Ini 5 Tips Jitu Cara Membangun Bisnis Keluarga

by -3 views
cara membangun bisnis keluarga
cara membangun bisnis keluarga

Cara membangun bisnis keluarga memang tidaklah mudah. Butuh perencanaan serta strategi untuk memperoleh kesuksesan.

Banyak perusahaan-perusahaan besar yang didirikan oleh keluarga. Dengan perencanaan dan strategi yang tepat perusahaan tersebut mampu meraih laba serta menjadi perusahaan yang besar.

Hal itu kedengarannya memang enak dan mudah untuk dikerjakan. Namun persoalannya adalah bagaimana membangun tim berdasarkan keluarga, di mana anggota keluarga memiliki visi dan misi yang berbeda-beda.

Karena itulah pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara membangun bisnis keluarga agar sukses dan menguntungkan.

5 Tips Sukses Membangun Bisnis Keluarga

cara membangun bisnis keluarga
cara membangun bisnis keluarga

Berikut adalah tips sukses cara membangun bisnis keluarga yang dapat Anda ikuti. Apa saja tips tersebut? Silahkan baca pembahasan di bawah ini hingga selesai:

1. Membuat rencana bisnis yang jelas

Semua bisnis tentunya membutuhkan perencanaan yang jelas serta terstruktur. Terlebih ini adalah bisnis keluarga, Anda harus benar-benar menyusun perencanaan serta komitmen untuk membangun bisnis bersama-sama.

Buatlah konsep bisnis yang sesuai dengan fenomena dan keadaan sekarang. Dengan adanya perencanaan bisnis maka Anda dapat menyusun strategi-strategi untuk menjalankan serta mencapai tujuan.

Terkait perencanaan bisnis ini, Anda dan keluarga lain harus mengambil persetujuan dari masing-masingnya. Jangan sampai di tengah perjalanan ada keluarga yang tidak setuju sehingga menjadikan rencana bisnis tersebut gagal dan Anda pun tidak mencapai tujuan.

2. Membentuk managerial yang kuat

Sedikit berbeda dengan bisnis pada umumnya, bisnis keluarga mengharuskan Anda memiliki managerial yang kuat. Hal itu karena memang, dengan adanya managerial yang kuat akan menjadikan masing-masing anggota keluarga memiliki tanggung jawab yang sama.

Ataupun dengan adanya managerial yang kuat, Anda dapat menentukan bagian tertentu yang harus dikerjakan oleh masing-masing anggota keluarga. Selain itu regenerasi bisnis keluarga pun menjadi lebih baik dan jelas.

Managerial yang kuat juga mempermudahkan Anda untuk mengambil keputusan lebih cepat dan juga efektif. Berdiskusilah dengan keluarga untuk menentukan dan memilih manajerialnya nanti.

Akan tetapi, walaupun isi dari managerial tersebut anggota keluarga, pastikan jika Anda memilih keluarga yang memiliki kompetensi di bidangnya.

3. Memisahkan urusan bisnis dan keluarga

Nah ini adalah tips yang sangat penting dan harus Anda lakukan, yaitu memisahkan urusan keluarga dan bisnis. Tanpa memisahkan kedua urusan ini bisnis keluarga Anda pun akan susah untuk berkembang.

Jangan sampai ada keluarga yang terlalu ingin diistimewakan karena memiliki peranan penting dalam keluarga.
Memisahkan urusan keluarga dan bisnis memang tidaklah mudah. Karena itu setiap anggota keluarga harus memiliki Ideologi dan pemahaman yang sama.

Optimis juga harus dibangun di dalam keluarga agar dapat memberikan sinergi yang kuat dalam mensukseskan rencana bisnis. Singkirkan segala sesuatu yang terjadi di rumah serta mengharuskan seluruh anggota keluarga bersikap profesional.

Permasalah lain sebenarnya datang dari anggota keluarga yang lebih tua, dimana mereka merasa telah memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan. Sehingga pada prakteknya mereka susah untuk menerima ide-ide baru untuk perkembangan usaha.

Ajaklah orang tua ataupun kuluarga yang lain untuk terbuka serta mendengarkan ide-ide yang ada agar bisnis Anda sukses.

4. Mempekerjakan konsultan bisnis profesional

Dalam membangun bisnis masalah ego terkadang selalu mewarnai perjalanan. Meskipun masing-masing keluarga sudah mengetahui untuk tidak mencampurkan urusan keluarga dan bisnis.

Bisa saja dari masing-masing keluarga tersebut ingin keputusannya diterima, artinya hal ini menyebabkan suasana perjalanan bisnis tidak maksimal. Nah, jika terjebak dalam masalah ini, Anda perlu mempekerjakan konsultan bisnis profesional untuk membantu Anda menangani permasalahan seperti ini.

Seorang konsultan dapat menjadi mediator untuk mengambil keputusan bisnis dari ide-ide yang dikemukakan oleh masing-masing keluarga. Konsultan juga bisa membantu Anda untuk merencanakan bisnis agar berjalan lebih baik lagi.

5. Tetap konsisten

Tips terakhir dalam membangun bisnis keluarga adalah selalu konsisten. Sebenarnya konsistensi bukan hanya untuk membangun bisnis keluarga, akan tetapi setiap bisnis pun memerlukan konsistensi untuk mencapai kesuksesan.

Dengan adanya konsistensi perusahaan maka mampu menghasilkan produk atau layanan terbaik. Tanamkanlah pola pikir konsistensi ini kepada seluruh anggota keluarga serta menjadikan hal ini sebagai kebiasaan di dalam berbisnis.

Kesimpulan

Cara membangun bisnis keluarga memang tidak sepenuhnya mudah, Anda perlu bekerja keras serta berusaha untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan bisnis keluarga Anda. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Jenis-Jenis Manajemen yang Dibutuhkan untuk Membangun Bisnis