, , ,

Jadi Pengusaha Muda Lewat Bisnis Reseller, Ini Tips Suksesnya

by -10 views
Pengusaha Muda - Reseller
Foto: Pexels

Menjadi reseller belakangan dijadikan pilihan oleh banyak orang yang ingin mencoba peruntungan dalam berbisnis. Tak terkecuali bagi para calon pengusaha muda dari kalangan generasi milenial.

Selain menawarkan kelebihan seperti minimnya risiko kerugian serta tidak membutuhkan modal yang besar, menjadikan reseller sebagai salah satu pilihan yang tepat dalam memulai langkah awal terjun ke dunia bisnis.

Nah, untuk menjadi seorang reseller yang baik dan terpercaya, tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut beberapa tips menjadi reseller yang baik dan dipercaya oleh konsumen:

5 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda dari Reseller

Pengusaha Muda - Reseller
Foto: Pexels
  1. Pilih produk yang mudah laku dan banyak dibutuhkan pasar

Jika kamu adalah seorang pengusaha pemula yang ingin berbisnis dari reseller, ada baiknya untuk memilih produk-produk yang mudah laku. Contohnya saja seperti pakaian. Tak hanya berhenti sampai di situ saja, kamu juga perlu memperhatikan trend apa yang sedang berlangsung di pasaran dan perhatikan momentum yang ada di setiap waktunya.

Misalnya saja jika saat bulan Ramadhan, kamu bisa menawarkan produk-produk fashion muslim. Seperti baju koko, mukena atau semacamnya yang dapat digunakan saat perayaan Idul Fitri. Karena seperti yang kita tahu, orang-orang akan banyak membeli baju baru pada momen-momen tersebut.

  1. Menjalin kerjasama dengan supplier profesional

Pastikan bahwa kamu menjalin kerjasama dengan supplier produk yang jelas dan profesional. Jangan sampai, produk yang kamu jual pada konsumen adalah produk abal-abal dengan kualitas kurang oke.

Contohnya saja jika kamu menjadi reseller dari sebuah produk sabun pemutih wajah. Pastikan bahwa sabun yang dijual tersebut merupakan produk yang aman untuk digunakan. Seperti yang kita tahu, belakangan banyak beredar produk-produk palsu yang dan belum jelas legalitasnya.

Nah, jangan sampai kamu mengecewakan pelanggan dengan menjadi reseller dari produk-produk kurang terpercaya tersebut. Umumnya, seorang supplier profesional memiliki berbagai macam katalog produk yang jelas, memiliki customer service yang siap membantumu sebagai reseller dan memiliki kantor atau alamat toko/gudang yang jelas.

  1. Pengusaha muda harus cermat mengamati pasar

Tinjau pasar untuk melakukan survey berapa kisaran harga yang banyak ditawarkan oleh penjual-penjual yang lain. Bandingkan juga dengan kualitas produk yang akan kamu tawarkan.

Setelah melakukan survey dan mengetahui harga-harga produk serupa di pasaran, kamu bisa menentukan harga yang tepat untuk produk yang akan dijual nantinya. Sebisa mungkin, berikan harga yang ramah di kantong calon konsumen, namun jangan sampai membuatmu rugi juga tentunya.

Selain itu, berikan pelayanan yang terbaik agar para konsumen puas dan mau merekomendasikan produkmu ke teman dekat ataupun kerabatnya. Dengan begitu, konsumen produkmu pun akan terus bertambah.

  1. Berikan pelayanan yang terbaik

Pelayanan adalah ujung tombak sebuah bisnis. Maka dari itu sebagai seorang pengusaha muda yang masih baru menjajaki bisnis reseller ini. Kamu harus memberikan pelayanan atau service yang terbaik pada pelanggan.

Hal ini akan membuat konsumenmu tidak kapok berbelanja di tempatmu apalagi sampai beralih ke kompetitor yang lain. Pelayanan yang baik juga akan membantu meningkatkan reputasi bisnismu di mata para konsumen. Mereka pun tak akan segan untuk merekomendasikan toko atau produk yang kamu jual kepada orang-orang terdekatnya.

  1. Maksimalkan penggunaan sosial media

Sosial media seperti Facebook dan Instagram bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam mempromosikan produk yang ingin kamu jual. Dengan memaksimalkan penggunaan sosial media, diharapkan dapat menjangkau konsumen-konsumen yang berada di luar daerah atau luar jangkauan toko offline. Kamu pun bisa meraup lebih banyak keuntugan serta perlahan dapat merintis bisnismu sendiri nanti tanpa harus menjadi seorang reseller lagi.

Tak perlu mengeluarkan modal. Kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk promosi gratis dengan memaksimalkan penggunaan hashtag, pembuatan konten hingga caption yang menarik agar dapat membuat konsumen penasaran.

Nah, itulah tadi 5 tips menjadi reseller yang sukses dan dipercaya oleh konsumen. Dengan memperhatikan setiap detail produk serta pelayanan dan memberikan segalanya yang terbaik untuk konsumen, tentu menjadi reseller dapat memberikan kamu keuntungan yang menggiurkan.

Demikian artikel dari kami. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman atau kerabatmu, ya. Selamat mencoba!