,

Apakah Investasi Perak Lebih Menguntungkan Daripada Emas?

by -8 views
investasi perak dan emas
investasi perak dan emas

Sejak lama orang-orang telah melakukaninvestasi perak dan emas karena memang menguntungkan. Perak mempunyai keunggulan dan kekurang tersendiri jika kita bandingkan dengan investasi emas. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah investasi dalam bentuk perak lebih menguntungkan dari pada emas?

Nah untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut tentunya kita perlu mengkaji lebih dalam terkait investasi perak tersebut. Jika anda penasaran silahkan simak ulasannya ini hingga selesai.

Apa Itu Investasi Perak?

investasi perak dan emas
Investasi Perak dan Emas

Seperti halnya emas, perak juga telah menjadi instrumen dan alat tukar sejak berabad-abad lalu. Perak mempunyai nilai invesatsi yang menguntungkan. Perak sendiri mempunyai dua bentuk invesatsi, iaitu logam barangan dan juga perhiasan.

Pada umumnya, orang-orang akan menggunakan perak batangan untuk investasi. Karena memang perak perhiasan biasanya mempunyai kadar murni yang rendah dibandingkan perak batangan. Bahkan, untuk perak batangan tingkat kemurnian yang terkandung lebih dari 92,5 persen.

Akan semakin bagus untuk dijadikan investasi jika kadar kemurniannya lebih dari itu. Nah untuk perak batangan sendiri terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu perak dengan kadar 99,9 persen serta perak dengan kadar 99,95 persen.

Keuntungan Investasi Perak

Investasi Perak dan Emas
Investasi Perak dan Emas

Ada beberapa alasan mengapa perak bisa dikatakan lebih menguntungkan daripada emas, berikut ulasanya:

1. Perak Lebih Stabil Harganya

Ya, walaupun perak mempunyai nilai invesatasi yang lebih rendah dibanding emas, ternyata harga perak lebih stabil. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa perak lebih stabil, antara lain adalah karena pasar perak secara internasional lebih kecil dibandingkan emas. Dengan begitu, untuk memanipulais harga perak akan menjadi lebih sulit.

2. Harga Beli yang Jauh Lebih Terjangkau

Sebagaimana yang telah disinggung pada poin di atas, jika perak memang mempunyai nilai investasi yang lebih rendah. Karena itu, harga beli perak juga relatif murah dibandingkan dengan emas. Nah dengan berinvestasi perak tentu anda tidak harus mengeluarkan modal yang besar layaknya investasi emas.

3. Harga Bisa Naik dengan Cepat

Harga perak batangan kadang-kadang mengalami kenaikan harga hingga 3 kali lipat dari semula. Dengan kenaikan yang pesat ini maka seseorang yang berinvestasi perak sewaktu-waktu bisa memperoleh keuntungan yang besar.

4. Jumlahnya Terbatas

Perak mempunyai jumlah keseluran yang terbatas, walaupun sebernanya industri perak masih terus berkembang. Karena itulah komoditas perak menjadi sangat berharga dan bernilai, sehingga perak sangat cocok untuk dijadikan instrumen investasi jangka panjang.

Kekurangan Investasi Perak

Investasi Perak dan Emas
Investasi Perak dan Emas

Selain kelebihan, ternyata perak juga mempunyai kekurangan tersendiri dibandingkan emas. Apa saja kekurangannya? Simak informasi berikut:

1. Sangat Mudah Dipalsukan

Lain lagi dengan emas, perak sangat mudah dipalsukan. Jika anda ingin berinvestasi perak, tentu harus teliti dan benar-benar mengerti mana perak yang asli dan palsu. Karena itu, jika anda memang sering jual beli perak, maka akan sangat berisiko mendapatkan kerugian dari perak palsu tersebut.

2. Sedikitnya Informasi Penjualan Perak

Karena memang pasar perak sangat kecil, hal itu membuat investasi di bidang ini tidak mempunyai informasi penjualan yang lengkap. Di Indonesia sendiri anda dapat membeli perak secara resmi di PT ANTAM ataupun tempat penjual perak resmi lainnya.

3. Perak Sulit Dirawat

Kekurangan perak lainnya adalah mudah terjadi oksidasi jika tidak dirawat dengan benar. Tentu hal itu sangat berbeda dengan emas murni. Perak akan mengalami kusam jika terjadi oksidasi, bahkan bisa mempunyai noda hitam.

Pilih Perak atau Emas?

Jenis Investasi Menguntungkan
Investasi Perak dan Emas

Nah tibalah kita pada kesimpulan lebih untung berinvestasi perak atau emas? Melihat penjelasan terkait kelebihan dan kekurangan investasi perak di atas, sebenarnya kita tidak bisa menyimpulkan jika perak lebih menguntungkan daripada emas.

Akan tetapi anda bisa memilih perak atau emas sesuai dengan kondisi. Jika memang anda mempunyai uang banyak dan tidak terlalu takut resiko rugi, ada baiknya mengambil emas untuk dijadikan investasi. Sedangkan perak bisa anda jadikan investasi ketika dana yang dimiliki masih terbatas.

Perak sendiri sebagaimana yang telah disebutkan, mempunyai harga yang sangat stabil dibandingkan emas. Karena itulah untuk menghindari resiko kerugian, silahkan anda memilih perak untuk investasi.

Penutup

Demikianlah informasi tentang mana yang lebih menguntungkan investasi perak dan emas. Semoga artikel ini bermanfaat dan baca juga artikel lain tentang 4 Logam Mulia yang Paling Menjanjikan untuk Investasi, Tertarik?