Inilah 4 Tantangan Bisnis Online Harus Diwaspadai

by -9 views
Inilah 4 Tantangan Bisnis Online Harus Diwaspadai

Banyak dari kita yang ketika memulai bisnis online merasa khawatir, bingung dan bahkan frustasi. Tetapi hal tersebut wajar karena memang ada banyak tantangan yang harus diwaspadai ketika membangun bisnis secara online.

Bahkan tidak sedikit mereka yang telah memulai bisnis online namun masih khawatir terhadap kelangsungan usahanya. Hal tersebut biasanya muncul karena adanya ketidakpastian.

Karena itu pada artikel ini kita akan membahas terkait 4 tantangan bisnis online yang sering muncul. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya pembahasan tersebut di bawah ini.

4 Tantangan Bisnis Online

Inilah 4 Tantangan Bisnis Online Harus Diwaspadai

1. Keterbatasan biaya untuk melakukan promosi

Ini menjadi persoalan utama yang dihadapi oleh pebisnis online. Ada banyak pedagang online yang mengaku bahwa tantangan yang sering dihadapi adalah terkait keterbatasan budget. Lalu apa yang menyebabkan hal tersebut?

Umumnya, budget pemasaran yang tidak cukup serta promosi yang belum sesuai ekspektasi menjadi penyebab utama.

Nah, untuk mensiasati keterbatasan budget ini, ada dua opsi pilihan yang bisa anda coba:

  • Pertama adalah dengan membuat iklan yang lebih efektif – dengan menganalisa data iklan serta memperbaiki nya menjadikan kampanye anda lebih efektif dan iklan dapat ditampilkan kepada audiens yang tertarik dengan bisnis atau produk anda. Dengan cara tersebut iklan akan lebih powerfull serta biaya iklan menjadi tidak boros.
  • Kedua, melakukan promosi secara gratis – yaitu dengan memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook dan Tiktok. Anda hanya perlu membuat konten yang tepat untuk audiens yang tepat, serta selalu konsisten.

2. Bisnis online mengalami kendala ketika melakukan targeting audience

Memahami dan menarget audience yang tepat untuk produk atau bisnis yang anda miliki sangatlah penting. Inilah yang menjadi persoalan dan tantangan bagi para pebisnis online.

Persoalan ini sebenarnya masih memiliki keterkaitan dengan keterbatasan budget iklan atau promosi di atas. Karena, iklan yang tidak tepat sasaran dapat mengakibatkan pengeluaran biaya yang lebih besar.

Lalu apa yang perlu dilakukan untuk mensiasati hal tersebut? Nah anda dapat mengikuti beberapa step atau langkah-langkah di bawah ini:

  • Melakukan riset atau survei konsumen – anda bisa melakukan interview atau menyebar kuesioner untuk mengenal mereka lebih dalam serta mengetahui permasalahan mereka.
  • Menetapkan nilai produk – jika persoalan konsumen telah diketahui, sekarang saatnya untuk mencocokkan persoalan tersebut dengan manfaat produk yang ditawarkan.
  • Buat juga konten yang relevan – dengan konten yang tepat anda dapat dengan mudah menggaet target konsumen.
  • Bekerjasama dengan influencer – cobalah untuk mencari influencer dengan followers yang karakteristiknya sesuai dengan target konsumen anda. Anda dapat menggunakan platform Hiip atau Sociabuzz.
  • Melakukan pemasaran email – mengajak konsumen untuk berlangganan email bisnis dapat menjadi solusi terkait pemasaran online.

3. Tidak siap menggunakan platform pemasaran online

Banyak para pebisnis online yang belum siap menggunakan platform pemasaran online. Hal itu memang wajar, sebab banyak aspek yang perlu dipelajari ketika ingin mengalihkan bisnis ke platform internet. Mulai dari bagaimana cara mempraktekkannya, apa resikonya, serta apa manfaatnya?

Karena itu banyak pebisnis yang merasa belum siap untuk beralih ke platform internet dengan berbagai pertimbangan.

4. Bisnis online terkendala terkait teknis yang mendadak

Bisnis online memang terkait dengan teknis serta hal-hal yang cukup rumit. Kendala yang sering ditemui antara lain adalah;

  • Website error sebab terkena serangan hacker
  • Website yang lambat
  • Website yang tidak dapat diakses
  • Atau akun media sosial yang tersuspensi

Penutup

Di atas kita telah membahas terkait empat tantangan yang sering dialami ketika memulai bisnis online. Semoga pembahasan tersebut bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Cara Sukses Bisnis Online dengan Membuat Website Toko Online Sendiri