, ,

Kapan Stock Opname Barang dan Cara Melakukannya agar Efisien

by -0 views
Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari
Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari

Dalam pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian stock opname barang dan juga apa pentingnya. Nah di dalam artikel yang kedua terkait stock opname barang ini, kita akan membahas tentang kapan waktu yang tepat untuk melakukan perhitungan dan bagaimana cara melakukan stock opname secara efisien.

Kapan Perhitungan Stock Opname Barang?

stock opname barang
Tips Mengelola Produk

Sebenarnya tidak ada aturan khusus kapan Anda harus melakukan stock opname barang. Setiap perusahaan mempunyai aturan masing-masing. Akan tetapi pada umumnya hal itu bisa Anda lakukan sesuai dengan keadaan produk dan juga jumlahnya.

Sebelum melakukan pengecekan secara manual, ada 3 hal yang perlu dipikirkan, yaitu sebagai berikut:

  • Handle the Disruption

Jika Anda mampu mengatasi berbagai masalah secara cepat, stock opname barang secara manual bisa dilakukan dengan jangka waktu 3 sampai 4 bulan sekali. Karena dengan jangka waktu tertentu Anda masih bisa mengandalkan perhitungan otomatis menggunakan software akuntansi.

  • Produk Trecking Accuracy

Jika perusahaan Anda bergerak di bidang penjualan produk yang tahan lama, maka ini juga akan mempengaruhi jangka waktu kapan harus melakukan stock opname. Sesuaikan saja dengan produk yang anda miliki, Anda bisa melakukan stock opname satu bulan sekali, dua bulan sekali atau sebagainya.

  • Reliance on Accurate Figures

Akan tetapi sepertinya Anda harus melakukan stock opname secara manual lebih rutin jika produk yang Anda jual sangat berhubungan dengan tanggal expired. Produk tersebut seperti makanan, minuman, obat-obatan atau lain sebagainya. Produk semacam itu sangat terbatas jangka waktunya, baik sehingga pemasaran dan penjualan harus dilakukan dengan cepat.

Dari tiga hal yang harus diperhatikan di atas, kita dapat menyimpulkan, jika waktu pengecekan stok barang sangat tergantung dengan produk yang dijual. Jika produk tersebut memiliki ketahanan dalam jangka waktu tertentu maka stock opname bisa dilakukan dalam waktu yang berjauhan.

Sebaliknya jika produk yang Anda jual tidak memiliki ketahanan dan sangat terbatas dengan tanggal expired, maka anda perlu melakukan pengecekan barang secara rutin dan dengan waktu yang berdekatan.

Bagaimana Cara Melakukan Stock Opname Barang Secara Efisien?

stock opname barang
Tips Mengelola Produk

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar stock opname barang berjalan lebih efisien, antara lain sebagai berikut:

  • Stock Opname Barang Menggunakan Barcode

Walaupun menghitung secara manual, tetapi Anda bisa memanfaatkan teknologi agar pengecekan barang bisa berjalan secara efisien. Salah satu teknologi yang bisa digunakan adalah barcode. Dengan penggunaan barcode Anda bisa meletakkan produk sesuai dengan kategorinya dan pengecekan secara cepat.

Hal itu dapat memudahkan pekerjaan pengecekan dengan hanya melihat barcode tertentu.

  • Gudang yang Bersih dan Tertata Rapi

Seringkali permasalahan dalam pengelolaan produk terjadi akibat gudang yang tidak tersusun secara rapi. Gudang yang tidak bersih dan tidak tertata akan sangat menyulitkan ketika Anda melakukan perhitungan secara manual.

Terlebih jika gudang sangat kotor maka bisa menyebabkan produk yang ingin dijual mengalami kerusakan dan tidak layak dipasarkan. Karena itulah sebagai pebisnis yang ingin berkembang tentunya Anda harus memperhatikan keadaan gudang agar selalu bersih dan layak digunakan.

Letakkanlah produk sesuai dengan kategori atau jenisnya agar ketika Anda  mencari produk tertentu tidak perlu membongkar produk-produk lain. Susunlah produk secara tertata karena akan memudahkan Anda untuk melakukan pengelolaan gudang.

  • Bandingkan Hasil Hitungan Secara Manual dan Otomatis

Jika telah menggunakan software akuntansi yang bisa menghitung secara cepat dan efisien, maka Anda bisa membandingkannya dengan hasil hitungan secara manual.

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perhitungan secara cepat menggunakan software akunting. Kemudian lakukanlah perhitungan secara manual dan pengecekan produk untuk memastikan kualitas dan jumlahnya. Setelah itu Anda dapat membandingkan apakah hasil dari kedua perhitungan tersebut sesuai atau tidak.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang kapan stock opname barang dan juga bagaimana cara melakukannya agar lebih efisien. Sebagai pebisnis tentu Anda harus memperhatikan segala hal berjalan dengan cepat dan tepat. Hal itu akan sangat berdampak terhadap perkembangan bisnis Anda kedepannya nanti.

Semoga artikel ini bermanfaat dan baca juga pembahasan lain terkait Apa Itu Stock Opname Barang dan Mengapa Penting di Dalam Berbisnis?