Jualan di Toko Online Sendiri atau di Marketplace Terkenal?

by -5 views
toko online
toko online

Mungkin ini menjadi pertanyaan banyak orang, lebih baik jualan di toko online sendiri atau di marketplace terkenal? Untuk menjawabnya kita perlu membahas hal ini lebih dalam. Karena dari dua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Begitu pun terkait cara pemasaran, jualan menggunakan toko online akan berbeda cara pemasarannya jika anda berjualan di marketplace terkenal. Untuk itu kami mencoba membahas pertanyaan ini agar anda mendapatkan sedikit pencerahan.

Apa itu Marketplace?

Apa itu Marketplace - Toko Online
Marketplace

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah marketplace itu apa? Kita bisa mengibaratkan marketplace itu seperti pasar yang terdapat pembeli dan penjual di dalamnya. Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada dan lain sebagainya, mereka menyiapkan tempat untuk penjual dan pembeli bertransaksi.

Tentu itu persis sama seperti pasar, hanya saja marketplace menggunakan sistem online. Jadi, di marketplace anda bisa menjadi penjual dan juga pembeli. Sedangkan jika anda memiliki toko online sendiri, maka anda hanya seperti memiliki toko dengan sistem pembelian secara online.

Kelebihan dan Keuntungan Toko Online Sendiri

Kelebihan dan Keuntungan Toko Online Sendiri
Toko Online Sendiri

Untuk menentukan lebih baik jualan di marketplace atau toko online tentu anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beikut ini kelebihan dan kukarangan buka toko online sendiri untuk bisnis Anda.

A. Kelebihan Menual Produk di Toko Online

  1. Memiliki toko online sendiri sama halnya anda sedang membranding produk yang dijual. Anda bisa menggunakan domain sesuai yang diinginkan.
  2. Memiliki kontrol penuh terhadap website serta orang yang membeli produk di toko online anda. Tidak ada orang lain yang mengatur toko online sehingga anda bisa memberikan promo atau lain sebagainya sesuka hati.
  3. Anda bisa mengatur harga sendiri karena tidak ada penjual lain di dalam toko online anda.
  4. Orang akan dengan mudah mengingat produk Anda karena toko online menggunakan nama produk yang Anda kelola.

B. Kekurangan Menjual Produk di Toko Online Sendiri

  1. Membangun toko online memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Anda memerlukan sumber daya yang cukup besar, baik terkait sistem toko online, biaya pembuatan website, SDM dan lain sebagainya.
  2. Mendatangkan traffic yang cukup susah. Berbeda dengan marketplace, toko online pribadi memerlukan strategi pemasaran yang cukup susah karena anda harus mendatangkan sendiri traffic pelanggan ke dalam toko online. Anda bisa menggunakan jasa iklan berbayar yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
  3. Jika toko online Anda belum memiliki kredibilitas tentu akan susah mendapatkan pembeli karena orang akan ragu dengan toko yang mereka belum pernah bertransaksi di dalamnya.

Kelebihan dan Kekurangan Jual Produk di Marketplace

Kelebihan dan Kekurangan Jual Produk di Marketplace
Marketplace

Walaupun membuka toko di marketplace sangatlah mudah, tetapi marketplace memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi berikut:

A. Kelebihan Menjual Produk di Marketplace

  1. Prasarana tersedia lengkap, karena itu setiap orang akan mudah memulai untuk jualan di marketplace. Anda hanya perlu registrasi akun, upload foto, keterangan dan hal mudah lainnya.
  2. Marketplace memiliki pengunjung yang banyak, dengan begitu anda tidak perlu mencari traffic dengan iklan berbayar seperti Google Ads ataupun Facebook Ads.

B. Kekurangan Menjual Produk di Marketplace

  1. Akan ada perang harga di marketplace karena memang banyak orang membuka lapak dan menawarkan harga yang lebih murah. Akibatnya penjual tidak dapat memperoleh keuntungan besar.
  2. Calon pembeli akan mudah berpindah dari toko anda ke toko lainnya untuk membandingkan kualitas ataupun harga.
  3. Anda tidak bisa membangun brand karena tidak bisa menggunakan domain sendiri untuk toko di marketplace. Orang akan susah mengingat nama toko anda karena begitu banyak penjual di dalam nya.
  4. Sebenarnya anda hanya menggunakan tempat jualan di marketplace, akibatnya anda tidak dapat mengontrol secara penuh toko yang dibuka di dalamnya. Itu artinya sama seperti anda membuka toko di mall yang mengharuskan penjual mengikuti peraturan serta bersaing harga dengan penjual lain.

Kesimpulan

Kita telah membahas pengertian marketplace dan toko online, begitupun kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu mana yang lebih baik, jualan di toko online sendiri atau marketplace? Jawabannya adalah, jual lah produk di kedua tempat tersebut.

Mengapa demikian? Karena masing-masing marketplace dan toko online memiliki kelebihan tersendiri. Anda bisa memanfaatkan kelebihan tersebut untuk meningkatkan penjualan produk yang dimiliki. Akan tetapi jika anda ingin fokus di salah satunya itupun tidak menjadi masalah, tentu anda pun harus mengambil resiko dari keputusan tersebut.

Nah demikian lah ulasan tentang toko online dan marketplace untuk menjual produk yang Anda miliki. Manfaatkanlah kedua tempat ini untuk kemajuan bisnis anda.

Baca juga artikel terkait Manfaatkan Ilmu Psikologi Ini untuk Strategi Pemasaran Produk