Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

by -9 views
Ide bisnis untuk mahasiswa

Semua hal besar dimulai dari sesuatu yang kecil, termasuk kesuksesan. Semua orang sukses yang kini berada di podium tertinggi dalam kehidupan, dulunya pasti pernah mengalami kegagalan dan memulai langkahnya dari nol.

Founder Facebook, Mark Zuckerberg, pernah berkata, “Peraturan paling sederhana dalam sebuah bisnis adalah jika kamu menyelesaikan hal yang paling mudah terlebih dahulu maka kamu bisa membuahkan hasil yang lebih banyak.”

Kalimat tersebut, tentu layak dijadikan tamparan bagi orang-orang yang masih ragu untuk memulai bisnis secara mandiri. Termasuk bagi para anak muda atau mahasiswa yang takut untuk melangkahkan kakinya ke dalam dunia bisnis.

Menjadi seorang pengusaha muda, memang bukanlah hal yang mudah. Namun, tak semua pengusaha harus membutuhkan modal yang besar untuk mewujudkan bisnis atau usaha impiannya. Kamu pun bisa memulai bisnis atau usahamu sendiri dengan modal kecil. Setidaknya ada beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba. Apa saja itu?

Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

1. Bisnis toko online

Tips bisnis untuk mahasiswa
Foto: Pexels

Ide bisnis untuk mahasiswa yang pertama adalah toko online. Tak sedikit orang yang sukses bermula dari membuka jenis bisnis yang satu ini.

Ada banyak produk maupun jasa yang bisa kamu jual lewat media daring. Kamu hanya perlu mengasah kreativitas serta memberikan inovasi-inovasi terbaru dan berbeda dari yang lain. Selain itu, dengan ketekunan dan disiplin yang tinggi, bisa dipastikan usahamu akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Bisnis toko daring atau online shop ini sangat cocok bagi generasi millenials yang melek terhadap teknologi terutama sosial media. Mudahnya pemasaran yang dapat dilakukan lewat media online juga membuat bisnis yang satu ini sangat menjanjikan karena dapat diakses oleh banyak orang dari berbagai penjuru daerah.

Kamu bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropshipper. Tak butuh modal banyak, kamu bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

2. Bisnis roti dan kue

bisnis mahasiswa
Foto: Pexels

Siapa yang tak suka dengan produk panganan satu ini? Roti dan kue menjadi salah satu cemilan ataupun makanan pokok favorit bagi banyak orang. Varian rasanya yang beragam serta bentuknya yang menggoda membuat semua orang yang melihat pasti tergiur untuk mencicipinya.

Pangsa pasar bisnis roti dan kue masih tergolong cukup luas di Indonesia. Tak heran banyak orang memutuskan terjun dan memulai bisnisnya pada lini ini. Buat kamu mahasiswa yang ingin berbisnis, roti dan kue bisa dijadikan salah satu opsi.

Modal yang dibutuhkan untuk berbisnis jualan roti dan kue sendiri pun tidak banyak. Terlebih jika kamu sudah memiliki perlengkapan untuk membuat kue di rumah.

Masalah resep, kamu bisa melihatnya di internet atau mencari tutorial di Youtube. Kamu hanya perlu berinovasi dan mengembangkan resep-resep yang sudah ada untuk menghasilkan produk yang berbeda namun tetap menarik.

3. Bisnis ikan hias

Tips bisnis untuk mahasiswa
Foto: Pexels

Ada seorang pebisnis muda dari Indonesia yang sukses meraup pundi-pundi penghasilan dari berjualan ikan hias. Adalah Nicholas Kurniawan, seorang pengusaha muda yang telah sukses menjalankan bisnis ikan hiasnya.

Bermula dari iseng-iseng menjual ikan hias di salah satu forum ternama di Indonesia, Nicholas kini bahkan sudah memiliki brand-nya tersendiri yang bernama Venus Aquatics. Lewat hobinya ini, ia bisa meraup ratusan juta rupiah tiap bulannya.

Budidaya ikan hias bisa dikatakan sebagai salah satu ide bisnis mahasiswa yang sangat menguntungkan. Perawatannya yang tak sulit serta bisa dilakukan dengan modal kecil membuat bisnis ini layak untuk dijadikan pertimbangan.

Kamu bisa memulainya dari ikan-ikan hias kecil yang tak membutuhkan perawatan intensif seperti ikan cupang, ikan koi, halfmoon, guppy maupun discus. Meski kecil, beberapa jenis ikan tersebut memiliki harga jual yang cukup tinggi di pasaran.

Terlebih ada turnamen atau perlombaan yang dikhususkan untuk beberapa jenis ikan. Motif serta kualitas warna yang bagus juga menjadi salah satu faktor nilai jual yang tinggi.

4. Bisnis makanan online kekinian

Foto: Pexels

Ada banyak sekali resep-resep unik yang bisa kamu temukan di internet. Bermodalkan bahan-bahan makanan yang bisa kita temui di minimarket, kamu bisa menciptakan produk makanan baru yang lezat dan laris di pasaran.

Sebut saja puding yang terbuat dari Oreo, pancake Milo, salad buah dan sayur kekinian dan masih banyak lagi ide bisnis kuliner zaman now yang cocok dijadikan opsi untuk memulai bisnis. Kamu juga bisa berinovasi lebih dari menu-menu makanan tradisional yang sudah ada.

Misalnya dengan membuat baso yang berisi coklat, keju atau varian rasa yang lain dan jarang ada. Siapa tahu resepmu yang mungkin terlihat aneh bagi kebanyakan orang, justru menjadi daya tarik tersendiri untuk bisnis kulinermu.

Karena bisa memanfaatkan bahan makanan murah meriah yang ada di sekitar kita. Tentu modal untuk berbisnis kuliner kekinian ini juga tidaklah banyak. Kamu pun bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari hasil penjualan. Ditambah dengan adanya sosial medai, kamu bisa dengan muadh memasarkan produk kulinermu ke kalangan netizen. Menumu yang aneh dan unik bisa saja menjadi viral dan mengundang banyak orang untuk mencicipinya!

Nah, itulah tadi beberapa ide bisnis bermodal kecil yang bisa kamu coba dari sekarang. Dengan pangsa pasar yang besar, kamu bisa memaksimalkan keuntungan yang didapat asalkan kamu mau berinovasi serta beradaptasi dengan kemajuan zaman.

Cara Menjadi Pengusaha Sejak Mahasiswa

Anak muda tentu harus mengerti cara memanfaatkan internet untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan. Tak perlu khawatir soal risiko kegagalan, yang namanya baru pertama kali mencoba pasti akan menemukan beragam kesulitan.

Namun, jika kamu disiplin dan tekun dalam menjalaninya, usaha apapun akan membuahkan hasil yang memuaskan. Yang terpenting adalah jangan mudah menyerah dan pintar-pintar melihat kesempatan yang ada.

Demikianlah artikel mengenai “Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil”. Tertarik untuk memulai bisnismu sendiri? Yuk, segera tentukan ide bisnis apa yang ingin kamu gunakan.

Jangan lupa untuk terus mengikuti blog InfoBiznis agar kamu bisa mendapatkan lebih banyak gambaran mengenai bisnis yang potensial untuk dijalankan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berproses!