, ,

Jadi Pengusaha Muda Sukses dengan Bisnis Katering

by -11 views
Bisnis Catering

Dewasa ini bisnis katering banyak dijadikan pilihan bagi mereka yang masih awam dalam dunia bisnis. Cara memulainya yang mudah serta tak membutuhkan modal yang terlalu besar adalah beberapa faktor yang membuat bisnis katering banyak diminati.

Selain itu, pangsa pasar bisnis katering pun juga tergolong cukup luas. Dengan berbagai macam varian bisnis katering. Orang-orang bisa mulai berinovasi dan memberikan sentuhan-sentuhan berbeda pada bisnisnya.

Nah, buat kamu yang ingin terjun dalam peluang bisnis yang satu ini. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memulainya. Penasaran apa saja itu, kan? Simak lengkap artikel berikut ini, ya!

Pengusaha Muda, Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Katering

Bisnis katering
Foto: Pexels

1. Tentukan target market

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, market usaha katering sangatlah luas. Untuk itu sebelum memulainya kamu harus menentukan target pasarmu terlebih dahulu.

Kira-kira siapa yang kamu jadikan target utama dalam penjualan? Apakah orang-orang kantoran, anak sekolah atau perhelatan sebuah acara?

Dengan menentukan target pasar tersebut di awal, kamu akan jauh lebih fokus dalam membuat variasi menu yang sesuai. Misalnya, jika kamu ingin menargetkan bisnis kateringmu untuk anak-anak. Maka kamu bisa menyesuaikan menu serta tema penyajian dengan sesuatu yang ramah dengan anak.

Contohnya saja, hidangan yang kamu buat dibentuk menyerupai tokoh kartun tertentu atau hal-hal yang lucu. Dengan demikian, anak-anak pun akan tertarik untuk mengonsumsi makanan tersebut. Orang tua yang membelinya kan pun juga turut senang jika nafsu makan anak mereka baik karena tampilan makanannya yang lucu.

2. Tentukan nama brand yang sesuai dan mudah diingat

Brand merupakan identitas utama dalam sebuah bisnis dan perlu diperhatikan oleh pengusaha muda. Dalam menentukan nama brand, kamu pun tak boleh sembarangan. Karena hal ini juga dipengaruhi oleh target marketmu tadi.

Jika targetmu adalah anak sekolahan, maka sebaiknya gunakan nama brand serta logo yang unik serta menarik dari sudut pandang mereka. Selain itu pastikan nama brand-mu mudah untuk diingat dan dilafalkan, ya!

3. Cari supplier bahan makanan yang berkualitas

Karena katering adalah bisnis makanan. Maka kamu harus memastikan bahwa seluruh bahan yang digunakan berkualitas baik. Untuk itu, sebelum memulai bisnis katering ada baiknya kamu mencari terlebih dahulu supplier sayur, buah dan semacamnya yang memiliki produk berkualitas baik.

4. Tentukan menu yang akan kamu tawarkan

Pilihan menu yang beragam tentu akan menjadi nilai plus tersendiri bagi kateringmu. Nah, gak ada salahnya kamu mengasah kemampuan masakmu secara rutin agar dapat menghasilkan menu masakan yang unik serta bercita rasa lezat.

Dengan kemudahan akses internet seperti saat ini, kamu bisa mencari resep makanan unik yang cocok untuk dimasukan dalam katering. Selain itu, kamu juga bisa berinovasi sendiri dengan menciptakan menu baru yang berbeda dan belum pernah ada sebelumnya.

Inovasi dan kreativitas dalam bisnis menjadi salah satu faktor yang menunjang kesuksesan. Untuk itu, jangan pernah ragu ya jika ingin menciptakan menu yang berbeda dari bisnis katering yang lain.

5. Maksimalkan pemasaran

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk menawarkan jasa kateringmu ke orang-orang. Mulai dari menggunakan brosur yang disebarkan ke orang-orang, menempelkan iklan spanduk pada tempat tertentu hingga menggunakan metode word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut.

Untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, kamu juga bisa memanfaatkan sosial media yang ada. Seperti Facebook maupun Instagram. Keduanya adalah sosial media dengan jumlah pengguna yang cukup banyak. Kamu bisa menggunakan sosial media tersebut untuk promosi gratis maupun berbayar.

Selain sosial media, kamu juga bisa lho membuat website atau situs resmi khusus untuk bisnis kateringmu. Hal ini akan membuat bisnismu terlihat lebih profesional karena memiliki situs yang terkelola dengan baik.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mulai berbisnis katering. Tak perlu berpikir lama untuk memulainya dan menjadi pengusaha muda, jika kamu sudah menemukan passion serta ketertarikanmu pada bisnis yang satu ini maka sebaiknya segera dieksekusi.

Terlalu lama berpikir dan mempertimbangkan kegagalan hanya akan menghambat langkahmu dalam memiliki bisnis sendiri. Gagal adalah hal yang wajar dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Namun, dari kegagalan tersebut kamu bisa belajar hal baru mengenai cara mengelola bisnis yang benar dan cara mengatasi masalah yang terjadi ke depannya.

Selamat mencoba dan salam sukses!