Usaha Kecil Yang Menjanjikan Bagi Ibu Rumah Tangga

by -51 views
Usaha Kecil Dari Rumah Tapi Menjanjikan

Zaman sekarang, ditunjang dengan teknologi maju, usaha kecil yang menjanjikan bisa dilakukan oleh siapa saja dan dari mana saja. Termasuk oleh ibu rumah tangga yang bisa menjalankan bisnis rumahan tanpa meninggalkan rumah.

Menjadi ibu rumah tangga adalah satu kebanggaan tersendiri. Bagaimana tidak, pekerjaan ibu rumah tangga ini menyiratkan segudang tanggung jawab dan tugas keseharian yang tidak mudah. Mulai dari mengasuh anak (apalagi jika masih memiliki anak usia bayi), menyiapkan makanan bagi suami dan anggota keluarga lainnya, juga mengatur keuangan rumah tangga agar tidak besar pasak daripada tiang.

Tak jarang, ibu rumah tangga harus berpikir keras demi mencukupkan anggaran. Karena itu, banyak ibu rumah tangga yang memutuskan mulai berbisnis dari rumah. Ya, memulai usaha kecil-kecilan bagi ibu rumah tangga itu sangat mungkin, apalagi di zaman teknologi canggih seperti sekarang.

 

5 ide usaha kecil yang menjanjikan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga

 

1. Bisnis kuliner

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak, jangan ragu untuk memulai bisnis kuliner. Beragam produk makanan bisa Anda tawarkan, mulai dari makanan ringan, kue kering, kue basah, hingga paket nasi kotak. Anda bisa memasarkan hasil kreasi Anda melalui media social seperti Instagram. Mengawali bisnis kuliner tidak selalu perlu tempat khusus seperti warung atau restoran. Tawarkan jasa delivery atau pengiriman melalui ojek online, atau, siapa tahu sang suami bersedia menjadi tukang antarnya!

2. Bisnis minuman sehat tradisional

Usaha kecil yang menjanjikan lainnya adalah minuman sehat tradisional. Hari-hari belakangan ini, banyak orang melirik minuman sehat tradisional. Contohnya: jamu mpon-mpon. Orang banyak mencari karena terbukti bisa menyembuhkan, menyehatkan dan memperkuat daya tahan tubuh. Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan membuat jamu dalam kemasan botol. Pasarkan ke teman-teman terdekat atau lewat media social dan marketplace seperti Tokopedia. Seperti bisnis kuliner di atas, Anda tidak perlu menyediakan tempat khusus. Manfaatkan layanan delivery lewat ojek online. Lewat marketplace, Anda bisa membuat sistem PO (Pre-Order) sehingga Anda memproduksi minuman saat ada yang memesannya.

3. Bisnis pakaian dan aksesoris

Berjualan pakaian dan aksesoris dari rumah, zaman sekarang mudah lho! Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper sehingga tidak perlu stok barang. Manfaatkan jaringan pertemanan dan juga media sosial untuk memasarkan produk Anda. Buka toko di marketplace seperti Tokopedia, juga bisa! Yang Anda perlukan hanyalah kejelian melihat trend, seperti jelang Ramadhan dan Lebaran, Anda bisa tawarkan baju-baju muslim yang pasti takkan pernah kehabisan pembeli. Yakinlah, usaha kecil yang menjanjikan ini akan membuat Anda semangat demi bertambahnya saldo rekening tabungan Anda.

4. Bisnis kerajinan tangan

Anda hobi menjahit atau membuat kerajinan tangan? Ubah hobi Anda menjadi sumber penghasilan tambahan. Hasil karya Anda bisa ditawarkan sebagai souvenir pernikahan, kado spesial di momen-momen istimewa, dan bisa Anda tawarkan juga pada perusahaan jika Anda mampu memproduksinya dalam jumlah besar. Dompet kain mungil, tas kantong dengan sentuhan logo atau desain pribadi, pasti akan banyak disuka.

5. Bisnis bumbu dapur siap pakai

Meskipun sudah banyak merek bumbu dapur yang beredar di pasaran, tetap ada peluang bagi Anda. Siapa tahu Anda punya resep sambal spesial dari nenek. Anda bisa mencoba produksi dan pasarkan. Tidak terbatas pada sambal, Anda juga bisa menyiapkan satu set bumbu dapur siap pakai. Misalnya bumbu untuk masak sayur lodeh, bumbu untuk masak sayur asem, bumbu untuk masak sayur sop, atau bumbu untuk masak capcay. Anak muda yang tinggal di kost, dengan senang hati akan membeli bumbu siap pakai seperti ini. Praktis. Mereka tidak perlu mencari resep dan menyediakan waktu khusus untuk belanja.

 

Usaha kecil yang menjanjikan yang bisa dijalankan dari rumah tidak hanya terbatas pada lima ide bisnis di atas. Anda bisa memanfaatkan peluang dari kehidupan sehari-hari.

Apa yang kira-kira banyak dibutuhkan orang setiap hari? Selanjutnya, apakah Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut?

Apabila kedua jawaban pertanyaan itu adalah “ya”, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis dari rumah.

Dan jangan lupa, selalu pantau Infobiznis untuk mendapatkan informasi berguna bagi bisnis Anda.

Credit image: Education photo created by master1305 – www.freepik.com