7 Karakter Pengusaha Muda Yang Mencerminkan Kesuksesan

by -15 views

Menjalankan bisnis sebagai pengusaha muda, tentu butuh karakter pengusaha muda yang optimal. Sehingga di kemudian hari bisnis yang dijalankan bisa terus sukses dan berhasil. Banyak pebisnis pemula tidak mempedulikan hal ini, padahal memiliki karakter-karakter tersebut memberikan manfaat yang besar pada bisnis yang dijalankan. Sebagian rahasia dari cara menjadi sukses di usia muda terletak pada karakter-karakter yang dimiliki dalam menjalankan usaha. Oleh karena itu sebaiknya miliki lebih dulu karakter pengusaha muda yang mencerminkan kesuksesan. Jika ingin tahu apa saja jenis karakter tersebut, yuk segera intip beberapa di antaranya berikut ini.

Jujur

Bila ingin menjadi wirausahawan muda yang berhasil, pertama-tama yang paling penting yaitu bersikap jujur menjalankan bisnis yang dikelola. Ada banyak persaingan bisnis yang ketat antara satu dengan yang lain. Tetapi yang harus diperhatikan yaitu menanamkan kejujuran dari awal supaya bisnis lebih banyak dikenal dan dipercaya oleh konsumen. Ada banyak bukti dimana bisnis yang jujur pada konsumennya bisa bertahan jauh lebih lama dari pada yang melakukan kecurangan.

Misalnya saja jika memang produk yang dijual memiliki kualitas yang sedang-sedang saja, maka tidak perlu dilebih-lebihkan. Atau jika memang barang tidak tersedia, jangan membujuk konsumen untuk tetap memesan. Hal sepele semacam ini sering kali terlewatkan, apalagi saat hanya untuk mengejar untung yang cukup besar. Padahal kebanyakan pebisnis muda yang berhasil selalu mengutamakan kejujuran saat bertransaksi dengan para konsumen mereka. Dengan demikian maka konsumen tidak merasa kecewa dan selalu mempercayai kalian sepenuhnya.

Oleh sebab itu, jika ingin usaha atau bisnis yang dijalankan maju pesat, sebaiknya cobalah untuk selalu berlaku jujur. Baik mengenai harga, kualitas barang, maupun kuantitasnya. Hal tersebut membantu di masa depan supaya konsumen tetap tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa kalian kembali. Jadi lebih baik jujur untuk kelangsungan jenis bisnis online modal kecil, daripada berbohong hanya untuk keuntungan besar yang sesaat.

ilustrasi kreatif dalam bisnis

Pengusaha Kreatif

Menjadi pengusaha muda tentu harus kreatif! Ya, gunakan segenap pikiran, akal, serta pengetahuan yang dimiliki untuk memberikan kreatifitas yang cukup tinggi pada bisnis yang dijalankan. Carilah inovasi baru sebanyak mungkin yang bisa membuat bisnis yang dijalankan lain dari pada yang lain. Saat ini ada banyak sumber dan media yang bisa digunakan sebagai ide pengembangan bisnis. Jadi, jangan sampai terpaku hanya pada cara-cara konvensional yang kurang optimal. Carilah ide segar untuk memasarkan produk atau memodifikasi barang yang dibisniskan.

Memang kreatifitas bisa jadi bukan bakat yang dimiliki oleh setiap pebisnis muda. Namun, jika mencari tahu cara yang paling tepat, bisa jadi ini merupakan langkah pengusaha muda sukses dari nol. Karena itu jangan bosan-bosan untuk belajar dan mencari kreatifitas yang paling optimal. Carilah ide dimanapun kalian bisa menemukannya. Entah sambil bersantai, menonton televisi, atau sambil mengamati media sosial kesukaan kalian. Di luar sana ada berbagai macam sumber kreatifitas tanpa batas. Asal mau mencari dan berusaha, tentu saja mengembangkan inovasi dalam bisnis yang dikelola bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Sebagai karakter pengusaha muda yang cukup penting, menjadi kreatif selalu merupakan bagian esensial dalam berbisnis.

Karakter Disiplin

Siapa yang belum tahu bahwa kunci kesuksesan terletak pada disiplin diri yang tinggi. Begitu juga saat menjalankan usaha dan bisnis. Sebaiknya selalu terapkan kedisiplinan yang tinggi pada saat melakukannya. Misalnya jika komitmen memulai bisnis dari pagi hari, maka usahakan untuk selalu memulai di waktu atau jam yang sama. Misalnya lagi jika menggunakan modal dari uang jajan, pastikan tetap memisahkan modal bisnis dan keperluan jajan harian. Jangan disatukan, sehingga nantinya bisa menghitung secara pasti mana keuntungan yang didapatkan dan bisa digunakan untuk modal selanjutnya.

Bagi banyak wirausahawan muda, kedisiplinan ini sering kali memang susah untuk diterapkan. Apalagi di saat awal mengerjakan bisnis. Jika ada yang terlupa sering kali mentoleransi diri. Sehingga akhirnya bisnis tidak bisa berkembang pesat seperti yang diharapkan. Oleh karena itu jangan kendorkan diri saat sedang berusaha menjalankan sebuah bisnis. Tanamkan kedisiplinan yang tinggi dari awal, supaya bisnis online ideal juga berjalan teratur dan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Banyak konsumen menuntut konsistensi dan komitmen pada sebuah bisnis. Hal ini bermula dari disiplin yang tinggi. Hal sepele seperti mengantar pesanan konsumen, sebaiknya jangan terlambat sehingga bisa memberikan kesan yang baik. Dengan demikian maka walaupun ada banyak saingan bisnis yang serupa, tetapi bisnis yang kalian jalankan lebih banyak disukai oleh para konsumen.

Tekun

Ketekunan tentu akan membawa manfaat yang cukup besar bagi yang melaksanakannya. Oleh karena itu sebaiknya cobalah untuk tekun menjalankan bisnis yang dikelola setiap harinya. Cara ini merupakan salah satu cara menjadi pengusaha muda yang sukses. Jadi jika ingin bisnis berhasil, maka kunci berikut yang harus dijalankan yaitu ketekunan yang tinggi.

Banyak pebisnis pemula yang kurang tekun menjalankan usahanya, sehingga akhirnya menyerah dan tidak memperoleh hasil yang maksimal. Tentu sangat disayangkan, apalagi jika telah mengeluarkan sejumlah modal yang tidak sedikit jumlahnya. Apabila tidak tekun, maka bisnis terancam tutup atau bangkrut. Pasti ini bukan hal yang diinginkan oleh para pelaku bisnis.
Karena itu cobalah untuk selalu tekun bila menjalankan sebuah bisnis. Kerjakan satu persatu dengan baik dan lakukan dengan penuh rasa keyakinan. Dengan demikian maka masa depan bisnis yang dikelola bisa menjadi lebih baik.

Pengusaha Mandiri

Banyak pebisnis muda melupakan kemandirian sebagai salah satu kunci karakter yang berhasil. Sering kali saat memulai bisnis lebih suka menggantungkan diri pada orang lain. Misalnya orang tua, seperti meminta bantuan dana atau bantuan promosi. Hal ini tidak sepenuhnya buruk, tetapi cobalah untuk berusaha lebih keras. Jadilah pebisnis muda mandiri yang tidak banyak tergantung pada orang lain. Misalnya mencoba untuk mengumpulkan modal bisnis sendiri. Atau mencoba memasarkan sendiri satu persatu bisnis yang sedang dikelola.

Memang bisa jadi mencari bantuan dari orang lain akan membuat bisnis berjalan lebih cepat berhasil. Tetapi hal ini akan mempersulit manakalan terjadi kendala di dalam bisnis tersebut. Membiasakan mandiri akan membantu menciptakan kekuatan menyelesaikan masalah yang lebih maksimal. Sehingga apabila bisnis menemui kesulitan, maka tidak perlu ragu untuk mencari apa jalan keluar yang terbaik.

Dari sini bersikap mandiri rupanya sangat penting untuk diterapkan. Terutama jika belum terbiasa melakukan semuanya sendiri. Pada akhirnya saat bisnis yang dikelola makin besar, maka secara tidak langsung akan butuh bantuan dari orang lain. Tetapi saat memulai dari nol, cobalah mengusahakan seluruh kegiatan dan aktifitas bisnis ini sendiri. Mulai dari mencari ide, memasarkan, mengirimkan barang, menghitung untung rugi, dan sebagainya. Tentu saja kemandirian ini juga berguna di kemudian hari supaya dapat mengetahui seluk beluk bisnis seutuhnya. Sehingga bila ke depan bisnis dikelola pihak yang lain, maka tidak perlu cemas akan resiko terjadinya penipuan di dalam salah satu segmen bisnis tersebut.

Ilustrasi Bisnis Mandiri

Bertanggung Jawab

Jadilah pebisnis muda yang bertanggung jawab. Hal ini sangat penting untuk membangun kepercayaan konsumen. Oleh sebab itu membangun karakter yang bertanggung jawab merupakan salah satu poin penting bagi para entrepreneur muda yang baru saja hendak menjalankan bisnis kecil-kecilan dari rumah. Jangan sampai tidak meladeni konsumen dengan maksimal. Atau melupakan orderan dari konsumen dan tidak mengirimkannya. Hal sepele ini sebenarnya menuntut tanggung jawab yang cukup besar. Inilah mengapa jika tidak siap melaksanakan tanggung jawab lebih, maka sebaiknya berpikirlah ulang untuk menjalankan sebuah bisnis.

Perlu diketahui bahwa bisnis yang berjalan lancar bukan hanya terjadi begitu saja. Tetapi di baliknya ada pemilik yang penuh tanggung jawab melakukan semua aspek bisnis itu sendiri. Misalnya mulai dari meladeni permintaan konsumen, menyiapkan barang sesuai pesanan konsumen, hingga memastikan kepuasan konsumen yang maksimal. Bagi yang belum memiliki karakter pengusaha muda yang satu ini, maka akan susah untuk bisa mengembangkan bisnisnya secara maksimal. Alih-alih justru usaha kecil yang menjanjikan tidak bertahan lama dan mudah untuk tutup begitu saja. Karena bukan rahasia lagi jika ada banyak konsumen yang lebih suka pebisnis dengan rasa tanggung jawab yang maksimal untuk memenuhi kepuasan pelanggannya.

Karakter Pantang Menyerah

Pantang Menyerah
ilustrasi semangat

Karakter terakhir yang diperlukan oleh para pengusaha muda untuk sukses yaitu memiliki sifat pantang menyerah. Tentu saja ini karakter yang cukup perlu diutamakan dan sangat penting. Tanpa keinginan untuk terus pantang menyerah, maka bisnis bisa berakhir dan tutup sewaktu-waktu. Padahal menjalankan bisnis tidak pernah semudah yang dibayangkan. Pada prosesnya ada banyak masalah yang mungkin timbul. Seperti misalnya komplain dari pelanggan, pengiriman yang kacau jadwalnya, atau tidak tersedianya barang yang diiinginkan konsumen. Semua hal dan unsur kecil di dalam bisnis bisa jadi merupakan batu sandungan yang menghambat proses bisnis itu sendiri. Tanpa karakter pantang menyerah, maka sangat sulit untuk terus maju menjalankan bisnis yang lebih maksimal.

Oleh karena itu mulailah untuk mencoba bersikap pantang menyerah. Jika menemui kendala di awal, jangan langsung merasa minder dan tidak berusaha. Cobalah perbaiki kesalahan yang terjadi, misalnya sistem yang harus dibenahi atau kualitas produk yang harus ditingkatkan. Jika konsumen tidak merasa puas, maka cari tahu apa yang membuat mereka menyukai produk yang kita tawarkan. Intinya harus terus mencari tahu solusi dari setiap masalah yang mungkin kita hadapi dalam bisnis. Dengan demikian sedikit demi sedikit kalian akan mempelajari bagaimana menjadi pebisnis yang terus maju dan pantang menyerah. Dengan sikap tersebut otomatis bisnis berjalan lebih konsisten dan bertahan lebih optimal.

Itu tadi 7 karakter pengusaha muda yang mencerminkan kesuksesan. Pada dasarnya tentu semua pengusaha muda sukses di dunia tidak dapat berhasil begitu saja. Diperlukan beberapa karakter di atas sebagai jaminan untuk meraih keberhasilan dalam bisnis yang dijalankan. Karena itu sebaiknya cobalah membangun karakter entrepreneur secara maksimal dalam diri kalian. Tanamkan karakter-karakter positif sebagai langkah awal cara sukses di usia muda melalui berbagai macam bisnis yang dikelola. Dengan demikian maka waktu luang yang dimiliki tidak sia-sia, serta di kemudian hari ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Selamat mencobanya!