,

5 Tahapan untuk Menentukan Ide dan Peluang Usaha

by -6 views
Menentukan Ide dan Peluang Usaha
Menentukan Ide dan Peluang Usaha

Untuk menemukan ide dan peluang usaha tentu tidak semudah yang dibayangkan. Kadang memang ide tersebut datang begitu saja tanpa ada perencanaan, akan tetapi tidak jarang orang yang sudah berpikir keras namun belum menemukan peluang usaha yang tepat. Karena itu Anda perlu mengetahui tahapan-tahapan apa saja yang diperlukan ketika ingin mencari ide usaha.

Nah jika Anda adalah orang yang baru ingin membuka usaha tertentu, ada baiknya terlebih dahulu membaca pembahasan ini hingga selesai, karena kita akan membahas hal-hal apa saja yang perlu diketahui bagi pebisnis pemula. Berikut ulasannya untuk Anda:

Mengetahui Kemampuan yang Dimiliki

Menentukan Ide dan Peluang Usaha
Menentukan Ide dan Peluang Usaha

Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah, Anda harus mencari tahu kemampuan apa yang dimiliki. Kemampuan tersebut bisa berupa minat ataupun fashion di bidang tertentu. Jika Anda sangat menyukai kuliner dan mengetahui cara pembuatannya, barangkali ini bisa menjadi ide dan peluang usaha.

Jika belum tahu sama sekali kemampuan yang ada dalam diri Anda, cobalah untuk melihat dunia disekitar dan terus mengeksplor sedalam-dalamnya terkait diri Anda sendiri. Setiap orang rasanya pasti memiliki kelebihan tersendiri, hanya saja itu masih tersembunyi dan perlu waktu untuk mengetahuinya.

Mencari Hal yang Sedang Trend

Usaha untuk Mahasiswa
Menentukan Ide dan Peluang Usaha

Berbisnis bukan hanya tentang fashion ataupun minat di bidang tertentu, Anda pun harus mengetahui waktu yang tepat ataupun hal yang sedang trending. Jika hanya merenung di rumah tidak melakukan apa-apa, tentu akan sulit bagi Anda untuk menemukan ide dan peluang usaha yang tepat.

Cobalah keluar dari zona nyaman, berjalan keluar rumah dan melihat lingkungan sekitar. Perhatikan apa yang sedang menjadi tren karena hal itu bisa jadi adalah peluang usaha yang tepat untuk.

Melakukan Penelitian dan Riset

Pengusaha Muda - Riset Bisnis
Menentukan Ide dan Peluang Usaha

Setelah Anda mengetahui apa yang sedang ngetrend, sekarang Anda perlu melakukan riset dan penelitian terhadap tren tersebut. Dengan begitu Anda dapat mengetahui apakah trend sedang berlangsung bisa dijadikan peluang bisnis atau atau tidak.

Lakukanlah penelitian terhadap pasar atau target konsumen. Dengan adanya penelitian Anda bisa mencari tahu peluang usaha apa saja yang bisa dibuka terkait trend yang sedang berlangsung tersebut.

Terlebih jika Anda memang menggelontorkan biaya yang lumayan besar untuk membuka usaha tertentu, maka wajib bagi Anda melakukan riset untuk menghindari kerugian. Tentu Anda tidak ingin modal dan biaya yang besar tersebut hangus sia-sia karena tidak ada perhitungan yang cermat.

Memberikan Nilai Tambah Terhadap Produk yang Dijual

money-1425580_960_720
Menentukan Ide dan Peluang Usaha

Jika Anda telah menemukan ide dan peluang usaha yang tepat maka saatnya memulai inovasi. Inovasi Inilah yang disebut dengan nilai tambah terhadap produk yang Anda jual. Misalnya Anda menjual makanan khas Indonesia, Anda dapat melakukan inovasi dengan memberikan sentuhan modern terhadap masakan tersebut.

Nilai tambah akan menjadi daya tarik tersendiri untuk bisnis Anda. Jangan ragu untuk memodifikasi dan mencoba hal-hal baru yang belum dilakukan orang banyak.

Membuat Jasa atau Produk Baru

Monitoring
Menentukan Ide Bisnis

Hal yang baru biasanya akan menjadi perhatian banyak orang. Karena itu dalam berbisnis pun Anda perlu mencari ide untuk membuat jenis produk ataupun jasa yang belum ada di pasaran atau belum terlalu banyak dikerjakan oleh orang.

Kita bisa melihat atau berkaca terhadap perusahaan Go-jek. Go-jek adalah hasil ide dari pemikiran yang cemerlang. Dahulu orang berpikir bagaimana cara bisa melakukan pemesanan mobilisasi atau ojek secara online.

Ide tersebut rasanya belum banyak dipikirkan oleh orangpada saat itu, sehingga ketika Go-jek itu hadir langsung menjadi begitu booming dan diterima oleh masyarakat.

Akan tetapi untuk melakukan ini tidaklah mudah, Anda memerlukan sumber daya yang cukup besar untuk melakukan eksperimen dan inovasi terhadap ide tersebut. Selain itu biaya yang cukup mahal juga harus Anda keluarkan ketika melakukan uji coba dan melihat reaksi pasar terhadap produk yang Anda tawarkan.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang tahapan-tahapan dalam mencari ide dan peluang usaha yang bisa Anda lakukan. Yang terpenting Anda harus selalu berdoa dan bekerja keras agar diberikan ide untuk membuat bisnis yang menguntungkan. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Peluang Bisnis Homestay Menguntungkan? Ini Tips Suksesnya