,

Ini Solusi Memulai Usaha Dimasa Pandemic Covid-19

by -13 views
Ini Solusi Memulai Usaha Dimasa Pandemic Covid-19

Pandemi COVID-19 telah berdampak signifikan pada hampir semua bidang kehidupan termasuk kita akan kesulitan untuk memulai usaha. Mungkin yang paling menonjol adalah di sektor ekonomi. Tercatat 96,5% perusahaan di Indonesia terdampak COVID-19. Banyak sekali bisnis yang tidak bisa bertahan dan akhirnya kolaps di masa pandemi. Untuk itu diperlukan inovasi dan penyesuaian bisnis dengan kondisi saat ini.

Era new normal ini adalah waktu yang tepat untuk membangun kembali bisnis online Anda. Sebelum itu pasti ada pertanyaan, bagaimana cara membuka kembali bisnis setelah pandemi? Tips membuka usaha setelah pandemi akan kami bagikan di artikel ini.

Mengapa Memulai Usaha Harus Berbasis Online?

Ini Solusi Memulai Usaha Dimasa Pandemic Covid-19

Anda mungkin sudah mendapat gambaran bagaimana memulai usaha setelah pandemi. Apalagi setelah Anda membandingkan jalannya bisnis offline dan online. Tentunya bisnis online lebih menjanjikan daripada offline jika dilihat dari berbagai aspek.

Namun sebelum beralih ke tips membuka usaha setelah pandemi berbasis online, mari kita bahas dulu beberapa alasan kenapa bisnis online lebih menguntungkan.

1. Tingginya Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia

Pada Januari 2020, pengguna internet di Indonesia mencapai 64% atau setara dengan 175,4 juta dari total 272,1 juta penduduk. Bayangkan jika bisnis Anda dikenal lebih dari separuh jumlah penduduk di Indonesia, berapa pangsa pasar yang Anda dapatkan?

Silakan bandingkan dengan bisnis offline yang mungkin hanya menjangkau area sekitar bisnis Anda. Dengan memanfaatkan internet, otomatis Anda akan mendapatkan keuntungan optimalisasi bisnis dengan menjangkau banyak orang sekaligus.

2. Memulai Usaha Berbasis Online Lebih Fleksibel

Bisnis berbasis online digunakan dan dioperasikan dengan mudah oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Proses promosi juga dapat dilakukan secara lebih luas hingga lintas wilayah, kota, bahkan negara (go international). Hanya dengan koneksi internet Anda dapat terhubung dengan calon pelanggan tanpa harus keluar rumah. Tentu saja, Anda dapat terus melakukan bisnis terlepas dari cuaca atau kondisi sekitar.

3. Branding yang Praktis dan Profesional

Alasan mengapa memulai usaha harus online selanjutnya adalah karena branding lebih mudah. Branding merupakan upaya untuk membangun sebuah brand, seperti visi, misi, karakter, logo dan sebagainya. Jika bisnis Anda online, Anda tentu lebih leluasa menggunakan media seperti foto, video, influencer endorser, testimonial, dan iklan.

Mereka semua membuat produk Anda dikenali dan mudah diingat. Terlebih apabila kita menjalankan branding secara konsisten di semua platform online. Hal yang sama juga membantu membangun kepercayaan calon pelanggan sekaligus menjadi peluang besar untuk memperkuat posisi Anda di industri yang digeluti.

4. Biaya Memulai Usaha Lebih Murah

Mulai dari tahap persiapan, operasional, hingga tahap pemeliharaan, bisnis online jauh lebih unggul daripada offline. Jika bisnis offline membutuhkan gedung atau tempat usaha (yang harganya semakin melambung), maka yang dibutuhkan bisnis online hanya web hosting, domain, dan layanan CMS.

5. Risiko Minimal, Keuntungan Maksimal

Bisnis offline yang membutuhkan sewa tempat usaha, operasional dengan banyak sarana dan prasarana, keamanan fisik, dan risiko kesehatan yang tinggi. Sedangkan bisnis online, hampir tidak memerlukan hal yang berisiko seperti itu. Terhubung ke internet dan dengan komputer, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal.

Penutup

Kita telah membahasa banyak tentang bagaimana cara memulai usaha dimasa pandemi dengan memaksimalkan platform media online. Semoga pemabahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain Jualan Online Tanpa Modal? Bisa Kaya Menjual 6 Produk Ini