,

Jelang Ramadhan, Bisnis Gorengan Bisa Dijadikan Pilihan

by -6 views
bisnis gorengan
Foto: Pexels

Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu bagi setiap muslim. Dan biasanya di bulan ini para ibu rumah tangga berpikir mereka bisa menghemat pengeluaran belanja. Nyatanya, tak sedikit orang mengalami pengeluaran yang justru semakin membesar.

Tak jarang ibu-ibu menggunakan alasan ini untuk malas memasak. Padahal banyak tips untuk menghemat dalam keadaan seperti itu atau bahkan momen ramadhan bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Contohnya, bisnis makanan yang laris salah satunya yakni gorengan.

Makanan ini tak hanya diminati saat memasuki bulan puasa saja, namun juga di hari-hari biasa. Gorengan memang sudah sejak lama menjadi salah satu makanan kesukaan bagi masyarakat di Indonesia.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk memulai bisnis gorengan di bulan Ramadhan. Setidaknya ada beberapa jenis gorengan yang bisa kamu jual dan tawarkan pada pembeli. Dijamin laris dan banyak digemari orang. Apa saja itu? Simak lengkap artikel berikut ini, ya!

Jelang Ramadhan, Bisnis Gorengan Bisa Jadi Pilihan

Bisnis Gorengan
Foto: Pexels

1. Bakwan

Bakwan menjadi salah satu jenis gorengan yang memiliki banyak peminatnya. Selain bahan bakunya yang mudah dicari, cara membuatnya pun cukup mudah. Cukup dengan mencampurkan isian berupa sayuran dengan adonan tepung terigu. Kemudian kamu bisa menggorengnya di minyak yang sudah panas.

Untuk membuat bakwan buatanmu berbeda dari yang lain, kamu bisa berinovasi menambahkan isian yang unik dan belum pernah ada sebelumnya.

2. Tahu Isi

Gorengan yang satu ini, biasanya diisi dengan sayuran dan toge saja. Tapi jika kamu ingin lebih bervariasi kamu bisa tambahkan sayuran lain seperti kol dengan campuran cabai agar menjadi tahu isi yang ektra pedas. Bisa juga agar rasanya lebih beda, kamu bisa isi dengan potongan bakso atau sosis.

3. Pisang goreng

Selain rasanya yang manis dan enak, pisang juga dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi. Kamu bisa mengkreasikan sebuah pisang menjadi berbagai macam masakan. Misalnya, pisang goreng keju, pisang goreng susu, dan pisang goreng madu agar lebih menarik perhatian. 

Selain itu, kamu juga bisa mencoba jenis gorengan pisang lain seperti pisang gulung atau molen, pisang cokelat dan pisang crispy.

4. Bisnis gorengan tempe mendoan

Siapa yang tak suka tempe mendoan? Gorengan yang dimasak setengah matang dengan teksturnya yang sedikit agak lembek ini memiliki tempat khusus di hati para peminatnya. Mendoan menjadi salah satu yang paling banyak dicari terutama saat menjelang waktu buka puasa.

5. Lumpia sayur

Bahan dasar makanan ini adalah kulit lumpia yang diisi dengan sayuran seperti wortel dan daun bawang serta tambahan bihun. Kamu juga bisa mengubah isinya dengan bahan lain sesuai dengan selera. Misalnya potongan ayam kecil kecil beserta sayurannya, atau kocokan telur dan tahu putih. Cara membuatnya pun mudah serta tidak membutuhkan budget yang banyak.

6. Cireng

Makanan satu ini juga sering menjadi favorit untuk berbuka puasa. Dengan adonan tepung kanji yang gurih, membuat gorengan ini digemari banyak orang. 

Banyak yang menjualnya dengan berbagai inovasi, seperti dijual dalam bentuk mentahan dan beku. Di kota kota besar juga makanan ini sangat populer dengan beragam varian rasa maupun isian. Ada cireng isi abon, keju, daging ayam, coklat dan banyak lagi lainnya.

7. Risoles atau risol

Siapa yang tidak suka dengan risoles? Dengan gabungan bahan yang bermacam-macam menjadi daya tarik sendiri untuk penikmat gorengan. Isian yang biasanya berupa kol, wortel dan sayuran lain bisa kita ubah menjadi gilingan daging kentang dan beberapa sayur lainnya. 

Selain rasanya manis dan gurih, makanan ini cocok untuk mengganjal perut bagi yang berbuka puasa di jalan dan belum sempat pulang ke rumah. Karena gorengan ini cukup mengenyangkan perut setelah seharian beribadah puasa.

8. Bisnis gorengan bakwan jagung

Hampir sama dengan bakwan sayur lainnya, hanya saya gorengan ini terbuat dari jagung. Sehingga rasa manis dari jagung dan rasa gurih dari terigu, membuat masakan ini banyak digemari para pecinta gorengan.

Cara membuatnya kurang lebih sama dengan bakwan pada umumnya. Hanya saja kamu perlu menambahkan jagung dalam adonan tepung terigunya.

Nah, itu dia beberapa macam gorengan yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk bisnis di bulan ramadhan. Buat kamu yang ingin menekuni bisnis gorengan ini, kamu hanya perlu menyiapkan modal sekitar Rp 300-500 ribuan. Omzet yang bisa kamu dapatkan pun bisa berkali-kali lipat terlebih jika kamu menjualnya di tempat-tempat yang strategis dan banyak dilewati pengendara motor maupun mobil.

Selain itu, karena bisnis gorengan menjadi salah satu jenis bisnis yang mainstream. Kreativitas dan inovasi harus kamu tingkatkan agar menciptakan produk masakan yang berbeda dari kompetitor. Produk yang beda akan menarik minat para pembeli untuk mencobanya.

Demikianlah artikel kali ini, semoga bermanfaat buat kamu yang saat ini ingin memaksimalkan peluang bisnis yang ada. Semangat!