,

Kelontong Modern Bisa Bikin Untung Berlipat, Ini 5 Triknya!

by -3 views
Kelontong modern
Kelontong modern

Usaha toko kelontong bisa berkembang bila kamu mencoba kelontong modern. Jika menjalankan bisnis toko kelontong juga memerlukan inovasi loh. Bila usaha toko kelontong yang itu-itu saja, bisa jadi kalah bersaing.

Jika kamu ingin menjadikan kelontong jadi usaha kecil menjanjikan, kamu bisa mencoba beberapa inovasi. Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk memajukan bisnis toko kelontong salah satunya adalah membuat kelontong modern.

Banyak yang beranggapan usaha toko kelontong akan kalah dengan minimarket. Tapi, ada cara mudah kok untuk membangun sebuah toko kelontong yang tak kalah dengan minimarket. Penasaran bagaimana caranya?

"<yoastmark

1.Kelontong modern harus update varian terbaru

Pastinya perkembangan internet membuat informasi bisa menyebar sangat cepat. Jika ada sesuatu yang baru muncul pastinya dengan mudah diketahui oleh banyak orang. Maka, kamu harus melihat ini sebagai sebuah peluang tersendiri.

Jika ingin membuat kelontong modern pastinya kamu harus menyediakan varian prodyk terbaru. Cobalah untuk mengecek produk apa yang sedang dicari oleh masyarakat. Misalnya saja ada produk es krim yang sedang viral dan dicari banyak orang. Kamu sebaiknya menyediakan produk tersebut.

"<yoastmark

2.Kelontong modern perlu menambahkan barang menarik

Jangan terpaku pada bisnis kelontong yang itu-itu saja. Memang fungsi utama dari kelontong adalah menyediakan kebutuhan dasar misalnya sembako, peralatan dapur, peralatan kamar mandi hingga peralatan bersih-bersih. Namun, kamu bisa membuatnya lebih menarik.

Kamu bisa menambahkan barang yang sekiranya bisa jadi pembeda misalnya buah segar yang sudah dipotong-potong. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Misalnya jika banyak anak sekolah kamu bisa menyediakan kebutuhan sekolah seperti bahan kerajinan tangan.

"<yoastmark

3.Pengaturan warung yang terang

Jangan menganggap bahwa bisnis toko kelontong ini hanya bisnis biasa saja. Kamu juga wajib memperhatikan tampilan toko. Salah satunya adalah memastukan toko memiliki pencahayaan yang cukup. Tak hanya memberi kesan kelontong modern, pencahaayaan juga membuat orang nyaman berbelanja.

Kamu juga perlu mengatur susunan barang yang dijual. Banyak toko modern seperti minimarket yang punya susunan barang rapi dan enak dilihat. Hal ini juga akan mempermudah pembeli untuk membeli barang yang diinginkan. Maka, jangan malas untuk mengatur kembali susunan toko kelontong.

"<yoastmark

4.Menjadi toko yang super lengkap

Salah satu konsep yang bisa diangkat adalah “one stop store”. Konsep ini sangat bagus untuk memajukan kelontong modern. Konsumen akan merasa jauh lebih nyaman dan mudah karena bisa menemukan banyak barang di satu toko.

Pastinya konsumen ingin lebih praktis dalam berbelanja. Hanya dengan datang ke satu toko kemudian mereka bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan. Konsumen tak perlu lagi keluar masuk toko untuk mendapatkan kebutuhan mereka.

Untuk menerapkan konsep ini, kamu tak perlu menyiapkan stok barang yang banyak. Hanya saja kamu perlu memastikan barang yang tersedia lengkap. Beberapa barang yang sebaiknya kamu lengkapi seperti bahan makanan, makanan segar hingga mainan anak.

Semakin lengkap toko yang kamu buat maka akan semakin banyak pelanggan yang datang. Jangan lupa untuk coba memperhatikan perilaku membeli para konsumen. Barang mana yang memang paling banyak dibutuhkan tentu harus disediakan oleh toko kelontong modern.

 

5.Menyiapkan tempat parkir luas

Mungkin terlihat sepele tapi peduli akan kebutuhan konsumen menjadi hal penting. Toko kelontong modern banyak dikunjungi orang karena tempat parkirnya luas. Orang tak perlu lagi repot dan bingung ingin menaruh motor di mana.

Tempat parkir yang sempit akan membuat orang enggan untuk berbelanja di warungm milikmu. Tak hanya itu, kamu bisa menyiapkan tempat parkir yang rindang supaya orang juga merasa nyaman memarkir kendaraannya.

Jika sudah punya warung besar jangan ragu untuk menyiapkan lahan khusus untuk parkir. Bisa jadi orang yang datang ke warung kamu juga membawa mobil. Sebelum memilih lokasi warung, kamu bisa memastikan pula lokasi sekitarnya punya tempat parkir mumpuni.

Nah itu dia sederet trik mudah untuk kamu yang ingin mengembangkan usaha kelontong. Pastinya inovasi menjadi hal terpenting jika ingin memajukan bisnis. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru karena dengan riset yang matang akan berdampak baik bagi bisnis.