan berbayar dari Google. Hampir sama dengan teknik SEO, menggunakan iklan berbayar pun dapat menjangkau dan ekspansi pasar yang lebih luas lagi. Anda dapat menarget wilayah, gender, umur, kebiasaan calon konsumen dan masih banyak lagi.

Salah satu persyaratan untuk bisa menggunakan platform iklan berbayar di Google adalah memiliki website. Karena itu pastikan anda memiliki website yang powerfull dan mumpuni untuk dijadikan alat ekspansi pasar.

3. Rahasia Sukses UMKM dengan Website: Menambah Kepercayaan Diri Tim Internal

Membicarakan website dari sisi teknis memang begitu sangat banyak fungsi dan manfaatnya. Tetapi tidak hanya sampai di situ, ternyata ada juga manfaat dari sisi psikologis, yaitu meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri tim.

Dengan meningkatnya traffic website atau orang yang berkunjung, hal itu akan juga meningkatkan optimisme anda.

Meningkatkan motivasi dan kepercayaan di dalam internal tim sangatlah penting. Karena menurut sebuah survei, bahwa tim yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi cenderung memperoleh tingkat kesuksesan yang juga lebih tinggi.

Jika seseorang tidak mempunyai rasa percaya diri terhadap bisnis atau produk yang dimiliki, lalu bagaimana mereka bisa optimal untuk menjalankannya? Diketahui bahwa salah satu yang dapat meningkatkan kepercayaan diri adalah dari website.

Penutup

Fungsi-fungsi website yang telah kita sebutkan di atas menjadi rahasia sukses UMKM untuk bisa go online. Nah jika anda sedang ingin membangun atau telah memiliki bisnis, pastikan untuk memaksimalkan seluruh potensi website.

Setelah membaca pembahasan ini, silahkan baca juga artikel lain terkait Rahasia Sukses UMKM Menggunakan Platform Internet