, , ,

Kena PHK? Saatnya Memilih Berbisnis Dari Rumah

by -14 views
Kena PHK? Saatnya Mulai Bisnis

“Waduh, kena PHK nih!” Seruan ini sudah sering kita dengar baru-baru ini, ada banyak pegawai tidak tetap akhir-akhir ini mengalami pemutusan hubungan kerja, atau istilahnya kena PHK. Tentu saja bagi mereka yang harus mengalami hal tersebut ini adalah perkara yang besar. Biaya kebutuhan hidup harus terus dipenuhi, tapi pemasukan tidak ada. Banyak yang memutar otak terutama mencari usaha yang harus dilakukan supaya keluarga tetap bisa memenuhi kebutuhannya di tengah-tengah situasi ekonomi yang sulit. Nah, daripada bingung berpikir, jika Anda kena PHK, saatnya memilih berbisnis. Lho, kok bisnis? Mengapa? Bagaimana? Ngga ada modal nih? Mudah saja kok, baca dulu informasinya berikut ini.

Usaha Di Rumah Lebih Fleksibel

Sering kali sebagian orang enggan memilih bisnis yang bisa dilakukan di rumah karena merasa tidak ada masa depannya. Banyak yang terpaku pada karir di perusahaan sehingga merasa bahwa pilihan menjadi pegawai adalah yang paling baik. Padahal belum tentu selalu demikian. Meski terkesan menyenangkan, umumnya pegawai kantoran tidak punya banyak waktu di rumah dan terkadang harus bertugas jauh dari keluarga. Sehingga sering kali tidak fleksibel dan menuntut kehadiran yang cukup tinggi.

Lain halnya saat mulai menjalankan bisnis dari rumah. Menjadi pengusaha dan pebisnis memang bukan perkara mudah, tetapi ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa diterima. Termasuk memiliki lebih banyak waktu yang lebih fleksibel. Contohnya jika memiliki bisnis katering di rumah, maka tidak harus berdiam diri dan bekerja di kantor selama 8 jam saja. Anda bebas mengatur waktu yang diinginkan untuk memulai membuka usaha Anda. Entah memilih saat jam makan siang, atau memilih buka di waktu malam. Semua tergantung keinginan para pemiliki usaha. Jadi, tentu saja jika memulai usaha bisa jadi waktu kerja yang dulunya terpaku, sekarang jauh lebih fleksibel. Sehingga waktu bersama keluarga bisa diatur lebih sering dan lebih maksimal.

Ilustrasi Kena PHK

Usaha Modal Kecil

Beberapa orang merasa ragu untuk memulai usaha, alasannya sering kali usaha butuh modal besar. Atau banyak yang berkata tidak punya uang untuk memulai usaha. Padahal banyak usaha kecil-kecilan yang menguntungkan ternyata hanya butuh modal kecil atau bahkan tidak perlu modal sama sekali. Karena itu tidak perlu lagi merasa khawatir jika hendak memulai usaha dari rumah. Terutama jika tidak punya modal dan tidak memiliki dana yang mencukupi. Ada banyak jenis usaha dengan modal kecil yang bisa dicoba. Bahkan saat ini banyak sekali bisnis waralaba maupun jenis bisnis lainnya yang bisa dimulai tanpa modal sama sekali. Jika penasaran sebaiknya lihat lebih dulu apa saja usaha kecil menjanjikan tanpa modal yang bisa dipilih untuk yang memiliki dana pas-pasan saat ingin memulai bisnis.

  • Dropship, salah satu contoh bisnis tanpa modal yang bisa dipilih oleh para pengusaha pemula yaitu melalui bisnis dropship. Apa sih sebenarnya dropship ini? Dropship artinya usaha untuk , menawarkan atau menjual barang seseorang tanpa harus menyimpan atau memiliki barang tersebut lebih dulu. Jadi pembeli cukup memesan pada penjual, kemudian nantinya penjual hanya butuh untuk memberikan info pada agen atau pemilik barang supaya mengirimkan pesanan pada pembeli. Dana yang digunakan untuk membeli produk akan disalurkan melalui penjual, dimana penjual bertugas membayarkan sejumlah uang pada pemilik barang sesuai nilai yang disepakati setelah terjadi pembayaran oleh pihak pembeli. Oleh karena itu menggunakan sistem seperti ini artinya penjual tidak perlu mengeluarkan modal seperserpun. Bila tidak punya dana untuk memulai bisnis atau tidak punya modal, maka ini adalah langkah yang cukup efektif untuk dilakukan.
  • Reseller, lain lagi dengan reseller. Disini seorang reseller artinya adalah penjual yang menjual produk atau jasa miliki seseorang. Perbedaannya, dalam hal ini reseller umumnya memiliki barang tersebut padanya. Sehingga saat ada pembeli yang hendak memesan barang tersebut, maka setelah pembeli melakukan pembayaran, penjual segera mengirimkan barang tersebut ke pembeli. Disini ada modal yang harus dimiliki sebagai langkah awal untuk memulai bisnis. Karena penjual harus memiliki sejumlah barang dengan nilai tertentu, baru bisa dikatakan sebagai reseller sebuah produk. Jika memiliki dana minim dan terbatas, biasanya opsi reseller masih bisa dijadikan pilihan. Karena untuk menjadi seorang reseller biasanya minimum pembelian yang diperlukan nilainya tidak banyak.
  • Makelar, pekerjaan ini lebih seperti membantu menawarkan jasa ataupun produk dari seseorang secara langsung. Setelah transaksi terjadi, umumnya makelar akan menerima persentase keuntungan yang diperoleh pemilik barang atau jasa. Misalnya saja sebagai makelar jual beli rumah dan tanah yang saat ini cukup marak. Usaha modal sedikit ini bisa dibilang nyaris tanpa modal. Hanya berbekal keahlian memasarkan serta koneksi atau calon pembeli yang cukup luas. Sehingga menjalankan usaha kecil yang menjanjikan ini bisa dilakukan jika memiliki banyak teman dan relasi yang dirasa memiliki potensi untuk membeli properti yang nilainya tidak sedikit.
  • Menjual jasa, satu lagi ide bisnis dari rumah yang bisa dilakukan hanya dengan modal minim atau bahkan tanpa modal. Salah satunya yaitu dengan jalan menawarkan jasa atau keahlian tertentu yang dimiliki. Misalnya pandai mengedit video bisa dijadikan salah satu cara untuk menjadi video editor. Atau bagi yang memiliki kemampuan dalam bahasa tertentu dapat menawarkan diri sebagai jasa penerjemah buku ataupun artikel. Dengan cara seperti ini, tentu tidak perlu modal yang besar untuk memulainya. Yang diperlukan hanya niat serta kesungguhan dalam berusaha hingga berhasil. Karena tentu saja ada banyak saingan dalam jasa yang ditawarkan, tetapi dengan ketekunan bisa jadi banyak pelanggan yang tertarik untuk menggunakan jasa yang ditawarkan.

Bisnis Berkelangsungan

Dari contoh di atas pastinya bagi yang kena PHK tidak perlu bingung lagi jika mencari ide usaha kecil menjanjikan dari rumah. Dengan waktu luang yang dimiliki, ada banyak potensi bisnis yang bisa dikembangkan satu persatu sesuai minat dan bakat. Perlu juga diketahui bahwa kunci untuk berhasil dalam bisnis yaitu memastikan konsistensi dalam usaha dan menjaga agar bisnis mendapat tanggapan yang positif dari konsumen. Oleh karena itu selalu usahakan untuk melakukan yang terbaik supaya bisnis dapat berkelangsungan dengan maksimal. Tanpa hal tersebut maka bisa jadi bisnis tidak bertahan lama. Padahal saat kena PHK bisa saja bisnis atau usaha di rumah menjadi tulang punggung kehidupan perekonomian setiap harinya.

Inilah yang membuat setiap pebisnis atau pengusaha muda sukses pemula harus selalu memiliki karakter yang baik dan pantang menyerah. Selalu pastikan untuk mengutamakan kebutuhan pelanggan semaksimal mungkin. Dengan demikian maka keberlangsungan bisnis dapat terjaga optimal. Bukan hanya itu saja, bahkan potensi mengembangkan bisnis yang lebih besar juga dapat terwujud saat berusaha secara maksimal. Melayani pelanggan sebaik mungkin serta menjaga kejujuran dalam bisnis sangat penting untuk diperhatikan. Sehingga bisnis berjalan awet dan konsisten dari waktu ke waktu.

Ilustrasi Pengusaha Sukses Setelah Kena PHK

Pengusaha Sukses Setelah Kena PHK

Masih belum yakin dengan informasi di atas? Butuh bukti lebih lanjut? Ternyata Anda tidak sendirian, sudah banyak barisan pengusaha sukses yang awalnya karena kena PHK dan tidak tahu bagaimana harus memperoleh pendapatan dari nol. Jadi, supaya lebih yakin, ini nih deretan pengusaha yang berhasil merintis bisnisnya hingga saat ini walaupun saat itu harus mencicipi pahitnya kena PHK.

  • Rangga Umara, pengusaha yang satu ini memilih usaha kuliner sebagai cikal bakal awal mula usahanya. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa pebisnis yang satu ini memutuskan untuk membuka usaha pecel lele justru saat dirinya kehilangan pekerjaan tetap. Dengan berbekal modal yang minim maka Rangga memberanikan diri untuk memulai bisnis pecel lele pertamanya. Tentu saja tidak mudah, namun mulai dari memilih koki, mencari ide logo bisnis dan mengatur keuangan, semua dia lakukan sendiri dengan modal awal kurang dari 3 juta rupiah saja. Dalam perjalanan bisnisnya juga tidak semudah yang dibayangkan, karena ada masa-masa keuangan usahanya hancur dan kurang maksimal. Namun, berkat ketekunan yang dimiliki oleh Rangga, hingga saat ini bisnis pecel lele yang dijalankan memiliki 32 cabang usaha baik di Bandung maupun di Jakarta. Omzet serta keuntungannya juga bisa dibilang cukup besar, menyentuh hingga miliaran rupiah. Wah, cukup fantastis ya angkanya.
  • Sandiaga Uno, siapa yang tidak kenal dengan pengusaha yang satu ini. Memiliki banyak perusahaan dan unit usaha kerja, sudah pasti semua orang bisa melihat kesuksesan yang dimiliki olehnya. Padahal siapa sangka bahwa dulunya Sandiaga juga pernah mengalami apa yang dinamakan dengan PHK. Namun karena pantang menyerah, dia berhasil bangkit membangun kerajaan bisnisnya hingga saat ini dan tercatat memiliki kekayaan yang cukup besar hingga triliunan rupiah.
  • Donald Sihombing, satu lagi nama di kancah bisnis yang rupanya sukses setelah berawal dari kena PHK di tahun 1995. Menjadi salah satu pegawai yang terkena pemutusan hubungan kerja dari PT Total Bangun Persada justru meningkatkan motivasinya untuk memulai usahanya sendiri. Berbekal uang pesangon ia mendirikan perusahaan kontruksinya sendiri. Setelah sukses terlibat dalam banyak proyek, saat ini nama Donald Sihombing tercatat sebagai salah satu pengusaha yang berpenghasilan cukup besar versi majalah Forbes.
  • Aswan Nasser, pengusaha yang satu ini juga berangkat memajukan bisnisnya sejak dari pertama kali kena PHK. Dirinya memulai bisnis perlengkapan bayi mulai dari modal yang kecil hingga akhirnya meraih kesuksesan saat ini. Pemilik perlengkapan bayi La Vindy Children & Baby Wear di Bandung ini memang menemui banyak kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Tetapi berkat keuletan yang dilakukan, saat ini bisnis tersebut berjalan lancar dan menguntungkan.

Tidak Takut Kena PHK Lagi

Wah, ternyata kena PHK tidak selalu terkesan buruk. Siapa tahu ini malah awal dari bisnis yang tertunda. Ya, waktu tenggelam dalam pekerjaan kantor akhirnya kurang fokus pada bisnis online yang dimiliki. Namun setelah di rumah saja, maka ada banyak waktu untuk memikirkan pengembangan bisnis, mulai dari strategi promosi, pengaturan keuangan hingga berbagai macam hal yang lainnya seperti pengepakan barang atau proses produksi. Jadi jangan takut jika situasi di perusahaan tempat Anda bekerja sekarang ini sedang keruh atau tidak menentu. Jalan hidup masing-masing bisa jadi tidak sama. Kena PHK, saatnya memilih berbisnis saja. Keuangan keluarga tetap terpenuhi, waktu bersama keluarga juga dijamin jauh lebih optimal.