, ,

Hindari 4 Kesalahan Bisnis Laundry yang Bikin Rugi

by -5 views
Kesalahan bisnis
Kesalahan bisnis

Bisnis yang dilakukan di rumah seperti laundry kiloan memang menjanjikan. Tapi ada kesalahan bisnis yang sebaiknya dihindari. Tentu saja ide usaha ibu rumah tangga termasuk bisnis yang minim risiko. Namun, jika tak hati-hati usaha kecil kecilan ibu rumah tangga ini bisa membawa kerugian.

Nah, sederet kesalahan bisnis ini ternyata sering dilakukan oleh para pengusaha pemula. Ingat bahwa bisnis memang sangat berisiko gagal apapun bentuknya. Maka sebaiknya jangan lakukan kesalahan berikut ini ya!

"<yoastmark

1.Kesalahan Bisnis Membuat Pelanggan Kecewa

 Jika berbisnis dalam bidang jasa, kepuasan pelanggan menjadi yang utama. Jangan sampai melakukan kesalahan bisnis yang akhirnya membuat pelanggan kecewa. Ketika sudah mengalami kekecewaan, pelanggan pastinya tidak akan memakai jasamu lagi.

Tak sampai situ saja, pelanggan juga bisa memberikan testimoni buruk kepada orang di sekitarnya. Hal ini akan membuat orang jadi malas datang untuk memakai jasamu. Beberapa hal yang bisa membuat orang kecewa antara lain tidak tepat waktu.

"<yoastmark

2.Kesalahan Bisnis dalam Mematok Harga

Salah satu hal penting dalam berbisnis adalah menentukan harga. Bisanya harga laundry berdasarkan berat cucian atau jenis pakaian. Sebagai pengusaha, kamu jangan sembarangan dalam menentukan harga yang jadi kesalahan bisnis. Hal ini akan membuat kamu tidak bisa menentukan kualitas.

Misalnya saja kamu akhirnya mematok harga sangat murah dengan tujuan supaya banyak orang yang datang untuk memakai jasa laundry. Pastinya kamu akan mendapatkan banyak pelanggan ketika menerapkan strategi ini. Tapi ternyata keuntungan jadi sangat sedikit.

Hal ini jadi berdampak pada kualitas yang asal-asalan. Pastinya orang jadi malas untuk jadi pelanggan karena murah membuat kualitas jadi sangat buruk. Harga yang murah boleh saja kamu berikan. Tapi tetap harus dijaga kualitasnya. Itu yang utama.

Jika mau mematok harga murah kamu bisa mengganti deterjen atau pewangi yang lebih murah tapi tetap berkualitas. Durasi pengerjaan juga bisa lebih panjang supaya biaya tenaga kerja tidak terlalu tinggi.

"<yoastmark

3.Tidak Punya Target Market

Salah satu prinsip bisnis yang mendasar adalah bisnis yang dijalankan harus memenuhi kebutuhan masyarakat. Jadi jangan sampai kamu membuka laundry di rumah tapi ternyata tidak ada target pelanggan. Bisnis laundry kiloan sangat cocok bila di sekitarnya adalah pemukiman padat penduduk.

Tak hanya itu, bisnis laundry juga berpotensi laku jika berada dekat kampus atau perkantoran. Kesalahan bisnis ini menjadi yang paling umum dilakukan. Jangan merasa bahwa semua bisnis laundry kiloan pasti menguntungkan. Tentu saja lokasi juga sangat menentukan kesuksesannya.

Maka dari itu penting untuk melakukan riset pasat terlebih dulu. Pastikan bahwa lokasi yang kamu pilih mudah diakses. Selain itu jangan lupa buat materi pemasaran yang disesuaikan dengan target market. Bila targetnya keluarga muda, kamu bisa membuat flyer yang dibagikan ke rumah rumah.

"<yoastmark

4.Tidak Punya Rancangan Biaya

Saat membuka bisnis laundry pastinya kamu akan membeli sederet perlengkapan laundry. Sayangnya banyak orang yang melakukan kesalahan bisnis dengan tidak membuat rancangan. Pembelian berbagai perlengkapan laundry tidak diperhitungkan dengan baik.

Padahal sebelum membelinya, kamu sebaiknya memikirkan banyak hal. Misalnya saja kamu mau mematok harga murah tentu kamu sebaiknya membeli perlengkapan laundry yang terjangkau. Coba untuk lakukan survei mengenai perlengkapan laundry yang cocok dengan usahamu.

Selain itu, perhatikan pula barang-barang yang harus selalu dibeli seperti deterjen dan parfum pakaian. Apakah cocok dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan? Sebab barang tersebut harus rutin dibeli supaya usaha tetap berjalan. Jadi jangan sampai salah perhitungan ya.

"<yoastmark

5.Tidak Punya Sumber Daya Manusia Berkualitas

Jangan berpikir bahwa bisnis laundry tidak membutuhkan layanan yang baik. Maka, kamu harus tetap mencari karyawan yang berkualitas. Jangan lupa untuk memberikannya standar operasional pelayanan supaya layanan yang diberikan juga prima.

Banyak kesalahan bisnis yang dimulai karena pelanggan yang tidak puas dengan pelayanan manusia. Pelayanan yang tidak ramah menjadi salah satu yang paling sering terjadi. Jadi, jangan menyepelekan hal ini ya.

Itu dia sederet hal yang sebaiknya kamu hindari jika ingin sukses dalam bisnis laundry. Sekali lagi usaha kecil menjanjikan ini memang mudah dilakukan tapi harus tetap diperhatikan detailnya. Jangan sampai bukan malah membawa keuntungan tapi kerugian. Jika kamu ingin mencicipi bisnis ini, selamat mencoba dan semoga berhasil ya!