, , ,

Jelang Ramadhan, Ini Usaha Kecil Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

by -9 views
usaha kecil ibu rumah tangga

Tak terasa bulan puasa tahun ini tinggal menghitung beberapa hari lagi. Meski berada di tengah pandemi Corona yang masih belum surut kasusnya. Namun, ibadah puasa tetap harus berjalan seperti biasa.

Nah, dalam bulan Ramadhan sendiri biasanya selalu ada penjual-penjual dadakan yang memanfaatkan peluang untuk meraup keuntungan. Kamu yang lagi work from home juga bisa lho memanfaatkan momentum ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Terutama bagi para ibu rumah tangga yang ingin tetap produktif meski harus sambil mengurus keluarga.

Pada artikel InfoBiznis kali ini, kita akan membahas ragam usaha kecil untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan di bulan Ramadhan. Apa saja, ya?

Peluang Usaha Kecil Ibu Rumah Tangga di Bulan Ramadhan

Usaha kecil ibu rumah tangga
Foto: Pexels

1. Usaha kecil ibu rumah tangga dengan berjualan takjil

Di bulan Ramadhan, kamu pasti sering melihat banyak orang yang menjual makanan-makanan ringan di pinggir jalan. Mulai dari kolak, jajanan pasar, gorengan, kue, es kopyor, es buah dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, buat kamu yang memiliki keahlian dalam hal memasak. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk berjualan hidangan pembuka puasa. Umumnya, orang-orang mencari makanan dan minuman yang manis untuk dikonsumsi setelah seharian beribadah puasa.

Kamu bisa menciptakan menu-menu seperti dessert yang manis. Mengingat saat ini banyak sekali tersebar menu-menu makanan dan minuman manis yang ada di internet. Jadi kamu bisa membuatnya dengan mudah dengan mengikuti tutorial yang sudah ada.

2. Bisnis katering untuk santapan sahur dan berbuka

Ada orang-orang yang terlampau sibuk bahkan hanya untuk sekadar memasak makanan pun mereka tak sanggup. Nah, kamu yang memiliki keahlian dalam bidang memasak, peluang usaha satu ini bisa dijadikan opsi untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Terlebih jika kamu tinggal di kawasan kompleks, pabrik atau perkantoran. Usaha katering ini sangat menggiurkan untuk ditekuni.

Metode promosi yang kamu gunakan pun cukup dari mulut ke mulut saja atau dengan membuat brosur. Jika ingin menjangkau pasar yang lebih luas, kamu juga bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram untuk menunjukkan eksistensi usaha kateringmu di luar sana.

3. Bisnis pakaian muslim dan peralatan ibadah

Memasuki bulan Ramadhan, orang-orang sering berbelanja kebutuhan baju atau busana muslim dan peralatan untuk ibadah. Mulai dari baju koko, gamis, jilbab, mukena dan sarung menjadi beberapa barang yang kerap dijadikan buruan bagi masyarakat. Terlebih jika sudah mendekati hari raya Idul Fitri.

Nah, kamu yang memiliki hobi di bidang fashion, ide bisnis ibu rumah tangga ini sangat cocok untuk dijadikan langkah awal membuka usaha.

Untuk berbisnis fashion, kamu harus selalu up to date mengenai trend yang sedang berlaku. Dengan demikian, produk fashion muslimmu lebih banyak diminati dan akan mudah populer di berbagai kalangan.

4. Usaha rumahan kue kering

Kue kering seakan menjadi ikon pada hari raya. Terbukti dengan keberadaan toples berisi kue kering di setiap rumah-rumah yang menerima tamu untuk bersilaturahmi.

Permintaan kue kering menjelang Idul Fitri pun juga lebih tinggi daripada hari biasanya. Maka dari itu, kamu juga bisa memanfaatkan peluang bisnis rumahan yang satu ini untuk meraup lebih banyak keuntungan.

Terlebih sekarang ini ada banyak inovasi kue kering yang bisa kamu coba. Untuk menunya sendiri kamu bisa mencarinya lewat internet lengkap dengan tutorial cara pembuatannya.

5. Bisnis rumahan parsel hari raya

Kalau kamu adalah orang yang cukup kreatif dalam membuat bingkisan. Maka bisnis parsel ini bisa dijadikan opsi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan modal dana yang tak terlalu besar sekaligus kreativitas dalam pembuatannya. Parselmu bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Bisnis parsel ini tak hanya laku dijual saat hari raya Idul Fitri saja, kamu juga bisa menjualnya pada momentum hari yang lain seperti Natal, Nyepi, Waisak, Imlek, Valentine dan masih banyak lagi lainnya. Tentunya dengan menyesuaikan tema dari masing-masing momentum tersebut.

Nah, itulah beberapa peluang usaha kecil ibu rumah tangga yang bisa kamu jadikan pilihan. Mengingat daya konsumsi masyarakat meningkat saat menjelang hari raya, maka sebaiknya kamu segera realisasikan ide bisnis di atas.