8 Ide Bisnis Jualan Yang Laku Setiap Hari

by -34 views
Toko Beras dan Sembako
Sumber foto: mataairradio.com

Impian setiap pengusaha adalah memiliki bisnis yang memungkinkan jualan laku setiap hari. Semakin banyak produk yang terjual, semakin besar untung yang kita dapat. Karena itu Anda perlu riset terlebih dulu, kira-kira produk apa yang banyak diminati oleh pasar dan merupakan barang yang laku keras di pasaran.

Anda bisa mulai menganalisa kebutuhan Anda sehari-hari. Kira-kira, produk apa yang pasti Anda beli jika persediaan di rumah Anda habis?

Produk seperti Boba Milk Tea, mungkin merupakan favorit Anda, tapi tidak masalah jika tidak tersedia di rumah Anda (kecuali jika Anda atau istri Anda ngidam).

Berbeda dengan sabun mandi, pasti Anda akan kelimpungan dan segera bergegas ke warung jika sabun mandi di rumah Anda habis.

Itu adalah gambaran bagaimana mendapatkan ide untuk bisnis yang laku setiap hari.

Selain itu, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan di marketplace seperti Tokopedia. Produk apa yang laris terjual di sana? Anda bisa mulai menganalisa lebih lanjut tentang bagaimana Anda bisa ikut berjualan produk tersebut.

8 Ide Bisnis Jualan Yang Laku Setiap Hari

Berikut 8 ide bisnis produk yang dibutuhkan banyak orang dan hampir dipastikan merupakan produk jualan yang laku setiap hari.

  1. Sembako

Display telur salah satu produk sembako
Telur salah satu produk yang laku setiap hari

Tidak dipungkiri, sembako alias sembilan bahan pokok adalah kebutuhan utama manusia di Indonesia. Warung sembako selalu dibutuhkan, bahkan di saat krisis COVID-19 pun, bisnis sembako dan apotek  adalah yang dipastikan boleh tetap buka sementara jenis usaha lain diharapkan tutup sementara. Anda bisa membuka warung sembako dengan produk utama beras, gula pasir, minyak goreng, dan telur ayam selain menyediakan barang-barang keperluan rumah tangga sehari-hari. Resep sukses warung sembako adalah lokasi yang strategis sehingga mudah dijangkau oleh banyak orang. Selain itu, barang-barang yang Anda sediakan harus berkualitas baik dan tidak kadaluwarsa.

  1. Gas dan air isi ulang

Pemakaian kompor gas sudah semakin merata menggantikan kompor minyak tanah. Orang juga cenderung menggunakan air isi ulang daripada memasak air sendiri karena kualitas air dari PDAM yang buruk. Anda bisa menjadi pengecer maupun agen gas LPG, tergantung dari besarnya modal yang Anda miliki. Untuk bisnis ini, Anda harus punya kendaraan operasional untuk layanan antar, karena mayoritas pembeli menginginkan tabung gas dan galon air mineral diantar ke rumah mereka.

  1. Pulsa dan token listrik

Selain makanan sebagai kebutuhan primer, manusia modern juga membutuhkan pulsa untuk keperluan komunikasi sehari-hari. Sekarang banyak aplikasi yang menawarkan peluang menjadi reseller pulsa dan token listrik. Anda bisa menjalankan bisnis ini dari rumah, dengan modal handphone saja sudah bisa berjualan. Pelanggan bisa Anda dapatkan dari mana saja, apalagi jika Anda membuka layanan 24jam.

  1. Keperluan bayi

Setiap orang tua pasti panik jika bayi mereka menangis akibat susu habis, misalnya. Mereka juga akan kelimpungan jika popok bayi tidak tersedia. Anda bisa menjual toko susu, bubur bayi dan popok bayi yang merupakan kebutuhan primer bayi. Jika Anda punya pengalaman membuat bubur bayi sendiri, Anda bisa menawarkan bubur bayi homemade.

  1. Warung makan

Kesibukan manusia jaman sekarang terkadang membuat mereka tidak sempat untuk memasak sendiri di rumah. Anda bisa buka warung makan yang menyediakan berbagai menu rumahan dengan harga terjangkau. Tawarkan pemesanan online dan layanan delivery agar jangkauan pelanggan Anda semakin luas.

  1. Apotek

Obat juga selalu dicari oleh konsumen, baik obat resep maupun tanpa resep. Anda bisa mengambil waralaba apotek yang sudah ternama di Indonesia seperti Apotek Century Pharma. Modal awal yang Anda butuhkan sekitar Rp 400 juta untuk franchisee fee dan biaya setup, selain menyediakan tempat sesuai persyaratan.

  1. Toko obat herbal atau obat tradisional

Display toko obat tradisional
Display toko obat tradisional

Jika modal Anda belum mencukupi untuk mengambil waralaba apotek, Anda bisa membuka toko obat herbal atau obat tradisional. Kini masyarakat banyak beralih ke obat tradisional dan menghindari obat modern. Anda bisa mencari distributor obat herbal dan menjadi reseller. Lebih baik jika bisa menggunakan system konsinyasi, sehingga Anda tidak akan rugi jika produk tidak terjual selama jangka waktu tertentu. Atau Anda bisa memilih menjadi dropshipper. Baca di sini untuk mengetahui lebih jauh tentang bisnis reseller dan dropshipper.

  1. Bisnis camilan

Jualan Camilan Yang Laku Setiap Hari
Etalase camilan di supermarket

Camilan seperti kripik, kacang bawang dan sejenisnya hampir pasti tersedia setiap hari di setiap rumah. Anda bisa memproduksi camilan sendiri, atau menjadi reseller dengan membuka toko berbagai camilan. Cari camilan yang sedang trend di pasaran, misalnya makaroni pedas atau kripik singkong kekinian. Menyediakan camilan kekinian berpotensi mendatangkan pembeli dengan cepat.

 

Itulah delapan contoh usaha jualan yang laku setiap hari. Beberapa di antaranya bahkan bisa dilakukan dengan bermodal hape, seperti jualan pulsa dan token internet. Anda bisa mempromosikan produk dan toko Anda melalui media sosial. Gunakan kejelian Anda dalam mengamati kebutuhan sehari-hari dan pilih yang Anda kuasai, sehingga lebih mudah dalam menjalankan usaha Anda kemudian.