,

Jualan Yang Laku Setiap Hari di Masa Krisis? Yuk, Jualan Jamu Tradisional

by -24 views
Jahe yang merupakan bahan baku jamu yang banyak dicari
Jahe banyak dicari untuk jamu tradisional dan laku setiap hari

Saat krisis karena coronavirus melanda, banyak bisnis yang kelimpungan. Pembatasan gerak masyarakat atau karantina menyebabkan banyak usaha terganggu. Omset jualan turun, banyak bisnis harus tutup sementara atau permanen. Namun, tetap ada jualan yang laku setiap hari dan meningkat pada saat krisis begini, yaitu jualan jamu tradisional.

Kesadaran masyarakat meningkat untuk lebih menjaga diri agar tahan terhadap serangan virus dan penyakit lainnya.

Masyarakat mulai memprioritaskan konsumsi makanan sehat, memperbanyak makan buah dan sayur. Itu dirasa tidak cukup bagi sebagian orang.

Mereka minum vitamin dan suplemen yang dianggap berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Banyak pula yang beralih ke jamu tradisional, karena dipercaya kandungan bahan baku alami seperti jahe, kunyit dan temulawak bisa meningkatkan imunitas. Imunitas tinggi akan mencegah orang terpapar berbagai penyakit.

Anda bisa turut memanfaatkan trend jualan jamu tradisional ini. Modal kecil, merupakan usaha yang dilakukan di rumah, dan bisa dikerjakan menyesuaikan dengan kesibukan Anda.

 

2 jenis produk jamu jualan yang laku setiap hari

 

Ada 2 jenis produk jamu yang bisa dipilih sebagai jualan Anda.

  1. Jualan bahan baku

Contoh kemasan bahan baku jamu mpon-mpon
Contoh kemasan bahan baku jamu mpon-mpon – Foto: Koleksi pribadi

Anda bisa menyediakan bahan baku mentah yang sudah dikemas dalam satu paket sesuai resep racikan jamu. Pelanggan bisa merebus sendiri racikan tersebut dan mengkonsumsi jamu sesuai keperluan mereka.

Karena pengemasan bahan baku jamu ini relatif lebih mudah, Anda bisa mengerjakan sendiri tanpa perlu menjadi reseller/dropshipper.

Lakukan riset untuk mencari resep jamu tradisional atau berbekal resep favorit keluarga, dan pergi ke pasar untuk berbelanja bahan baku.

Pengemasan bisa dilakukan di rumah. Perhatikan kemasan yang Anda pilih agar produk sampai ke tangan pembeli dengan selamat tanpa terbuka atau tercecer selama pengiriman.

Sebaiknya kemasan disertai daftar bahan baku, cara penggunaan termasuk bisa untuk direbus berapa kali. Biasanya satu paket jamu bisa direbus hingga 4 – 5 kali.

 

  1. Jualan jamu tradisional siap minum

Jika Anda punya pengalaman meracik jamu tradisional, dan siapa tahu punya resep turunan kakek nenek, Anda bisa mulai memproduksi jamu sendiri.

Produksi jamu bisa dilakukan di rumah dengan alat-alat rumahtangga biasa.

Tentu saja alat-alat rumahtangga untuk bikin jamu harus terpisah dengan alat-alat yang digunakan untuk memasak sehari-hari. Anda tidak ingin ‘kan, sayur asem untuk makan siang keluarga jadi bau beras kencur?

Jika Anda tidak punya pengalaman dalam bidang jamu-jamuan, lebih baik Anda menjadi reseller terlebih dahulu. Luangkan juga waktu untuk belajar bagaimana meracik jamu yang benar.

Anda bisa browsing di internet atau marketplace untuk mencari supplier atau distributor jamu. Lihat di marketplace seperti tokopedia untuk mencari supplier dengan record jualan yang laku setiap hari.

Supplier dan distributor punya harga khusus untuk reseller, atau ada diskon untuk pembelian dengan jumlah tertentu.

Jika Anda menjual produk jamu siap minum, sebaiknya mengambil produk dari supplier terdekat dengan rumah Anda.

Tidak disarankan untuk menjadi dropshipper apabila Anda menjual produk jamu siap minum. Jamu harus sampai di tangan pelanggan dalam keadaan fresh. Tentu Anda menghindari pelanggan komplain karena pengiriman dari supplier terlambat.

*****

Jamu yang populer dan merupakan produk jualan yang laku setiap hari pada saat ini misalnya jamu mpon-mpon, jamu temulawak dan jamu beras kencur.

Anda tidak perlu menjual banyak macam jamu. Lebih baik focus pada 1-2 resep jamu, dan setelah usaha Anda berkembang, Anda bisa menambahkan variasi jamu lainnya.

Anda bisa mempromosikan jualan lewat media sosial. Buat konten yang segar dan kekinian sehingga calon pembeli tertarik mencoba produk Anda.

Tidak melulu jualan, Anda juga bisa menyelipkan konten yang sifatnya informatif seputar gaya hidup sehat dan kembali ke peninggalan tradisi.

Anda juga bisa membuka toko online di berbagai marketplace. Untuk produk jamu siap minum, terapkan sistem pre-order. Anda tidak perlu menyimpan stok, kecuali jika Anda sudah punya banyak pelanggan dan yakin bisa menjual stok habis dalam sehari.

Dengan kesadaran hidup sehat yang terus meningkat, trend jamu tradisional diharapkan tetap langgeng ke depannya. Yuk, mulai buka usaha jualan yang laku setiap hari yaitu jamu tradisional!