Ini 5 Alasan Bisnis Online Gagal dan Tidak Mendapatkan Profit

by -1 views
Inilah 4 Tantangan Bisnis Online Harus Diwaspadai

Pada artikel sebelumnya kita belajar bisnis online dari kegagalan nama-nama perusahaan besar. Untuk menyempurnakan pembahasan tersebut, di artikel ini kami juga akan menambah terkait apa saja yang menjadi masalah dan Alasan Bisnis Online Gagal.

Secara singkat beberapa persoalan tersebut berasal dari value position yang kurang menarik, tidak dapat bersaing dengan kompetitor, tujuan bisnis yang tidak jelas dan lain sebagainya.

Untuk merinci hal tersebut di bawah ini anda dapat membaca informasi terkait apa saja yang menjadi alasan bisnis gagal go online.

5 Alasan Bisnis Online Gagal

Alasan Bisnis Online Gagal

1. Alasan Bisnis Online Gagal: Tidak Memiliki Tujuan yang Jelas

Secara logis kita mungkin beRpikir bahwa tidak ada bisnis yang beralih ke online tetapi tidak mempunyai tujuan yang jelas. Memang hal itu ada benarnya, karena setiap bisnis yang beralih ke online tentu memiliki tujuan.

Misalnya ingin meningkatkan kredibilitas bisnis, melakukan ekspansi pasar yang lebih luas atau lain sebagainya. Tetapi, apakah tujuan-tujuan tersebut telah direncanakan secara merinci?

Sangat penting bagi mereka yang ingin go online untuk merinci tujuan-tujuan mereka dalam jangka waktu yang panjang. Jika tidak maka pebisnis akan mengalami kesusahan untuk mengarahkan usaha dan bersaing dengan kompetitor.

2. Alasan Bisnis Online Gagal: Tidak Siap Dengan Platform Online

Kesiapan untuk terjun ka ranah online juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Banyak orang menyepelekan platform online karena menganggapnya mudah, hanya membuat akun media sosial, membuat website, kemudian go online.

Padahal untuk menguasai pasar online tidak cukup sekedar itu. Terjun ke ranah online tanpa mengetahui bagaimana cara menggunakannya, sama hal ketika kita membeli mobil tetapi tidak tahu bagaimana cara mengendarai.

Berdasarkan hasil riset ternyata ada 44% pebisnis yang beralih ke online namun mereka tidak memiliki wawasan serta skill ilmu digital. Nah jika anda ingin sukses menguasai pasar online, pastikan anda mengetahui shadow block dunia digital.

3. Alasan Usaha Online Gagal: Tidak Mengerti Konsumen

Di artikel sebelumnya kita membahas terkait Matahari mall yang gagal karena tidak mementingkan segmentasi pasar. Mereka hanya berfokus terhadap pengembangan platform.

Untuk memahami konsumen anda bisa membuat bayer persona. Bayer persona dapat diartikan sebagai gambaran profil target konsumen.

Dengan cara ini anda akan memahami lebih dalam siapa konsumen anda serta menawarkan solusi yang terbaik untuk mereka.

Kita ambil contoh, platform Jakmall merupakan e-commerce yang populer dikalangan dropshipper atau reseller. Jakmall mengerti bahwa kebanyakan pembeli di platform mereka merupakan orang-orang yang sedang mencari produk dengan harga murah agar dapat dijual lagi.

4. Alasan Bisnis Online Gagal: Merencanakan Pemasaran Online

Jika telah terjun ke ranah online, anggap saja anda telah memahami digital marketing serta tahu apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Tetapi sekian waktu berlalu, bisnis anda tidak memperoleh profit yang maksimal. Lalu apa yang menjadi masalahnya?

Kemungkinan besarnya adalah, strategi pemasaran online anda tidak dieksekusi dengan benar. Mengatasi masalah ini tentu diperlukan rencana dan strategi pemasaran online yang tepat.

Hal yang dapat dilakukan adalah menetapkan tujuan pemasaran, manfaatkan sales funnel, memilih saluran pemasaran serta menentukan periode pemasaran.

5. Alasan Bisnis Online Gagal: Kehabisan Biaya

Masalah kehabisan biaya biasanya dialami oleh pebisnis online dimana mereka memasang budget yang tinggi untuk pemasaran di langkah-langkah awal. Padahal, marketing yang sukses adalah hasil dari trial and error. Butuh waktu yang relatif lama untuk memperoleh efektivitas kampanye pemasaran online.

Karena itu di tahap awal, jangan terlalu terburu-buru serta ambisius untuk memperoleh keuntungan dari pemasaran online. Pasalnya anda perlu melakukan eksperimen untuk memastikan seluruh target calon konsumen dapat memberikan keuntungan maksimal.

Penutup

Pembahasan kita diatas terkait masalah alasan bisnis online gagal diharapkan menambah wawasan agar kita dapat scale up pengetahuan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan silahkan untuk membagikan kepada kerabat serta teman-teman anda.