,

4 Logam Mulia yang Paling Menjanjikan untuk Investasi, Tertarik?

by -6 views
Investasi untuk Anak Muda yang Menguntungkan, Ini Rekomendasinya
Investasi untuk Anak Muda yang Menguntungkan

Setiap manusia tentunya memiliki sifat konsumtif, artinya walaupun mempunyai kekayaan akan tetapi jika tidak dikelola maka akan ludes. Itulah mengapa kita perlu melakukan investasi sebagai bentuk pengelolaan harta. Salah satunya adalah dengan investasi logam mulia yang menguntungkan.

Anda dapat melakukan investasi ini dengan beberapa jenis logam mulia. Lalu apa saja logam mulia tersebut? Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi berikut ini:

Emas

Emas - investasi logam mulia yang menguntungkan
Emas – investasi logam mulia yang menguntungkan

Nah logam mulia pertama yang bisa anda jadikan investasi adalah emas. Ya, sejak berabad-abad lalu emas memang sudah menjadi instrumen investasi yang sangat menguntungkan. Jika kita bandingkan dengan logam mulia lainnya, harga emas adalah yang paling mahal.

Dari waktu ke waktu emas memiliki nilai harga yang sangat stabil sehingga ketika anda berinvestasi dengan logam mulia ini maka resiko kerugiannya sangatlah sedikit. Bahkan uniknya, jika kita kaji lebih jauh, ketika perekonomian dunia melemah, justru itu merupakan momen yang tepat untuk berinvestasi emas.

Di Indonesia sendiri bentuk fisik emas untuk investasi dibedakan menjadi dua, yaitu emas batangan dan juga emas dinar. Emas-emas tersebut diproduksi oleh PT Aneka Tambang (ANTAM).

Perak

Perak - investasi logam mulia yang menguntungkan
Perak – investasi logam mulia yang menguntungkan

Rekomendasi logam mulia kedua untuk investasi adalah perak. Dalam hal nilai jualnya, perak selalu disandingkan dengan emas walaupun memang memiliki perbedaan harga. Perak mempunyai harga yang lebih murah dari pada emas akan tetapi justru harganya lebih stabil. Harga perak untuk satu gram nya berkisar Rp 7.800. Sangat murah bukan?

Pada zaman dahulu orang-orang biasa menggunakan perak untuk alat tukar layaknya uang. Nah sekarang ini banyak orang menjadikan perak sebagai instrumen investasi kerana memang memiliki harga yang sangat stabil. Hal itu karena memang resiko kerugiannya sangat kecil.

Tertarik untuk berinvestasi perak? Jika iya segera lah berbulu perak siapa tahu beberapa tahun ke depan harga perak melambung tinggi dan sangat menuntungkan.

Palladium

palladium - Logam Invesatasi
Palladium – Logam Invesatasi

Bukan hanya emas dan perak, salah satu logam mulia yang bisa dijadikan investasi adalah palladium. Banyak orang menjadikan palladium sebagai hiasan, baik itu cincin ataupun kalung karena logam ini tidak mudah korosi ataupun oksidasi.

Bahkan jika melihat sejarahnya, palladium telah dijadikan alternatif pengganti platina pada tahun 1939 untuk pembuatan emas putih. Karena itulah harga palladium bisa sangat tinggi hingga tahun 2004 lalu. Walaupun pada tahun 2016 harga logam mulia ini turun ke angka Rp 237.688 per gram akan tetapi itu tidak membuat orang kehilangan kepercayaan investasi terhadap palladium.

Tercatat hingga tahun 2019 harga palladium kembali naik karena memang ketersediaannya yang menjadi terbatas. Pada Juni di tahun yang sama harga podium ditutup menguat ke angka 15%. Dengan begitu investasi dengan logam palladium terhitung masih sangat menjanjikan..

Platina

platina - Logam Invesatasi
Platina – Logam Invesatasi

Logam mulia terakhir yang akan kita bahas adalah platina. Mengapa platina bisa dianggap sebagai logam mulia? Hal itu karena memang platina merupakan unsur langka di kerak bumi sehingga ketersediaanya sangatlah terbatas. Platina sangat bagus untuk dijadikan perhiasan karena memang mempunyai keunggulan utama yang itu lebih berkilau.

Karena hal itulah platina terbilang sangat mahal, tercatat pada tahun 2002 hingga 2008 harga platina menembus angka USD 70 per gramnya. Wah sangat mahal bukan?

Walaupun harga platina sempat anjlok ke angka USD 26 per gram akan tetapi beberapa tahun terakhir harganya mulai naik kembali. Platina mempunyai nilai harga yang lebih volatil dibandingkan emas, karena itulah platina menjadi primadona dalam pembuatan arloji ternama seperti Rolex, Patek Philippe, Vacheron ataupun Breitling.

Sebab itulah tidak heran jika arloji-arloji mewah yang menggunakan platina bisa dihargai ratusan juta rupiah untuk satu buahnya. So, tunggu apa lagi, yuk investasi menguntungkan platina.

Penutup

Ketika kecil biasanya kita mendengarkan pepatah menabung adalah pangkal kaya. Hal itu memang tidak salah, akan tetapi itu bukan cara terbaik untuk menjadi kaya. Nah cara yang bijak dan menguntungkan adalah dengan menjadikan harta yang kita miliki sebagai bentuk investasi.

Demikianlah ulasan tentang investasi logam mulia yang menguntungkan dan bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan baca juga pembahasan lain tentang Bagaimana Membangun Bisnis untuk Mahasiswa dari Nol Hingga Sukses?