Ingin Berbisnis? Coba 7 Ide Usaha Kecil-Kecilan Untuk Pemula ini

by -7 views
Punya Rencana Berbisnis? Coba 7 Ide Usaha Kecil-Kecilan Untuk Pemula Berikut
5 Contoh Usaha Kecil Menengah yang Menguntungkan

Kebanyakan orang menganggap jika berbisnis hanya dapat dilakukan oleh mereka yang berpengalaman dan memiliki modal besar. Padahal anda sendiri pun dapat memulai usaha kecil-kecilan untuk pemula yang mudah dikerjakan.

Salah satu keuntungan memulai usaha dengan skala kecil adalah modal awal yang tidak terlalu besar. Lalu apa saja rekomendasi usaha yang bisa menjadi inspirasi? Berikut pembahasannya untuk anda.

7 Rekomendasi Usaha Kecil-Kecilan Untuk Pemula

Punya Rencana Berbisnis? Coba 7 Ide Usaha Kecil-Kecilan Untuk Pemula Berikut

1. Bisnis Makanan Ringan

Memulai usaha memproduksi makanan ringan relatif lebih mudah serta modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Hampir semua orang bisa memulai usaha ini dan memperoleh keuntungan setiap harinya.

Ada 2 cara untuk dapat menjual makanan ringan. Pertama adalah memproduksi sendiri makanan ringan dari bahan-bahan yang mudah ditemukan. Pilihan kedua adalah mengambil dari produsen dengan quantity grosir kemudian menjualnya dengan bentuk kemasan yang menarik.

2. Usaha Kecil-Kecilan Untuk Pemula Bisnis Pakaian

Pakaian menjadi salah satu kebutuhan primer setiap orang. Karena itu berbisnis di bidang pakaian sangat menguntungkan dan memiliki prospek cerah.

Jika anda memiliki kreativitas untuk membranding suatu produk, ini bisa menjadi modal yang sangat dibutuhkan. Pasalnya anda dapat membeli produk dengan harga rendah tetapi dengan branding yang ciamik anda dapat menjual produk tersebut dengan harga lebih tinggi.

Lebih-lebih jika memiliki keterampilan menjahit, maka anda dapat mendesain dan membuat pakaian sendiri. Tetapi setiap orang pun bisa membeli pakaian secara grosir dari produsen tertentu kemudian menjualnya kembali.

3. Bisnis Fotocopy

Membuka usaha fotokopi di sekitar kampus, sekolah atau perkantoran sangat menguntungkan dan menjanjikan prospek yang cerah. Walaupun memang untuk memulai usaha fotocopy ini dibutuhkan lebih besar modal.

Anda dapat mensiasati modal awal agar lebih murah dengan cara membeli mesin fotocopy bekas.

4. Usaha Kecil-Kecilan Untuk Pemula Bisnis Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi juga menjadi kebutuhan banyak orang. Jika kita bandingkan dengan orang dewasa, kebutuhan akan perlengkapan bayi ini lebih banyak.

Tentu hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan untuk anda dengan membuat atau menyediakan perlengkapan bayi.

Ini memang dibutuhkan modal yang relatif besar serta keterampilan memilih berbagai produk yang dibutuhkan.

5. Bisnis Reseller dan Dropshipper

Memulai usaha dengan menjadi reseller atau dropship hampir sama sekali tidak membutuhkan modal. Secara umum reseller dapat diartikan menjual produk dengan lebih dahulu memiliki stok. Namun berbeda dengan dropship dimana tidak perlu memiliki stok produk, anda hanya perlu promosikan dan menjualnya.

Jika anda benar-benar terkendala dengan modal awal, cobalah terlebih dahulu untuk menjadi dropship dengan bergabung di berbagai produsen yang membuka kerjasama dropshipper.

6. Bisnis Franchise

Franchise atau yang biasa disebut dengan bisnis waralaba merupakan bisnis yang dapat dikerjakan dengan skala kecil. Berbagai jenis usaha waralaba dapat dikerjakan sesuai dengan minat anda, misalnya ayam geprek, thai tea, atau jika memiliki modal besar anda juga dapat membeli franchise minimarket.

7. Usaha Kecil-Kecilan Menjual Pulsa

Memiliki smartphone tentu bisa dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan dengan cara menjual pulsa. Usaha di bidang penjualan pulsa ini relatif memiliki risiko rendah.

Begitupun dengan keuntungan yang diperoleh, margin yang bisa anda ambil juga relatif kecil. Karena itu anda perlu melakukan pembukuan bisnis serta mencari konsumen yang lebih luas.

Penutup

Di atas kita telah membahas terkait beberapa rekomendasi usaha kecil-kecilan untuk pemula yang bisa anda coba. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkaitPeluang Usaha Grosir Menguntungkan Meski Dengan Margin Kecil