Ini 3 Contoh Pemasaran Produk Secara Modern dan Terbukti Ampuh

by -25 views
Strategi Pemasaran - Media Sosial

Dunia bisnis sekarang terus berkembang dan semakin kompleks, setiap orang harus memikirkan bagaimana cara untuk melakukan strategi marketing atau pemasaran produk. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan, salah satunya ialah dengan strategi pemasaran modern. 

Berbeda dengan strategi pemasaran psikologi ataupun cara biasa lainnya, menggunakan strategi modern mengharuskan kita update terhadap perkembangan zaman. Nah pada kesempatan ini kita akan membahas strategi tersebut dan menerapkannya di dalam bisnis.

3 Contoh Pemasaran Produk Secara Modern

Pemasaran dengan strategi ini tentunya sangat mengutamakan kemajuan teknologi modern. Akan tetapi cara ini sangat ampuh dan bisa dijadikan sebagai data analisis untuk perkembangan bisnis anda. Berikut ini adalah beberapa contoh pemasaran secara modern: 

1. Strategi Promosi dengan Aplikasi Mobile

Strategi Pemasaran - Media Sosial
Strategi Pemasaran – Media Sosial

Strategi pertama yang kami sarankan adalah menggunakan sistem aplikasi mobile. Seperti yang kita ketahui perkembangan smartphone terus meningkat, karena itu anda perlu mengambil peluang ini untuk dijadikan sebagai strategi pemasaran. 

Strategi ini tentunya mengharuskan Anda membangun sebuah aplikasi yang bisa didownload secara free untuk Android atau iOS. Konsep ini tentunya akan memberi kebebasan kepada anda untuk melayani konsumen seolah tanpa ada jarak. 

Cukup dengan aplikasi konsumen bisa memesan produk yang Anda tawarkan. Akan tetapi kendala membangun aplikasi mobile terletak pada biayanya yang cukup mahal. Namun ini tidak menjadi masalah jika bisnis Anda memang sudah besar dan memiliki pelanggan yang banyak. 

2. Strategi Pemasaran Pelebaran Kaki

Strategi Pemasaran - Media Sosial
Strategi Pemasaran – Media Sosial

Belakangan ini muncul istilah dropshipper dan reseller. Itu sebenarnya merupakan salah satu trik pemasaran yang disebut pelebaran kaki. Jika bisnis Anda memang telah besar dan memerlukan tim yang banyak untuk mempromosikan produk, tidak ada salahnya Anda membuka kerjasama dengan pihak lain agar mereka menjadi dropshipper atau reseller.

Sistemnya pun terbilang tidak rumit, anda hanya menawarkan harga dibawah pasaran kepada reseller atau dropshipper supaya mereka bisa menjual kembali produk Anda dengan harga normal. Semakin banyak orang yang terlibat tentu akan membuat bisnis Anda semakin maju. 

3. Strategi Pemasaran Menggunakan Media Sosial

Strategi Pemasaran - Media Sosial
Media Sosial

Ada banyak orang yang menggunakan media sosial setiap harinya. Ini peluang bagi anda untuk menjadikan media sosial sebagai tempat pemasaran produk. Ada dua tipe pemasaran di media sosial, pemasaran secara gratis ataupun memasang iklan berbayar.

Jika anda tidak memiliki kendala keuangan di dalam bisnis tentu cara yang efektif adalah menggunakan iklan berbayar. Anda bisa menggunakan platform Google Ads atau Facebook Ads. Menggunakan iklan berbayar Anda dapat menarget calon pembeli yang potensial dan kemungkinan besar akan membeli produk Anda.

Bukan hanya itu, strategi ini juga memungkinkan anda untuk menarget audience sesuai dengan umur, demografi, minat, gender, dan lain sebagainya. Biaya iklan pun bisa diatur sesuai yang anda inginkan. Jika ingin menjangkau lebih banyak orang tentu memerlukan biaya yang lebih besar pula.

Akan tetapi jika anda belum memiliki biaya yang besar, anda tetap bisa menggunakan iklan berbayar ini dengan anggaran kecil. Bahkan dalam sehari dapat beriklan hanya dengan modal Rp20.000.

Agar lebih profesional gunakanlah tim pemasaran media sosial yang berpengalaman. Buatlah sistem yang memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan agar mereka merasa nyaman dan akan kembali lagi membeli produk yang Anda tawarkan.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang strategi pemasaran secara modern yang bisa anda ikuti. Masih banyak cara pemasaran lain seperti strategi pemasaran menggunakan website, pendekatan komunitas, psikologi dan lain sebagainya. Pelajari masing-masing pemasaran tersebut untuk meningkatkan penjualan produk.

Baca juga artikel lain Manfaatkan Ilmu Psikologi Ini untuk Strategi Pemasaran Produk.