,

4 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Seputar Tren Food Prep

by -8 views
contoh food prep ide bisnis ibu rumah tangga
Contoh food prep yang bisa dijadikan bisnis ibu rumah tangga

Satu tren yang semakin hari semakin banyak diminati di Indonesia, baik oleh ibu rumah tangga maupun anak muda yang tinggal di kost, adalah food prep. Jika Anda ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan tambahan, kenali lebih jauh tentang ide bisnis ibu rumah tangga seputar food prep ini.

Food prep, singkatan dari food preparation, adalah teknik menyiapkan makanan untuk satu periode waktu, misalnya seminggu, dua minggu atau sebulan. Bahan makanan disiapkan terlebih dulu bersama bumbu. Menjelang waktu makan tiba, kita hanya butuh sedikit waktu untuk menghangatkan atau memasaknya.

Para penggemar metode food prep mengaku menghemat banyak dengan menjalankan food prep. Makan di luar jadi lebih jarang. Pengeluaran jadi lebih terkontrol.

Tentu saja, food prep juga menjanjikan makanan yang lebih sehat bagi kita. Karena kita sendiri yang menyiapkannya, kita jadi tahu bahan apa saja yang ada di dalam makanan yang kita santap. Kebersihan juga terjamin ketimbang kita makan di warung.

Food prep bisa menjadi ide bisnis ibu rumah tangga seperti Anda. Bisa Anda kerjakan dari rumah sembari Anda menyiapkan makanan untuk keperluan pribadi.

Apa saja usaha yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan tren food prep di Indonesia?

 

Tomat dalam kotak plastik
Jual sayuran segar pada penggemar food prep

4 ide bisnis ibu rumah tangga seputar food prep

 

1. Menjual bahan makanan

Anda bisa membuka toko online dengan layanan deliver. Jual bahan makanan yang dibutuhkan untuk food prep, seperti sayuran, daging, tempe, tahu dan semua bahan makanan segar. Buat satu paket berisi bahan makanan yang dibutuhkan untuk sekali makan, misalnya: paket sayur asem + tempe.

Anda harus kreatif membuat menu. Variasi menu paling tidak cukup untuk 1 minggu. Tentu saja, Anda juga bisa menjual paket berdasar pesanan. Jika pelanggan menginginkan paket terong balado, misalnya, Anda harus siap.

Paket sayuran seperti ini akan banyak peminatnya dari kalangan pegawai kantoran yang sibuk dan tidak sempat berbelanja. Atau, bisa juga menyasar ibu rumah tangga yang enggan atau tidak punya waktu pergi ke pasar.

 

2. Menjual bumbu instan

Selain bahan makanan segar, Anda juga bisa berkreasi menciptakan bumbu instan atau bumbu jadi. Ingat, banyak penggemar food prep berasal dari kalangan yang tidak mau repot. Bumbu yang siap digunakan bisa jadi ide bisnis ibu rumah tangga seperti Anda.

Jika lapak Anda menjual bumbu nasi goreng terasi, mereka akan senang karena tidak perlu ribet menyiapkan dan mengulek bumbu.

Bumbu rendang, sop sederhana, sayur asem, sambal pecel, adalah sedikit contoh saja. Manfaatkan kekayaan resep nusantara, dan buat bumbu spesial.

Perhatikan kemasan bumbu agar bertahan untuk beberapa hari. Cantumkan kandungan bumbu di kemasan, agar mereka yang punya alergi bisa yakin terhadap keamanan bumbu produksi Anda. Cantumkan pula cara masak dan tanggal kadaluwarsa.

 

3. Menjual tempat makanan berkualitas

Tidak semua tempat atau kotak bagus untuk menyimpan makanan, terlebih jika dibuat dari plastik. Tempat makan yang bagus untuk menyimpan makanan harus memenuhi standar food grade dan BPA Free. Tempat makan dianggap food grade jika tidak memindahkan zat-zat berbahaya ke makanan yang akan dikonsumsi. Sedangkan arti dari BPA Free adalah bebas dari zat kimia sintesis BPA (bisphenola). BPA dinyatakan mengandung racun dan bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit seperti kanker.

Dalam menyiapkan food prep, tempat makanan berkualitas wajib dibutuhkan. Anda bisa menjual berbagai tempat makanan food grade dan BPA Free. Lakukan dropshipping, atau bisa juga menjadi reseller dari distributor tempat makan.

 

4. Menjadi blogger dengan niche food prep

Ide bisnis ibu rumah tangga selanjutnya seputar food prep bakalan pas bagi Anda yang gemar menulis. Niche seputar food prep sangat menarik. Anda bisa membuat blog seputar topik ini. Muat artikel-artikel yang berhubungan dengan food prep, tips cara menyiapkan makanan yang benar, menu 7 hari yang bisa digunakan dalam food prep.

Setelah blog Anda mendapat traffic cukup tinggi, Anda bisa memonetisasi blog. Sediakan tempat di blog Anda untuk iklan atau advertising, misalnya. Anda juga bisa bekerja sama dengan produsen alat rumah tangga. Tawarkan jasa review alat rumah tangga untuk dimuat di blog Anda, tentunya dengan menerapkan beaya.

 

Ide bisnis ibu rumah tangga seputar food prep tidak terbatas pada empat ide di atas. Kerahkan daya kreasi Anda untuk mencari ide-ide lain. Dan selalu pantau Infobiznis untuk informasi seputar bisnis baik untuk ibu rumah tangga, mahasiswa dan pengusaha muda pada umumnya.