Jualan Laris di Tahun 2020 dengan 7 Kiat Ini

by -8 views
Gambar grafik penjualan
Usahakan grafik penjualan Anda naik terus sebagai pertanda jualan Anda laris

Setiap pengusaha pasti berharap bisnis mereka lancar jaya. Jualan laris kalau bisa setiap hari tanpa henti. Selain tetap optimis, kita harus tetap realis. Kompetisi di zaman sekarang semakin ketat. Semakin mudah membuka usaha, alhasil semakin banyak kompetitor bermunculan. Lalu bagaimana cara agar jualan tetap laris?

Simak tulisan ini tentang kiat berjualan agar laris senantiasa. Kompetisi ketat jadikan sebagai tantangan, bukan halangan.

 

7 tips jualan laris di tahun 2020

 

  1. Manfaatkan media sosial semaksimal mungkin

Bukan rahasia lagi kalau media sosial adalah salah satu media promosi paling efektif terutama bagi usaha kecil. Promosi bisa dilakukan dengan gratis, dengan cara update konten secara regular. Anda juga bisa menjalin silaturahmi dengan mengunjungi akun pengusaha lain. Semakin luas networking , semakin bagus untuk usaha Anda. Selain update konten dan membangun jejaring, Anda juga bisa memanfaatkan iklan sesuai dengan budget Anda. Banyak tutorial tentang cara beriklan di Instagram atau Facebook. Anda bisa coba dengan seksama.

 

  1. Gunakan logo, tagline dan kemasan yang menarik

Sekarang, orang lebih mudah tertarik pada sesuatu yang bersifat visual. Kemasan produk yang cantik, seringkali menarik hati pembeli. Bisa jadi, mereka belum tahu pasti produk apa yang ada di dalam kemasan tersebut. Demikian juga dengan tagline atau motto jualan Anda. Gunakan tagline yang singkat, padat namun memiliki pesan jelas dan mudah diingat.

 

  1. Menggunakan jasa influencer

Libatkan influencer untuk bisnis Anda. Tentu, Anda perlu menyediakan sejumlah anggaran untuk menggunakan jasa influencer. Namun tidak tertutup kemungkinan untuk mendapatkan free endorsement alias promosi gratis dari beberapa influencer. Anda bisa mengirimkan sample produk kepada influencer yang menerima jasa free endorsement. Tentunya Anda harus pilih-pilih influencer yang sesuai dengan produk dan target konsumen Anda. Jangan sampai Anda mengirimkan produk vitamin orang dewasa ke seorang Tatan, misalnya.

 

  1. Buka peluang untuk reseller / dropshipping

Jika Anda memproduksi sendiri barang jualan Anda, Anda bisa membuka peluang untuk menjadi reseller dan dropshipping. Dengan demikian Anda bisa memperluas jejaring untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Sisihkan komisi untuk para reseller Anda. Buat program reseller yang menarik, dengan foto-foto produk dan materi iklan yang bisa digunakan oleh reseller Anda. Anda juga bisa menerima dropshipping. Tetap ingat, jika Anda membuka program reseller/dropshipping, pastikan produksi Anda telah mencukupi agar reseller/dropshipper Anda tidak kecewa.

 

  1. Bikin blog

Selain media sosial, Anda juga bisa membuat blog untuk memperkuat posisi brand Anda di jagad maya. Update konten blog secara teratur dengan topik bermacam-macam namun masih seputar usaha yang Anda jalankan. Sediakan formulir untuk menerima pendaftaran sebagai reseller atau sebagai pelanggan. Formulir ini penting untuk membangun database Anda. Untuk membuat jualan semakin laris, secara berkala Anda bisa mengirimkan newsletter atau email berisi informasi penting tentang produk Anda, atau event promo seperti diskon spesial untuk jangka waktu tertentu.

 

  1. Customer support yang handal

Customer support bisa membuat jualan Anda makin laris
Tim customer support yang tangguh bisa mendorong jualan makin laris

Pelanggan pasti mencari customer support yang bisa mereka andalkan. Jangan sampai pelanggan gelisah karena Anda tidak cukup cepat membalas pesan mereka. Usahakan untuk selalu online 24 jam, Anda bisa mengkaryakan customer support dengan sistem kerja shift. Tidak hanya menggunakan telepon atau WhatsApp, Anda juga bisa menggunakan media sosial sebagai saluran customer support. Pelanggan tidak akan merasa kesulitan untuk menghubungi Anda, dan di kemudian hari, mereka bisa merekomendasikan layanan Anda kepada teman-teman mereka. Worth-to-mouth atau dari mulut ke mulut adalah sarana marketing paling ampuh. Dijamin, jualan Anda bakal makin laris.

 

  1. Ikut pameran agar jualan makin laris

Rajin-rajinlah mencari info pameran atau bazaar yang diadakan di kota Anda. Jika Anda merasa perlu dan cukup kuat, Anda bisa juga mengikuti pameran di kota lain, seringnya di Jakarta. Dengan demikian jangkauan pelanggan Anda semakin luas. Orang yang mengunjungi pameran cenderung punya niat untuk membeli sesuatu. Jualan laris hampir pasti di tangan. Anda bisa manfaatkan ini dengan memberi diskon khusus. Jangan lupa sediakan kartu nama dengan kontak dan akun media sosial Anda. Siapa tahu, calon pembeli yang di pameran masih berpikir-pikir, setelah pulang ke rumah baru memutuskan untuk membeli.

 

Anda tidak perlu ragu memulai usaha di tahun 2020 ini. Kompetisi yang ketat tetap menyisakan ruang untuk sukses. Rajin-rajinlah mencari informasi, tips dan trik agar jualan Anda tetap laris. Selalu utamakan pelanggan dan siap mendengar masukan dari mereka, baik yang bersifat memuji maupun kritik pedas.