Investasi Paling Menguntungkan, Emas atau Dolar AS?

by -3 views
Produk Investasi
Investasi Paling Menguntungkan

Ada beragam pilihan instrumen investasi yang dapat dijalankan. Akan tetapi mungkin kita sering bertanya, apa investasi paling menguntungkan untuk saat ini?

Ada dua jenis instrumen investasi yang banyak digeluti oleh pelaku investor. Jenis investasi itu adalah emas dan juga dolar AS.

Lalu dari kedua jenis investasi di atas, manakah yang lebih menguntungkan? Nah berikut ini kita akan membahas secara lengkap terkait pertanyaan tersebut.

Emas atau Dolar AS?

Investasi Paling Menguntungkan
Investasi Paling Menguntungkan

Jika kita lihat, nilai tukar dolar AS sendiri, saat ini berkisar di level Rp 14.000. Sedangkan untuk instrumen emas, harga beli per gramnya sekitar Rp 762.000.

Nah jika kita pertanyakan, manakah yang lebih menguntungkan investasi emas atau dolar? Tentu jawabannya sangat relatif tergantung dengan tujuan yang diinginkan.

Salah satu perencana keuangan Eko Endarto, menjelaskan jika investasi dolar AS ataupun emas memiliki tujuan yang berbeda. Karena itu bagi para pelaku investor tentu harus mengenali tujuannya.

Emas adalah jenis instrumen investasi yang dapat dilakukan untuk menjaga aset serta penanaman modal. Sedangkan dolar, lebih cocok untuk investasi jangka pendek.

Misalnya seperti ini, anda melakukan imfor dan ingin membayarnya, maka dalam masalah ini tentu invest dolar sangat diutamakan, Akan tetapi jika kebutuhan tidak terlalu mendesak Anda dapat melakukan investasi emas untuk menjaga aset agar tidak terkena inflasi.

Melakukan investasi dengan dolar AS tentunya memiliki risiko yang relatif tinggi jika kita bandingkan dengan invest emas. Harga dolar sering mengalami perubahan yang cukup tinggi.

Terlebih jika menyimpan uang dolar tidak dapat sembarangan, hal itu karena fisik uang dolar bisa saja mengganggu nilai pasaran. Bahkan bisa saja uang lusuh terlipat, terbakar, hilang dan lain sebagainya.

Nah dari penjelasan diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa investasi emas atau dolar sebenarnya sama-sama menguntungkan hanya saja sebagai investor Anda harus mengetahui tujuan dan kebutuhan nya.

Untung Rugi Investasi Emas dan Dolar

Investasi Paling Menguntungkan
Investasi Paling Menguntungkan

Kita telah membahas beberapa hal terkait mana yang lebih untung invest emas atau dolar. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang menyangkut untung rugi dari keduanya:

  • Nilai Tukar Emas Sama di Seluruh Dunia

Investasi properti ataupun dolar keduanya mengalami fluktuatif tergantung dengan lokasi ataupun lain sebagainya. Hal itu jauh berbeda dengan emas di mana emas nilainya akan selalu sama dimanapun.

  • Nilai emas kebal terhadap inflasi dan relatif selalu naik

Walaupun pernah mengalami penurunan, akan tetapi nilai emas cenderung lebih menunjukkan grafik kenaikan. Bahkan nilai emas terbilang selalu stabil bahkan jika kita bandingkan dengan uang yang disimpan di bank.

  • Investasi emas sangat mudah

Emas menjadi pilihan yang tepat jika kamu adalah seorang investor pemula yang tidak terlalu paham terhadap dunia investasi. Anda tidak perlu khawatir dan takut mengalami kerugian karena investasi emas ini terbilang sangat aman dan mudah untuk dikerjakan oleh siapapun.

  • Emas rentan dicuri dan dipalsukan

Anda perlu ekstra hati-hati jika berinvestasi emas dalam bentuk fisik. Karena emas mudah dicuri dan juga mudah untuk dipalsukan. Harganya yang tinggi tentu menjadikan orang bisa saja melakukan segala cara untuk mendapatkan keuntungan dan merugikan orang lain.

  • Dolar anti devaluasi

Jika anda menyimpan uang dolar sebesar 100 USD, maka uang yang anda miliki nantinya tetap 100 USD. Berbeda dengan rupiah, jika anda menyimpan rupiah sebesar 10 juta maka beberapa tahun kemudian nilai rupiah tersebut dapat mengalami perubahan tergantung kurs yang berlaku.

  • Uang sangat rentan terhadap inflasi

Jika diartikan inflasi sendiri memiliki makna peningkatan harga-harga secara umum dan berlaku secara kontinue. Ada banyak faktor yang menyebabkan mekanisme pasar dapat menimbulkan inflasi. Karena itu investasi dolar atau mata uang lainnya sangat rentan terhadap kerugian dari inflasi ini.

Kesimpulan

Investasi emas ataupun dolar sama-sama menguntungkan asalkan sesuai dengan tujuan yang ada inginkan. Karena itu pahamilah apa tujuan anda dalam melakukan investasi.

Demikian pembahasan tentang manakah investasi paling menguntungkan, dolar atau kemas. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait 4 Faktor Inilah yang Mempengaruhi Harga Emas