, ,

9 Macam Produk Jualan Laris Saat Bulan Puasa

by -22 views
Toples Isi Jualan Laris Saat Bulan Puasa
Jualan laris di bulan puasa

Setiap bulan puasa tiba, ada kegairahan tersendiri yang terasa. Perbedaan itu tidak hanya dalam hal ibadah, tapi juga membawa berkah bagi kegiatan perekonomian. Bermunculan bisnis musiman yang hanya bisa ditemui saat bulan Ramadhan. Anda bisa turut serta memasarkan produk jualan yang laris selama bulan suci ini. Tidak hanya produk berupa barang, namun Anda juga bisa berjualan jasa yang banyak dibutuhkan terutama saat bulan puasa.

Jika Anda punya pekerjaan tetap, bisnis kecil saat bulan Ramadhan bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan. Ajak anggota keluarga untuk mendukung usaha kecil Anda, yang mayoritas bisa dilakukan di rumah.

Jenis produk jualan apa saja yang laris saat bulan puasa? Yuk, simak!

 

9 peluang jualan laris saat bulan puasa

 

  1. Makanan dan minuman

Buah kurma
Jualan kurma dijamin laris selama bulan puasa

Kebutuhan makanan dan minuman baik itu untuk sahur maupun berbuka, meningkat. Anda bisa mencari jenis makanan atau minuman yang bisa Anda jual, baik sebagai reseller maupun produksi sendiri. Jika ingin jualan laris, pilih produk kuliner yang permintaannya tinggi seperti takjil, kurma, frozen food atau makanan beku. Atau ingin mempopulerkan kue tradisional? Simak 15 ide jualan kue tradisional.

  1. Busana (Baju muslim, peci, jilbab, sarung, mukena)

Selama bulan puasa, orang tak lupa mempersiapkan diri menyambut Lebaran. Bisnis pakaian pun laris. Banyak orang berburu baju muslim untuk momen spesial di Hari Idul Fitri. Peci, jilbab, sarung dan mukena pun tak kalah laris.

  1. Perlengkapan ibadah

Ibadah umat muslim selama bulan puasa jelas meningkat. Sajadah dan tasbih banyak dicari. Selain untuk keperluan pribadi, banyak perusahaan juga mencari untuk cindera mata acara buka puasa yang mereka adakan. Karena itu, perlengkapan ibadah merupakan salah satu produk jualan laris terlebih di bulan puasa.

  1. Parsel

Bersiaplah mempromosikan usaha parsel Anda selama bulan puasa. Orang biasa pesan parsel jauh hari sebelum Lebaran sebagai hantaran bagi rekan bisnis maupun keluarga dekat. Anda bisa berkreasi menciptakan parsel yang unik dan berkesan.

  1. Ketupat

Kehadiran ketupat seperti sudah wajib saat Lebaran tiba. Anda bisa memproduksi sendiri ketupat di rumah dibantu oleh anggota keluarga lain, dan mempromosikan saat bulan puasa tiba.Anda juga bisa menjual makanan pendamping ketupat seperti sambeal goreng ati, opor ayam, rendang dan lain-lain.

  1. Baby sitter atau ART sementara (infal)

Banyak asisten rumah tangga dan baby sitter yang mudik saat Lebaran tiba. Para ibu rumah tangga di kota-kota besar harus memutar otak mencari pengganti sementara ART dan baby sitter.  Biasanya permintaan jasa yang biasa disebut dengan infal ini meningkat di hari-hari sebelum Lebaran. Jika Anda terbiasa mengurus rumah dan tidak keberatan bekerja sementara sebagai ART dan baby sitter, peluang usaha ini bisa dicoba.

  1. Perbaikan dan perawatan rumah

Momen Lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu.Untuk menyambut momen istimewa ini, hampir setiap orang mempersiapkan rumah mereka agar tampak cantik saat tamu berkunjung. Anda bisa menyediakan jasa perbaikan dan perawatan rumah seperti mengecat dan menata ulang dekorasi rumah.

  1. Perlengkapan Rumah Tangga

Toples Permen
Toples cantik banyak dicari menjelang Lebaran

Jika tamu banyak berkunjung, artinya banyak juga sajian yang harus disuguhkan. Anda bisa menangkap peluang ini dengan berjualan toples, tempat permen, dispenser dan alat-alat rumah tangga lain yang kiranya diperlukan untuk melengkapi rumah tampil cantik.

  1. CCTV

Banyak pula keluarga yang memutuskan mudik saat Lebaran. Artinya, rumah mereka kosong. Promosikan CCTV agar mereka tidak was-was saat mudik. Jualan CCTV semakin laris selama bulan puasa karena pemilik rumah butuh ketenangan hati saat mereka meninggalkan kediaman mereka untuk waktu lama.

 

Sembilan ide di atas bisa dikembangkan menjadi banyak sekali. Jika masih butuh ide lain, amati lingkungan sekitar untuk cari tahu apa kebutuhan mereka selama bulan puasa. Tangkap peluang itu dan jual produk yang sesuai.

Apabila Anda kenal penyedia jasa yang dibutuhkan untuk perbaikan dan perawatan rumah, Anda bisa mengkoordinasi mereka. Tawarkan jasa mereka pada konsumen yang membutuhkan. Anda tidak perlu turun tangan sendiri, namun tetap bisa mendapat pemasukan berdasar system komisi.

Dengan semangat tinggi dan kejelian menangkap peluang, jualan laris seakan sudah di tangan.