, ,

Jualan di Media Sosial, Lakukan 5 Hal Ini Agar Laris

by -6 views
Jualan di media sosial
Jualan di media sosial

Seiring perkembangan jalan, jualan di media sosial menjadi salah satu strategi yang tepat bagi banyak pengusaha. Bahkan sudah terbukti banyak pengusaha muda sukses sudah membuktikan bahwa berjualan di media sosial adalah strategi yang ampuh agar jualan laris.

Kamu mungkin menjadi salah satu orang yang baru memulai bisnis dan berharap jualan laris melalui media sosial. Nah, agar barang yang laku dijual online bisa terjual habis kamu bisa melakukan langkah mudah berikut ini. Pastinya kamu akan siap menjadi seorang pengusaha mudah sukses

"<yoastmark

1.Membuat akun

Tentu langkah pertama jika mau jualan di media sosial adalah membuat akunnya terlebih dahulu. Sebagai permulaan kamu bisa membuat akun Instagram terlebih dahulu. Sebab, Instagram memiliki fitur untuk dikoneksikan dengan media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter.

Setelah membuat akun Instagram, kamu perlu mengubah akun menjadi akun bisnis. Akun ini akan mempermudah kamu jualan di media sosial karena akan memberikan laporan mengenai traffic pada website serta kamu bisa beriklan melalui Instagram Ads.

Selain itu, memang banyak fitur-fitur yang ditawarkan oleh akun bisnis Instagram. Misalnya saja kamu bisa mencantumkan nomor telepon, email bahkan lokasi bisnis kamu. Ketika calon pembeli membuka profile, mereka dengan mudah mendapatkan informasi tersebut dan tentu saja menguntungkan bagi para penjual.

"<yoastmark

2.Mulai membuat konten

Rahasia banyak barang yang laku dijual online adalah orang tertarik dengan konten yang disajikan. Tentu saat membeli online, para pembeli tidak melihat barang jualannya secara langsung. Maka, foto dan caption yang menarik menjadi kunci.

Kamu bisa memberikan foto produk yang terbaik. Coba buat perencaan foto produk sederhana misalnya menentukan background yang menarik. Selain itu, kamu bisa mengedit foto dengan menambahkan logo, frame serta watermark agar orang dengan mudah mengingat produk jualanmu.

Hal penting berikutnya adalah caption. Tentu saja caption ini berisi informasi mengenai produk kamu. Mengapa caption penting dalam berjualan online?

Pelanggan tentu membutuhkan informasi yang jelas seputar barang yang kamu jual. Selain itu, caption juga memberikan kedekatan antara penjual dan pembeli. Kamu bisa memberikan panggilan tersendiri sesuai dengan produk yang kamu jual.

Misalnya kamu berjualan baju untuk laki-laki, maka kamu bisa memanggil konsumen kamu dengan “bro”. Tak hanya membangun kedekatan saja loh. Panggilan ini juga memberikan imej yang macho untuk produk kamu.

"<yoastmark

2.Kembangkan konten yang lain

Konten di media sosial juga tak melulu soal berjualan barang. Kamu mungkin bisa membuat permainan singkat agar pelanggan juga aktif memberikan komentar. Atau kamu bisa memancing komentar mengenai hal yang sedang viral dan berhubungan dengan produk jualan kamu.

Selain itu, berikan pula informasi yang berhubungan dengan apa yang kamu jual. Misalnya ketika kamu berjualan makanan sehat. Jangan ragu untuk memberikan informasi seputar nutrisi. Sebab, jualan di media sosial tak hanya hard selling semata.

Kamu harus mengambil perhatian pengguna aktif media sosial. Jika terus menerus berjualan, bisa jadi orang malas membuka akun instagram kamu dan dianggap spam semata. Kreativitas sangat dibutuhkan sebab para pengusaha sukses juga melakukan hal ini.

Nah, hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengatur jadwal posting. Jangan posting dalam jarak waktu dekat karena dianggap spam. Selain itu, cobalah memilih jam di mana banyak orang yang mengakses. Misalnya saja setelah jam pulang kantor.

"<yoastmark

3.Gunakan hashtag

Salah satu fitur media sosial yang dapat membantumu adalah hashtag. Fitur ini mempermudah seluruh pengguna untuk mencari apa yang mereka cari. Misalnya sedang mencari tas. Tentu saja kita tinggal mencari hastag #jualtas. Terkadang bisa ditambah dengan nama daerah seperti #jualtasjakarta.

Kamu bisa memilih 3 sampai 5 hashtag yang berkenaan dengan yang kamu jual. Sebab, penggunaan hashtag berlebihan akan menyebabkan postingan kamu dianggap spam hingga bisa jadi tidak muncul saat dicari. Cobalah mencari 2 hashtag yang spesifik dan 3 hashtag yang umum.

Itu dia tadi sederet cara jualan di media sosial yang bisa kamu coba. Trik ini pastinya dilakukan oleh para pengusaha muda sukses dan berhasil menjual barang yang laku dijual online. Selamat mencoba!