,

Ghost Kitchen, “Hantu” Yang Keren Banget Buat Usaha Makanan Rumahan Online

by -22 views
Ilustrasi dapur rumah
Memulai usaha makanan rumahan online di dapur sendiri

Konsep ghost kitchen mulai dikenal sejak Gojek dan Grab membuka divisi pemesanan makanan, dan semakin populer belakangan ini. Ghost kitchen adalah konsep yang digunakan oleh restoran yang melayani delivery order saja. Kita tidak bisa makan di tempat di ghost kitchen atau ghost resto. Pas bukan, buat kamu yang ingin buka usaha makanan rumahan online?

Konsep ini ideal banget bagi kamu yang ingin memulai usaha dengan modal kecil. Kamu bisa pakai dapur yang sudah ada di rumah untuk memulai bisnis kuliner yang kamu mau.

Kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk sewa tempat, inventaris warung atau menggaji karyawan, karena semua bisa kamu lakukan sendiri di riumah.

 

Ghost kitchen untuk mulai usaha makanan rumahan online

Jangan remehkan potensi ghost kitchen ini ya. Adhitya Citra pemilik usaha ayam geprek di Bandung merek Dapur GG, memulai usaha dengan modal 1 juta rupiah dan kini omset dia mencapai lebih dari 200 juta rupiah dalam sebulan. Ia berjualan dari rumahnya yang berada di gang kecil, namun tidak menghalangi usaha makanan rumahan online dia berkembang pesat.

Tentu saja, menggunakan konsep ghost kitchen tetap memiliki tantangan. Tantangannya adalah menu menarik harus kamu ciptakan dan berdaya jual tinggi. Higienitas juga jangan sampai kamu abaikan.

Penjualan makanan bisa menggunakan pemesanan langsung lewat media sosial dan WhatsApp, dan menggunakan kurir yang kamu atur sendiri.

Kamu juga bisa bekerjasama dengan pihak seperti Gojek dan Grab. Tentu kamu harus mempertimbangkan kenyamanan driver ojol saat mengantri mengambil pesanan di rumahmu. Sediakan tempat duduk yang cukup, dan syukur-syukur penghilang rasa haus seperti es teh. Driver ojol akan mengingat selalu hal-hal kecil seperti ini dan membuat mereka semangat mengambil order di tempatmu.

Jual menu yang benar-benar kamu kuasai. Sebelum menjual ke pasar, kamu bisa melakukan testing ke orang-orang terdekat. Yakinkan bahwa porsi, rasa dan harga jual makananmu memenuhi keinginan pasar.

Jangan lupakan pencatatan keuangan yang rapi. Meskipun semua kamu lakukan di rumah, tidak berarti kamu bisa mengabaikan lalu lintas keuangan yang keluar masuk. Catat semua pengeluaran dan order yang masuk sehingga kamu bisa menganalisa pertumbuhan usaha makanan rumahan online kamu.

 

Konsep cloud kitchen

Foto gambaran cloud kitchen
Bermacam brand bisa bekerja di satu dapur yang sama

Hampir mirip dengan ghost kitchen adalah konsep cloud kitchen. Kedua jenis dapur ini sama-sama digunakan dalam konsep “restoran tanpa restoran”. Mereka hanya melayani pesanan dan layanan antar.

Cloud kitchen beroperasi seperti coworking space. Beberapa usaha yang berbeda bisa menyewa dan bekerja dalam satu ruang kerja berupa dapur.

Dengan menggunakan cloud kitchen, kamu tidak perlu bekerja di rumah. Kamu tidak perlu membeli peralatan dapur, dan beaya yang perlu kamu tanggung hanyalah bahan baku dan sewa dapur. Usaha makanan rumahan online kamu bisa lebih berkembang jika kamu sudah cukup memiliki modal untuk sewa dapur.

Kamu juga tidak perlu mempekerjakan karyawan untuk membersihkan restoran. Semua sudah masuk dalam layanan cloud kitchen.

Di Indonesia, Grab telah membuka cloud kitchen di Jakarta, Bandung, Bali dan Medan. Usaha kecil menengah yang berminat bisa bergabung dengan mereka untuk menekan biaya operasional.

Gojek pun tak mau kalah. Bekerja sama dengan Rebel Foods dari India, Gojek berencana akan membuka 100 cloud kitchen di seluruh Indonesia dalam 18 bulan.

 

Waralaba ghost kitchen

Untuk mempermudah kamu memulai usaha makanan rumahan online, kamu bisa menggunakan waralaba khusus ghost kitchen. Berbeda dengan waralaba kuliner lainnya, waralaba yang satu ini tidak mensyaratkan tempat usaha khusus.

Kamu bisa bekerja di dapur di rumah, dengan resep makanan dan minuman kekinian yang disediakan oleh pewaralaba, dan tidak perlu pusing memikirkan bahan baku. Semua bahan baku akan disupply oleh pewaralaba ghost kitchen.

Pewaralaba ghost kitchen seperti TOP KITCHEN juga akan mengajarimu cara meningkatkan omset dari mula, hingga membantumu untuk aktivasi di GoFood atau GrabFood. Dengan demikian, kamu benar-benar bisa berfokus hanya pada produksi makanan.

 

Berbisnis jaman sekarang semakin mudah. Seperti bisnis kuliner dengan konsep ghost kitchen-nya. Tidak perlu putus asa jika kamu tidak punya modal berlebih. Dengan ghost kitchen, kamu bisa mulai usaha makanan rumahan online. Dan jangan lupa, selalu menyimak Infobiznis untuk mendapatkan informasi bisnis terbaru dan terpercaya.