,

Jenis Bisnis Online Modal Kecil: Reseller dan Dropship

by -50 views
Jenis Bisnis Online Reseller dan Dropship

Para pencari peluang bisnis pasti pernah mendengar jenis bisnis online ini: reseller dan dropship, apalagi jika Anda telah membaca artikel tentang 7 Bisnis Online Ideal yang mengangkat sedikit tentang dropship. Usaha kecil yang menjanjikan seperti yang kita bahas sebelumnya pun, seperti bisnis fashion dan aksesoris, bisa kita jalankan dengan model bisnis reseller dan dropship.

Sebelum memutuskan menjadi reseller atau dropship, Anda perlu ketahui dulu persamaan dan perbedaan di antara keduanya.

Online Shopping from Everywhere
Ilustrasi wanita bermain gadget

Persamaan jenis bisnis online: reseller dan dropship

 

Menjadi perantara

Jika kita menjadi reseller maupun dropshipper, pada prinsipnya kita menjadi perantara antara toko supplier dengan pelanggan. Kita menjual kembali produk yang kita beli dari supplier, lalu menjualnya kembali kepada pelanggan yang membeli di toko online kita.

Waktu operasional fleksibel

Satu keuntungan memilih jenis bisnis online adalah memiliki fleksibilitas lebih.. Pengelolaan toko online semuanya tergantung pada ikhtiar kita. Bisa disesuaikan dengan jadwal kesibukan Anda sebagai ibu rumah tangga atau sebagai karyawan yang sibuk. Tentu, jika kita ingin menjaring lebih banyak pembeli, kita harus siap kapan saja. Namun itu bisa diatur dengan mudah karena dengan hape saja, kita sudah bisa aktif di toko kita dan membalas setiap pesanan yang masuk.

Bisa dimulai dengan modal kecil di bawah 1 juta rupiah

Modal yang dibutuhkan untuk memulai menjadi reseller dan dropship cukup kecil. Hanya dengan uang 1 juta rupiah, Anda sudah bisa membeli barang di supplier dan menjualnya kembali dengan selisih harga yang menguntungkan.

Bisa membangun brand toko online sendiri

Baik sebagai reseller maupun dropship, konsumen tahunya membeli di toko online Anda. Mereka tidak perlu tahu supplier mana yang menjadi sumber barang yang Anda jual. Anda bisa berkreasi melakukan usaha pemasaran sambil mengembangkan brand toko online Anda agar makin melekat di kalangan konsumen.

Jenis bisnis online yang bisa menghasilkan untung besar

Menjadi reseller maupun dropshipper sama-sama bisa menghasilkan keuntungan besar. Semua tergantung pada kepintaran Anda memilih produk dan supplier, dan tergantung pula pada trik pemasaran Anda.

Bisnis Online Shop
Ilustrasi belanja online

 

Perbedaan jenis bisnis online: reseller dan dropship

 

Stok barang

Dropship tidak perlu stok barang. Anda memesan produk dari supplier, hanya setelah ada pesanan masuk dari pembeli di online shop Anda. Sedangkan reseller tetap memerlukan stok barang, dengan membeli dari supplier, tentunya dengan harga khusus reseller.

Risiko usaha

Risiko Dropship lebih rendah. Karena kita tidak perlu stok barang, risiko menjadi dropshipper cukup rendah. Barang sudah pasti terjual. Kerugian hanya terjadi jika sembrono memilih supplier, sehingga barang yang tidak sesuai harapan pembeli. Sebab itu, perlu seksama memilih supplier agar risiko kekecewaan pembeli bisa diminalisir.

Modal yang dibutuhkan

Reseller memerlukan modal yang lebih besar. Untuk membeli stok barang yang cukup, modal yang kita butuhkan jelas lebih besar daripada dropship yang tidak perlu stok barang. Siasatnya, cari supplier yang mau menerima retur barang, jika barang yang kita beli dari mereka belum juga habis selama jangka waktu tertentu. Sebaliknya, dropship boleh dibilang hanya modal jari untuk memilih supplier dan memasarkan online.

Pengiriman barang

Perbedaan jelas antara dua jenis bisnis online ini adalah tentang pengiriman. Reseller perlu mengatur pengiriman barang, sedangkan dropshipper tidak. Barang yang dipesan dropshipper dari supplier akan langsung dikirimkan ke pembeli. Pastikan supplier mengerti bahwa Anda memesan untuk orang lain, sehingga nama toko yang mereka pakai adalah nama toko Anda. Reseller, sebaliknya, karena sudah memiliki setok barang, harus mengirimkan barang sendiri pada pembeli.

Setelah mengetahui persamaan dan perbedaan antara reseller dan dropshipper, Anda bisa menentukan jenis bisnis online mana yang cocok bagi Anda. Jika Anda ingin kepraktisan dan benar-benar bermodal kecil, dropship bisa Anda pilih. Jika Anda ingin lebih memastikan kepuasan konsumen terjaga mulai dari pemesanan hingga pengiriman, Anda bisa menjadi reseller.

Apapun jenis bisnis online pilihan Anda, kedua model baik reseller maupun dropship bisa memberi keuntungan yang berlimpah. Simak terus Infobiznis untuk mendapatkan trik dan tips mendapatkan keuntungan maksimal dari bisnis online Anda.

Credit image: Business card photo created by lyashenko – www.freepik.com