,

Jualan di Toko Online Sering Boncos? Ini 5 Tips Tidak Gagal Transaksi

by -7 views
Jualan di Tokopedia
Jualan di Tokopedia

Toko online yang ramai akan trafik tidak menjadi berarti jika pengunjung tidak membeli produk. Barangkali banyak kasus jualan di toko online yang demikian, dilihat dari data banyak orang yang berkunjung ke toko online anda tetapi tidak banyak yang menjadi pelanggan. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi orang untuk membeli atau tidak di sebuah toko online.

Nah pada kesempatan ini kita akan membahas hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan gagal transaksi di dalam e-commerce. Simak informasinya berikut ini:

Jualan di Toko Online Memaksa Orang untuk Membuat Akun

Jualan di Toko Online
Jualan di Toko Online

Dalam survei yang dilakukan oleh sebuah badan pendidikan di denmark menyebutkan, jika 17 persen dari calon konsumen meninggalkan toko online atau keranjang belanja lantaran diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu. Banyak toko online sekarang memang begitu, mereka mewajibkan untuk membuat akun agar bisa mengumpulkan data calon pembeli.

Ini kelihatannya bagus, tapi percayalah trik ini tidak efektif dan akan menyebabkan calon pembeli malah kabur. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengumpulkan data calon pembeli, seperti menggunakkan Facebook Pixel, membuat promo dengan meminta alamat email, dan lain-lain.

Jualan di Toko Online Kurang Testimoni

Peluang Usaha - Tips
Peluang Usaha – Tips

Salah satu cara untuk mendapatkan keyakinan konsumen jika toko online anda memang benar-benar berkualitas adalah dengan memberikan testimoni. Ini adalah semacam ulasan dari pelanggan anda untuk membuat toko online lebih kredibilitas dan terpercaya. Untuk lebih jelasnya bagaimana melakukan testimoni, silahkan baca ulasannya di sini.

Biasanya orang akan lebih percaya untuk berbelanja di toko tertentu karena mendapat rekomendasi dari orang lain yang pernah berbelanja di toko tersebut. Nah inilah fungsi dari testimoni, dan tentunya in berdampak kepada prospek penjualan toko online anda.

Formulir Jualan di Toko Online yang Bertele-Tele

Jualan di Toko Online
Jualan di Toko Online

Barangkali kita pernah membeli di sebuah online market dengan sistem formulir yang bertele-tele. Lalu kita merasa jengkel dan akhirnya meninggalkan toko online tersebut. Nah seperti itulah calon pembeli lain, mereka cenderung tidak ingin bertele-tele ketika ingin membeli barang secara online. Buatlah sistem yang mudah dan tidak membuat orang kesal harus mengisi ini-itu.

Begitupun dengan halaman checkout, buatlah sesimpel mungkin dan memudahkan calon pembeli. Menurut sebuah penelitian yang sama, ada 28 persen calon pembeli yang tidak jadi bertransaksi karena pusing terhadap proses check out yang panjang. Jangan juga menaruh semacam gimmick terkait rekomendasi produk yang bisa dibeli ketika ingin checkout.

Tidak Menyebutkan Keamanan Transaksi

Peluang Usaha - Tips
Peluang Usaha – Tips

Se-amanah apapun anda dan dengan sistem transaksi yang jelas, jika orang tidak mengetahui keamanan transaksi di toko anda maka mereka akan merasa curiga. Karenanya berikanlah informasi terkait hal itu secara jelas dan jaminan keamanan. Anda dapat menaruh informasi itu di halaman checkout agar bisa langsung dibaca oleh calon pelanggan.

Dengan informasi yang jelas seperti ini akan membuat prospek penjualan di toko anda semakin meningkat. Dengan keamanan transaksi akan membuat pelanggan anda tidak takut kehilangan uang karena penipuan. Buatlah online market dan juga cara pembayaran yang profesional.

Website Tidak Responsif

Jualan di Toko Online
Jualan di Toko Online

Banyak orang melakukan transaksi melalui ponsel pintar mereka, nah ini menjadi buruk ketika website toko anda tidak responsif terhadap tampilan mobile phone. Setidaknya ada 20 persen calon pembeli yang melakukan transaksi melalui ponsel, karenanya jika tidak membuat web yang responsif maka anda bisa kehilangan kesempatan itu.

Pastikan web anda bisa diakses dengan nyaman melalui PC maupun smartphone. Perhatikan juga kecepatan website agar pelanggan tidak jenuh mengakses setiap halaman produk di toko online anda. Tapi jangan lupa tetap memberikan pilihan kepada calon pembeli untuk melakukan transaksi melalui PC mereka.

Penutup

Demikianlah informasi tentang apa saja yang menjadi kendala dan menyebabkan gagal transaksi jualan di toko online. Selain itu perhatikan juga aspek lain yang bisa membuat prospek penjualan semakin tinggi, yaitu terkait gambar produk, ulasan deskripsi, jaminan produk dan lain sebagainya. Semua tips dan trik di atas tidak menjamin anda sukses di dalam berbisnis online, itu hanya menjadi jalan ikhtiar atau usaha kita mendapatkan pembeli.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda tentang berbisnis melalui internet. Silahkan share kepada yang lainnya, terima kasih!