Kenali Nilai Jual Produk Sebagai Cara Sukses Bisnis Online

by -9 views
Rekomendasi Bisnis Digital Terbaik dan Menguntungkan

Di dunia bisnis online begitu banyak Kompetitor sehingga mengharuskan anda untuk memiliki nilai jual produk tersendiri. Ini merupakan salah satu cara sukses bisnis online yang harus dikuasai.

Bagaimana jika ditanya, apa kelebihan dari produk yang anda jual? Jawaban kebanyakan orang antara lain ialah; pertama di kelasnya, kualitas super, harga yang terjangkau, dan jawaban yang sejenis lainnya.

Pertanyaan semacam ini sangat mudah untuk dijawab dan ada di benak pikiran semua orang.
Tetapi bagaimana jika pertanyaan itu dibalik; apa kelebihan dari produk Anda yang tidak dimiliki oleh kompetitor?

Kemungkinan besar anda akan terdiam dan tiba-tiba berpikir panjang. Akan tetapi tidak apa-apa. Hal tersebut tidak menjadi masalah.

Justru dengan pertanyaan tersebut akan membuat anda berpikir dan termenung. Nah disitulah anda sedang mencari jawaban unik yang bisa menjadi unique selling point atau nilai jual produk.

Cara Sukses Bisnis Online dengan Mencari Nilai Jual Produk

Cara Sukses Bisnis Online
man, hair, coffee, cup, working, internet, technology, tablet, app, browser, device, screen, samsung, news, online, touchscreen, touch, stylus, entertainment

Sangat berbeda dengan kelebihan produk yang jumlahnya bisa begitu banyak, nilai jual produk biasanya hanya satu saja. 1 poin inilah yang dapat dijadikan sebagai kunci untuk membedakan antara bisnis anda dengan kompetitor.

Mengapa hanya perlu mencari satu point unik? Hal itu karena jika memaksakan agar orang mengetahui semua kelebihan produk anda, seringkali pelanggan tidak dapat mengingat dan mengabaikannya. Tentu sangat menyedihkan bukan?

Untuk dapat mencari point nilai jual produk anda perlu memposisikan diri menjadi calon pelanggan. Cobalah untuk memikirkan dengan sangat mendalam apa yang dibutuhkan oleh pelanggan? Apakah terkait produk, atau anda dapat melebihkan pelayanannya?

Contoh Nilai Jual Produk dari Berbagai Bisnis Kelas Dunia

Cara Sukses Bisnis Online

Dengan adanya contoh, kita dapat lebih mudah membayangkan apa yang bisa menjadi nilai jual produk yang menarik. Berikut adalah beberapa contoh unique selling point yang dimiliki oleh produk bisnis kelas dunia:

  • Toms shoes – mereka membedakan sepatu yang sepatu untuk anak yang tidak mampu di setiap pembelian sepasang sepatu.
  • Starbucks – ada begitu banyak pilihan minuman kopi dengan kualitas premium
  • Zappos – memiliki kebijakan penukaran barang yang begitu sangat ramah untuk pelanggannya
  • Fedex – menjamin paket anda sampai dalam semalam
  • Domino’s pizza – jika tidak sampai dalam 30 menit pizza gratis

Cara Sukses Bisnis Online dengan Menguji Nilai Jual Produk yang Telah Ditemukan

Cara Sukses Bisnis Online

Jika anda telah menemukan beberapa calon nilai produk yang bisa dibanggakan dari kompetitor, cobalah untuk mengujinya kembali. Anda dapat menyesuaikan dengan selera calon konsumen, trend yang sedang berlangsung, bagaimana kebiasaan pelanggan, serta tokoh yang disukai oleh pelanggan anda.

Karena memang setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pastikan produk anda dijual kepada orang yang tepat dan membutuhkan.

Sebagus apapun produk yang dimiliki, jika ditawarkan kepada mereka yang tidak membutuhkan sangat kecil kemungkinan mereka akan membelinya.

Dengan kata lain, nilai jual produk dapat dikombinasikan dengan calon pelanggan. Kemungkinan besar nilai jual produk anda akan benar-benar dilihat oleh konsumen dan pasar pelanggan yang tepat.

Menemukan nilai produk atau unique selling point memang dibutuhkan kejelian serta analisis yang mendalam. Pastikan anda sendiri pun memahami produk yang dijual agar dapat membandingkan dengan produk yang dimiliki oleh kompetitor.

Penutup

Di atas kita telah membahas terkait nilai jual produk sebagai salah satu cara sukses bisnis online. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait bisnis.

Anda juga dapat membaca artikel-artikel lain yang dapat ditemukan di infobisnis.com.