, ,

Jualan di Tokopedia Tanpa Modal? Ini Trik Suksesnya

by -15 views
Jualan di Tokopedia

Jualan di Tokopedia kini menjadi usaha kecil yang menjanjikan. Namun, kamu pasti ingin mendapatkan untung berlipat ketika ingin berjualan. Beberapa cara kamu lakukan seperti mencari barang terlaris di Tokopedia.

Namun bagaimana jika kamu tidak punya modal? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah melakukan model bisnis dropship. Kamu hanya perlu mengambil barang dari supplier dan menjajakannya di tokomu. Tak sampai situ saja, kamu juga bisa mencari barang yang memang jadi produk terlaris di Tokopedia.

Selain itu ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mulai usaha kecil yang menjanjikan ini. Sudah banyak orang yang sukses dari melakukan model bisnis ini. Penasaran bagaimana caranya?

Jualan di Tokopedia
Jualan di Tokopedia

Jualan di Tokopedia dengan Mencari Supplier yang Tepat

Pastinya kamu harus menentukan dulu supplier yang akan jadi partner bisnismu. Namun, jangan main asal pilih karena bisa jadi ia salah menawarkan barang terlaris di Tokopedia. Untuki itu kamu harus mengetahui beberapa kriteria yang tepat untuk memilih supplier.

Pertama adalah pastikan supplier tersebut memiliki komunikasi yang baik. Carilah supplier yang membalas chat di bawah satu jam. Sistem dropshipper ini sangat membutuhkan komunikasi yang baik. Jangan sampai saat sedang butuh barang, supplier malah tidak bisa dihubungi.

Prinsip jualan di Tokopedia berikutnya pastinya soal persaingan harga. Tak hanya mencari barang yang laku di Tokopedia, kamu juga harus memastikan barang memiliki harga kompetitif. Murah atau mahal memang menentukan kualiats tapi kamu sendiri sudah menentukan target pasar.

Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah jumlah varian barang yang dijual. Untuk mempermudah proses berjualan pastinya kamu lebih baik mencari supplier yang punya berbagai jenis varian barang. Dengan begitu konsumen akan lebih senang berkunjung ke toko milikmu karena barangnya yang lengkap.

Jualan di Tokopedia
Jualan di Tokopedia

Jualan di Tokopedia dengan Sering Unggah Foto

 Sebuah toko di Tokopedia akan dipercaya orang jika kamu aktif dalam mengunggah foto. Semakin aktif tentunya akan membuat orang percaya bahwa barang yang kamu jual benar-benar ada. Maka dari itu, kamu sebaiknya sering mengunggah foto produknya ya.

Kamu bisa mengunggah minimal lima produk sehingga calon pembeli jadi percaya dan mau membeli produkmu. Jangan ragu untuk menambahkan foto testimoni atau foto produknya yang real. Dengan begitu konsumen bisa memperkirakan seperti apa jadinya barang ketika datang.

Tak sampai situ saja. Kamu juga harus menjelaskan secara detail barang yang kamu jual mulai dari ukuran sampai warna. Jangan lupa untuk terus update varian dari warna dan ukuran tersebut. Sebab banyak konsumen yang kesal karena warna atau ukuran yang diinginkan tidak ada namun sudah terlanjur dibeli.

Jualan di Tokopedia
Jualan di Tokopedia

Jangan Lupa Membuat Kata Kunci yang Tepat

 Salah satu faktor mengapa banyak orang bisa menemukan barang yang diinginkan adalah dengan mencari kata kunci. Tokopedia memiliki fitur pencarian yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Maka membuat kata kunci menjadi hal utama ketika kamu ingin berjualan. Cobalah untuk mencari kata kunci yang tepat. Kamu bisa coba meriset terlebih dahulu nama produk yang dibuat oleh toko lain. Tak hanya itu, kamu bisa juga menambahkan di deskripsi lokasi serta kata kunci pendukung misalnya ‘original’ atau ‘murah’

Jualan di Tokopedia
Jualan di Tokopedia

Lakukan Branding yang Tepat

Setelah jualan di Tokopedia, kamu harus memperhatikan banyak faktor mulai dari logo toko hingga deskripsi toko. Jika dilakukan dengan professional dan menarik pastinya pelanggan akan percaya berbelanja di tokomu. Kamu bisa menyewa jasa pembuatan logo sederhana. Harganya bahkan tidak sampai Rp 100 ribu.

Setelah itu isi deskripsi dengan jelas dan mudah dimengerti. Pastinya pembeli tak mau asal-asalan karena bisa jadi barang yang datang bukanlah barang yang diinginkan. Jelaskan dengan detail ukuran barang, bahan hingga varian apa yang tersedia.

Dengan informasi yang terbuka dan jelas, pelanggan juga akan merasa yakin dan nyaman melakukan transaksi. Foto juga cukup memberikan pengaruh. Jadi, jangan sampai fotonya terlalu blur atau tidak nyata sehingga pelanggan bisa merasa tertipu.

Nah itu dia tadi sederet cara untuk jualan di Tokopedia supaya bisa untung berlipat dan dengan modal kecil. Kamu bisa mencoba usaha kecil yang menjanjikan ini dari sekarang. Selamat mencoba!