Ini 5 Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan

by -15 views
Ini 5 Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan
Ini 5 Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan

Memulai usaha tentunya bisa di manapun sekalipun Anda tinggal di pedesaan, yang penting ada tekad dan kemauan. Akan tetapi banyak orang yang belum mengetahui terkait apa saja usaha yang cocok di desa pinggir jalan dan yang berpotensi mendapat keuntungan besar.

Daripada bingung mencari kerjaan apa setelah lulus kuliah, ada baiknya untuk coba merintis peluang usaha baru ini. Anda tidak hanya mendapatkan pundi-pundi rupiah, membangun usaha sendiri pun dapat meningkatkan perekonomian di desa.

5 Rekomendasi Peluang Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan

Ini 5 Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan

Berikut kita akan membahas terkait beberapa rekomendasi usaha di desa yang dekat pinggir jalan. Simak pembahasannya di bawah ini hingga selesai.

1. Pangkas Rambut

Usaha pertama yang bisa Anda coba di perkampungan adalah membuka tempat pangkas rambut. Jenis bisnis ini belum banyak digeluti oleh masyarakat perkampungan karena memang diperlukan keterampilan khusus.

Memiliki keterampilan serta skill dalam memotong rambut dengan model yang menarik tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri agar orang menjadi pelanggan setia.

2. Warung Makan

Ide sederhana membuka warung makan ternyata merupakan usaha yang cocok di desa karena akan dilalui oleh banyak orang. Menu makanan di warung makan dapat anda sesuaikan dengan kondisi lingkungan, misalnya menu menu warteg, masakan Padang, masakan Sunda dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa, umumnya menjual menu makanan sehari-hari tidak mendapat profit yang terlalu banyak. Pasalnya warga desa akan lebih memilih untuk memasak sendiri makanan sehari-hari mereka. Karena itu alternatif lain untuk membuka warung makan adalah dengan menjual bakso, soto, pizza atau menu-menu lain yang tidak tersedia di desa.

3. Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan Warung Kopi Beserta WIFI

Ini 5 Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan
Ini 5 Usaha di Desa Pinggir Jalan

Membuka warung kopi juga memiliki prospek tinggi di pedesaan, terlebih jika anda melengkapinya dengan fasilitas WIFI.

Di desa kebutuhan internet terus meningkat karena itu membuka fasilitas WIFI dapat mendongkrak penjualan warung kopi anda. Ada dua sisi keuntungan dari memulai usaha ini, yaitu keuntungan dari menjual kopi serta keuntungan dari menjual paket internet WIFI.

Target pasar membuka warung kopi plus WIFI adalah kaum muda yang gemar nongkrong, karenanya Anda dapat menyesuaikan menu-menu yang ada di warung kopi sesuai tren yang ada.

4. Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan Jual Pulsa dan Kuota Internet

Menjual pulsa dan kuota internet memiliki prospek keuntungan yang cukup besar. Pasalnya walaupun di desa, kebutuhan pulsa dan kuota internet sekarang ini terus meningkat.

Terlebih jika kita melihat faktanya bahwa penduduk desa belum mengerti cara membeli pulsa secara online karena itu mereka akan lebih memilih untuk membeli pulsa di toko-toko offline.

Memulai usaha ini terbilang cukup mudah dan dapat dimulai dengan modal yang minim. Anda dapat memulainya dengan modal 1 juta saja dan omset pun bisa terus berputar.

5. Toko Pertanian

Mayoritas penduduk desa merupakan petani baik itu petani sayuran atau buah-buahan. Dengan melihat fakta ini maka toko pertanian menjadi sangat dibutuhkan oleh masyarakat di sana.

Melalui toko pertanian Anda dapat menjual obat tanaman, pupuk, dan juga alat-alat pertanian lainnya.
Memang untuk modal awal diperlukan sedikit lebih besar, namun itu dapat disesuaikan dengan skala toko pertanian yang dipilih. Pastikan juga anda mengerti terkait seluk beluk pertanian agar produk yang ditawarkan sesuai dengan permintaan pasar.

Penutup

Ada banyak usaha yang cocok di desa pinggir jalan yang dapat dicoba, yang terpenting dalam memulai usaha adalah untuk selalu berdoa, belajar, tekad yang bulat dan bekerja keras.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah ide bisnis. Baca juga pembahasan lain terkait 5+ Inovasi Usaha di Desa yang Berpeluang Sukses Besar